Pojok #UNYuTips

Cara Hadapi Pertanyaan Sumber Kegelisahan Mahasiswa

Menjadi mahasiswa tentunya memiliki tantangan tersendiri, mulai dari masalah akademik, organisasi sampai pertanyaan-pertanyaan yang kadang bikin nggak enak hati. Pertanyaan ini mungkin nggak akan jadi masalah ketika kondisi psikis kita lagi nggak papa tapi akan beda ceritanya kalau kita lagi nggak baik-baik aja. Kelihatannya memang gampang menghadapi hal semacam itu, bagi orang-orang tertentu yang biasanya akan bilang “ngapain dipikirin?”, “cuek aja”, “baper amat”, dan sebagainya. Nah, untuk mencapai ke fase siap seseorang perlu mempersiapkan diri atau biasanya terlatih karena pengalaman.

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menghadapi pertanyaan sumber kegelisahan mahasiswa. Biasanya pertanyaannya kayak begini nih:

-Skripsi sampai mana?
-Temen-temen udah sidang loh? kamu kapan?
-Kapan lulus?
-Kok belum lulus?
-Setelah lulus mau kerja apa?
dan pertanyaan serupa.

Baca Juga  Karakter Positif Masa Kecil Yang Layak Diperjuangkan Hingga Sekarang

Kalau denger pertanyaan yang semacam itu, udah nggak usah khawatir. Ada beberapa hal yang mesti kamu lakuin nih:

1. Pahami Kondisimu
Pertanyaan semacam itu kadang munculnya suka tiba-tiba, kita nggak tahu kapan datengnya nah ketika pertanyaan semacam itu muncul pahami kondisimu. Kalau kamu lagi nggak baik-baik aja cukup diam senyumin. Nggak papa kok kamu ga jawab tapi usahakan kamu bersikap sopan agar tidak memancing perdebatan. Sayangi kesehatan mentalmu dengan tidak menggubris pertanyaan semacam itu.

2. Yakinkan diri
“Sedia payung sebelum hujan” bisa diaplikasikan untuk hal ini. Persiapkan dirimu untuk menerima pertanyaan-pertanyaan tersebut. Nanti akan seperti apa sikap yang kamu pilih.

Baca Juga  Daya Tampung dan Peminat SNMPTN UNY 2021

3. Ambil Tindakan
Diam juga bagian dari tindakan, begitu juga dengan menjawab pertanyaan atau sindiran mereka. Sebelum mengambil tindakan maka kamu harus memikirkan apa risiko yang harus kamu hadapi setelah mengambil tindakan tersebut.

Semoga setelah membaca beberapa tips di atas, semoga kita bisa lebih kuat menghadapi segala pertanyaan maupun ejekan di setiap proses kita dan menghargai setiap proses orang lain.

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X