Pojok #UNYu

D3, D4, S1, Bedanya apa sih?

Hai sobat UNYu! Bagaimana kabarnya nih? Udah gak betah #DiRumahAja nih? Di masa-masa pandemi Covid-19 ini semoga kalian selalu sehat ya. Pokoknya selama apalah ini namanya, Social Distancing, Physical Distancing, Self Quarantine, Lockdown, atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) semoga kalian selalu dalam keadaan baik-baik saja ya! Aamiin.

Kali ini kita mau bahas tentang D3, D4, dan S1 ini bedanya apa sih, kuliahnya gimana sih? Banyak nih temen-temen yang bertanya-tanya apa bedanya ketiga jenjang ini. Bahkan nih ya, temen-temen S1 ada loh yang masih gak terlalu “ngeh” dengan jenjang D3 atau D4 ini. Nah, D3 dan D4 ini merupakan jenjang Diploma. Jenjang Diploma ini sebenarnya nggak cuma D3 dan D4 aja, ada D1 dan D2 nya. Angka dibelakang huruf D itu biasanya menunjukkan lamanya menempuh studi. Misal, D1 ya satu tahun, D2 ya dua tahun, D3 untuk tiga tahun, dan D4 untuk empat tahun. Tapi gak menutup kemungkinan nih, mahasiswa D3 menempuh studinya menjadi empat tahun karena berbagai macam kendala.

foto : ruangguru

Sesuai judul nih, jenjang Diploma kita bahas D3 dan D4 aja ya, secara kedua jenjang ini diselenggarakan di kampus kita. Diploma 3 atau D3 merupakan program pendidikan vokasional yang ada di perguruan tinggi. Masa studi D3 ini normalnya 3 tahun dengan menempuh 112 SKS atau tergantung kampusnya. Kuliahnya nih 30-40% teori dan 60-70% praktik, jadi emang lulusan D3 ini dipersiapkan untuk langsung siap bekerja dengan praktik-praktik yang selama ini diajarkan di perkuliahan. Biar lulus pasti ada yang namanya tugas akhir. Nah, kalau D3 biasanya harus ada praktik kerja dulu dan bikin Laporan Tugas Akhir. Oh ya, lulusannya dapet gelar A.Md atau Ahli Madya.

Nah, untuk Diploma 4 atau D4 ini sama juga program pendidikan vokasional yang lulusannya langsung siap kerja. Mirip-mirip dengan S1 nih masa tempuh studinya, normal sih 4 tahun deng 144 SKS atau tergantung kampusnya juga sih. Kuliahnya sama nih dengan D3, presentase 30-40% untuk teori dan 60-70% untuk praktik. Tugas akhirnya pun sama, harus praktik kerja dulu terus bikin Laporan Tugas Akhir. Nah yang membedakannya dengan D3 adalah gelar yang didapatkan kalau udah lulus, yakni S.Tr atau Sarjana Terapan. Jadi, D4 ini sebenarnya sama dengan S1 cuma porsi kuliahnya aja yang beda, D4 lebih mengunggulkan praktiknya.

Baca Juga  Seputar Pertanyaan “Nyeleneh” yang Berpotensi Diajukan Dosen Saat Sidang Skripsi

Beralih ke S1 nih yang paling banyak diincar lulusan SMA/SMK/MA dan juga banyak dicari oleh pemilik lapangan keja. S1 merupakan program pendidikan sarjana yang dalam perkuliahannya mendalami sebuah ilmu melalui 60-70% teori dan 30-40% praktik. Masa studi yang ditempuh mahasiswa S1 ini normalnya 4 tahun, tapi ada lho yang selesai 3,5 tahun atau malah sampai 7 tahun hehehe. Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa S1. Tapi adanya pandemi ini membuat beberapa kampus di Indonesia menghilangkan tugas akhir skripsi, diganti dengan artikel ilmiah saja. Wah sepertinya menyenangkan ya hehehe.

Plus – minus milih program pendidikan ini apa aja sih? Dari beberapa obrolan dengan beberapa mahasiswa dari ketiga jenjang tersebut, D3 memang lebih cepat lulus dan cepat menadapatkan kerja, tapi di era sekarang peluang kerja D3 tidak sebanyak S1, terkesan kuliahnya nanggung juga D3 ini. Nah kalau D4 karena masa studinya sama dengan S1, jadi nggak nanggung kuliahnya. D4 ini punya kesempatan yang sama dengan S1 untuk melanjutkan ke jenjang pascasarjana. Biasanya D4 ini banyak ditemukan di Politeknik, tapi nggak menutup kemungkinan ada juga di Universitas dan Institut, contohnya sih di kampus kita sendiri, UNY. Kalau S1 sendiri memang jauh lebih matang secara keilmuan, banyak dicari oleh pemilik lapangan kerja, dan kesempatan untuk lanjut kuliah pascasarjana juga terbuka lebar. Namun, di era sekarang lulusan S1 juga banyak, meski peluang kerja juga banyak, jika tidak memiliki kemampuan diri yang mumpuni juga akan kalah dalam usaha mencari pekerjaan.
Jadi sekarang udah tahu kan bedanya D3, D4, dan S1? Nah buat calon mahasiswa baru nih, be wise ya! Pilih program pendidikan sesuai dengan kebutuhan, kondisi, dan kemampuan kalian, jangan sampe nyesel pas kuliah pokoknya!

Baca Juga  Wow! Dari Penemuan Keren Ini, Mahasiswa UNY Bisa Punya Usaha yang Menjanjikan

Related Articles

Back to top button
Close
X