PMB UNYPojok #UNYu

Daftar SM Prestasi? Siapa Takut ! Berikut Tipsnya

Hallo Calon Mahasiswa !

Sebelum menapaki dunia Universitas, setiap calon mahasiswa pasti menghadapi apa yang dinamakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Di Indonesia ini, jalur memasuki Universitas memiliki keberagaman. Mulai dari SNMPTN,UTBK, serta jalur mandiri. Jalur mandiri sendiri juga masih terbagi-bagi lagi menjadi beberapa jalur sesuai dengan kebijakan masing masing kampus. Universitas Negeri Yogyakarta, memiliki beberapa jalur pada Seleksi Mandiri, yaitu Jalur Prestasi Akademik, Prestasi Unggul, Skor UTBK SBMPTN, SM CBT, CBT Kerjasama serta Portofolio Luar Negeri. Pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit mengulas mengenai Jalur Seleksi Mandiri Prestasi.

Berikut beberapa hal yang kamu perlu perhatikan jika ingin mendaftar melalui jalur ini :

  1. Tentukan pilihan

Sudah menjadi warisan turun temurun tentang bagaimana dilemanya memilih program studi. Setiap calon mahasiswa yang akan mendaftar, pasti 99,999 % akan mengalami masa dimana sangat dipusingkan mengenai pemilihan program studi maupun pemilihan universitas. Jika kamu mengalami hal ini, kembalikanlah pada dirimu sendiri. Baca diri dan passionmu apa. Pilih program studi yang memang itu adalah jiwamu, pilih program studi yang bila kamu menjalaninya, kamu akan terus merasa senang dan tidak bosan, bukan hanya yang kamu mau atau bahkan yang orang lain mau. Ketahuilah, sebesar apapun orang lain mempengaruhimu, pada akhirnya semua nanti yang akan menjalani dan memanen hasilnya pasti kamu sendiri. Nah, sekarang pertanyaannya, kamu ingin memanen hasil yang bagus atau tidak ? Jangan salah pilih ya. Apalagi jika kamu ingin mendaftar melalui jalur SM Prestasi harus ekstra berfikir ya. Sebab, di jalur ini kamu hanya boleh memilih satu prodi saja lho ! Semangat

  1. Jangan Malas Cari Info

Dalam masa-masa penerimaan mahasiswa baru, kamu harus bertransformasi menjadi manusia kepo! Tentunya, kepo dengan hal yang bermanfaat. Kamu harus selalu up to date dalam menanggapi segala informasi mengenai jalur SM Prestasi maupun jalur-jalur yang lain. Gali terus mengenai informasi melalui sosial media universitas maupun pegiat universitas. Contohnya, @unyofficial atau @unycommunity

  1. Malu Bertanya Sesat Dijalan

Wajar bila kamu tidak tahu, wajar kalau kamu sering bertanya ini itu. Yang tidak wajar adalah kamu tetap diam meskipun kamu tahu bahwa kamu tidak paham. Untuk saat ini, kamu hiraukan dulu sedikit rasa malu bertanya. Teruslah mencari info dan bertanya jika kamu tidak paham mengenai suatu hal. Mungkin mengenai prosedur pendaftarannya maupun syarat-syarat didalamnya. Namun, harus tetap memperhatikan etika bertanya ya.

  1. Cermat, Teliti, Sabar dan Tenang

Setelah kamu melakukan proses diatas yaitu menentukan program studi apa yang kamu pilih, jalurnya, serta berbagai informasinya, tahap selanjutnya adalah menapaki proses pendaftaran. Pada tahap ini, kamu akan dihadapkan oleh berbagai syarat dokumen yang sedikit melelahkan. Namun, bukankah pejuang tak kenal lelah? So, jangan mudah menyerah ya. Nah, dalam tahap ini meskipun banyak hal-hal yang perlu diunggah, kamu harus tetap tenang dan membaca dengan sangat cermat. Sebab, pasti didalam laman tersebut akan disertai ketentuannya. Kamu tak perlu terlalu cepat panik dan setres ya. Jika kamu tetap kesulitan dan tidak menemukan solusinya, cobalah bertanya kepada pihak yang kamu anggap akan bisa memberikan kamu solusinya ya. Semangat !

  1. Selektif
Doc Pribadi

SM Prestasi di UNY terbagi menjadi Prestasi Unggul dan Prestasi Akademik. Nah, jika prestasi akademik, kita akan diseleksi berdasarkan hasil raport yang kita unggah. Sedangkan, jika prestasi unggul, kita juga harus melampirkan piagam/sertifikat. Nah kita harus selektif juga disini. Menurut pengalaman beberapa tahun yang lalu, ada sekitar 5 piagam maksimal yang bisa diunggah. Pilihlah piagam yang memang memiliki bobot yang lebih, dan masih terus diperlukan atau memiliki posisi yang diharapkan dalam dunia perkuliahan. Dan menurut info, sebaiknya kita melampirkan piagam yang jenis kompetisinya relevan dengan prodi yang kita pilih. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa piagam lintas jurusan tidak bisa diunggah. Berdasarkan pengalaman penulis ketika mendaftar beberapa tahun lalu, ketika itu beberapa melampirkan kompetisi mengenai penalaran ilmiah namun mendaftar di prodi Akuntansi dan hasilnya Alhamdulillah universitas memberi kesempatan untuk bisa belajar di UNY. Jadi, intinya kita harus yakin, berusaha dan berdoa ya !

Baca Juga  D3, D4, S1, Bedanya apa sih?

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin mendaftar menjadi bagian dari UNY melalui jalur SM Prestasi. Ketahuilah, kalian adalah penyandang manusia pilihan dari Tuhan yang dianugerahi kelebihan. Bersyukur dan jangan pernah menyerah. Tidak semua orang bisa menjadi apa yang bisa kamu raih sekarang. Ditunggu kontribusi kalian, para mahasiswa berprestasi di Universitas Negeri Yogyakarta !

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X