Pojok #UNYuUNY Banget

Catat! Inilah Jadwal Bayar UKT, Registrasi, Isi KRS, dan PKKMB

Halo, Sobat UNYu!

Selamat menikmati libur akhir semester untuk mahasiswa lama! Tak lupa, selamat bergabung di keluarga UNY untuk mahasiswa baru yang gemash dan penuh semangat! 🙂

Kalender Pendidikan UNY (uny.ac.id)

Memasuki tahun ajaran baru, mahasiswa lama dan mahasiswa baru harus siap memantau jadwal pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan pengisian KRS (Kartu Rencana Studi). Ssstt, bagi mahasiswa baru UNYu jangan lupa juga update info soal PKKMB, yak.

Siapa nih yang belum menyimak kalender pendidikan UNY untuk tahun ajaran 2023/2024? Menurut laman resmi UNY, berikut ini adalah jadwal pembayaran UKT, registrasi dan pengisian KRS, serta PKKMB.

Pembayaran UKT dan Registrasi

Jadwal pembayaran UKT selalu mengawali masa pergantian semester baru. Mahasiswa baru dan mahasiswa lama regular (tidak mendapatkan mahasiswa) perlu memantau timeline dengan saksama. Untuk tahun ajaran 2023/2024, pembayaran UKT untuk mahasiswa lama akan dibuka mulai 10 Juli hingga 28 Juli 2023. Khusus untuk mahasiswa baru, silakan menyesuaikan timeline sesuai jalur masuknya. Nah, mahasiswa dapat melakukan pembayaran melalui BTN, BNI, Bank Mandiri, BPD DIY dengan menggunakan nomor induk mahasiswa sebagai nomor tagihannya. Panduan lebih lengkapnya bisa kalian simak pada laman Panduan Pembayaran UKT.

Baca Juga  Beri Self Reward Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi

Bagi mahasiswa S-1 Bidikmisi/KIP dan masa studinya sudah lebih dari 8 semester, kalian akan mendapatkan penyesuaikan UKT sesuai kebijakan UNY.

  1. UKT Kelompok 1 (Rp500.000) untuk mahasiswa semester 9.
  2. UKT Kelompok III (Rp2.400.000) untuk mahasiswa semester 10 dan seterusnya.

Bagi mahasiswa S-2 (bukan penerima beasiswa) yang masa studinya sudah lebih dari 4 semester, memang agak sulit untuk mendapatkan penyesuaian UKT. Namun, jika kalian memang ingin coba mengajukan permohonan penyesuaian UKT, kalian bisa berkonsultasi dengan pegawai bagian layanan keuangan yang ada di Gedung Rektorat lantai 2.

Setelah pembayaran UKT, mahasiswa lama dan baru mesti menyelesaikan registrasi dan pengisian KRS. Kunjungi laman Registrasi UNY untuk melakukan registrasi. Masukkan PIN dari pembayaran KRS agar dapat melakukan registrasi. Bagi mahasiswa baru yang belum tahu di mana letak PIN, silakan tanya ke teller bank saat melakukan pembayaran. PIN biasanya tercetak di bukti pembayaran. Jika registrasi selesai dilakukan, kalian bisa lanjut untuk isi KRS.

Pengisian KRS

Setelah pembayaran UKT dan registrasi, mahasiswa lama dan baru mesti mengisi KRS. Isi KRS di laman siakad.uny.ac.id. Pilihlah mata kuliah yang memang perlu di ambil untuk semester yang akan kalian jalani. Selalu koordinasi dengan kaprodi dan teman-teman agar tidak terjadi kesalahan input mata kuliah. Untuk masa pengisian KRS bagi mahasiswa lama yaitu mulai 10 sampai 31 Juli 2023. Setelah isi KRS, biasanya mahasiswa perlu mengonfirmasi ke dosen pembimbing akademik agar dapat disetujui.

Baca Juga  5 Hal Bermanfaat yang Bisa Didapatkan Waktu ikut Pesantren Kilat

PKKMB

Nah, agenda selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa baru ialah PKKMB (Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru). Siapa nih yang tahun ajaran baru jadi maba S-1, S-2, atau S-3 UNY? Yok semangat!

PKKMB biasanya terdiri dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh kampus dan mahasiswa. Jadi, kalian para maba wajib banget update info dari UNY, BEM tingkat kampus/fakultas, dan HIMA program studi. Pantau akun Instagram atau cari narahubung kredibel ya untuk tanya-tanya perihal PKKMB. Rencananya, PKKMB akan dilaksanakan di awal Agustus, yaitu sekitar tanggal 8-11 Agustus 2023. Jangan lupa untuk terus pantai informasi dari panitia PKKMB ya agar tidak ketinggalan timeline-nya.

Nah, itulah timeline yang perlu dicatat oleh mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Semangat menyambut tahun ajaran baru 2023/2024, yak!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X