intip JurusanPojok #UNYu

Intip Fakta Prodi Pendidikan IPS UNY, Yuk!

Halo, Sahabat UNYu!
Ilmu Pengetahuan Sosial termasuk salah satu jurusan yang selalu diremehkan saat kita SMA. Banyak stigma negatif yang kadang melekat di jurusan ini, padahal stigma-stigma itu belum tentu benar, lho. Buktinya, banyak juga orang-orang sukses yang lahir dari jurusan IPS.

foto : himadipsos.blogspot.com

Nah, di Universitas Negeri Yogyakarta terdapat Program Studi Pendidikan IPS. Ada beberapa fakta mengenai program studi ini yang wajib banget kalian simak agar hilang stigma negatif yang selama ini sering melekat. Catat ya…

  1. Pendidikan IPS UNY terakreditasi A
    Siapa yang tak bangga jika program studinya punya akreditasi A. Ini tentu menjamin kualitas program studi tersebut tak diragukan lagi. Berdasarkan PDPT UNY, Pendidikan IPS UNY saat ini mengantongi akreditasi A dan berlaku hingga tahun 2022.
  2. Pendidikan IPS UNY punya laboratorium keren, lho!
    Fasilitas sarana dan prasarana memegang penting dalam kelancaran perkuliahan mahasiswa. Nah, prodi ini punya laboratorium yang luas dan tentunya menunjang kegiatan belajar mahasiswanya. Selain itu, mahasiswa bisa update informasi mengenai laboratorium IPS melalui Instagram lab.ipsuny, lho! Kalian ingin jadi asisten laboratorium Pendidikan IPS UNY? Yuk cek Instagramnya!
  3. Ada mata kuliah KKL yang bisa melatih mahasiswanya peka terhadap lingkungan!
    Prodi Pendidikan IPS punya mata kuliah KKL (Kuliah Kerja Lapangan). KKL ini berbeda dengan KKN. Jika KKN setiap mahasiswa harus menjalankan program kerja, maka di KKL mahasiswa diterjunkan ke masyarakat untuk beberapa hari tinggal di rumah induk semang dan melakukan penelitian berkelompok. Mereka ditugaskan untuk mencari permasalahan di rumah induk semangnya dan turut mencari solusi. Uniknya, mahasiswa tidak boleh secara terbuka bertanya permasalahan apa yang sedang dihadapi induk semangnya. Mereka harus melakukan pengamatan mandiri. Wah, serasa jadi mata-mata CIA nih hehe…
  4. Dilarang pakai celana jeans!
    Sebagai prodi kependidikan, tentu mahasiswa harus dilatih berpakaian yang sopan. Nah, Pendidikan IPS termasuk prodi yang punya aturan ketat untuk melarang mahasiswanya memakai celana jeans. Selain untuk melatih berbusana sopan, mahasiswa Pendidikan IPS juga jadi terlihat kalem dan siap jadi guru tentunya.
Baca Juga  Tentang Cinta dan Kemelut yang Selanjutnya Disebut Perpisahan

Nah, sekarang udah nggak ada alasan dong buat minder karena milih jurusan IPS saat SMA atau kuliah milih prodi Pendidikan IPS UNY. Yakinlah, jurusan/program studi bukanlah satu-satunya penentu kesuksesan kita. Ada banyak sekali faktor x yang memengaruhinya. Semangat, Sahabat UNYu!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017

Related Articles

Back to top button
Close
X