PMB UNYPojok #UNYu

Dear Fighters : Berikut Ini Program D4 UNY yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan !

Untukmu para pejuang yang sedang mengusahakan duduk dibangku perkuliahan,

Bersiaplah menyambut ucapan  selamat datang dari Yogyakarta, kota berhati nyaman

Yogyakarta merupakan salah satu kota besar yang banyak menjadi rujukan melanjutkan jenjang pendidikan masyarakat dari berbagai wilayah di penjuru Indonesia.Banyak sekali institusi pendidikan yang berdiri dan menjadi “kawah candradimuka” di kota yang terkenal dengan kuliner gudeg sebagai makanan khasnya.Salah satu intitusi yang banyak melahirkan lulusan terbaik adalah Universitas Negeri Yogyakarta atau dulu dikenal sebagai IKIP JOGJA (Institut Keguruan). Universitas yang memiliki almamater berwarna biru tua ini, dari tahun ke tahun makin berkembang menyesuaikan perkembangan zaman termasuk didalamnya menyediakan layanan pendidikan setara D4  atau disebut dengan sarjana terapan pada satu rumah bernama fakultas vokasi.

Dilansir dari web layanan akademik, pada tahun 2024 terdapat 14 program studi sarjana terapan di UNY yang tersebar di  kampus Wates Kulonprogo dan Semanu Gunungkidul. Semua himpunan program studi pada dua kampus ini Berdasarkan rumpun prodi, terdiri dari rumpun soshum yaitu teknik boga, teknik busana, tata rias & kecantikan, akuntansi, manajemen pemasaran, dan administrasi perkantoran. Sedangkan, untuk rumpun saintek terdiri dari gugusan prodi berupa teknik elektro, teknik elektronika,teknik mesin, mesin otomotif,teknik sipil, pengobatan tradisional indonesia, promosi kesehatan dan pengelolaan usaha rekreasi.

Lalu, bagaimana  gambaran singkat dari masing-masing prodi ?, Berikut ini ulasan singkatnya

  1. Pengantar Perkenalan, Dimulai dari Rumpun Soshum
Baca Juga  Ini Lho Rincian Biaya Kuliah Di UNY

Gugus prodi dari rumpun soshum yang berada dibawah naungan ilmu teknik terdiri dari prodi teknik boga, teknik busana, serta  tata rias dan kecantikan. Teknik boga sendiri merupakan prodi yang berfokus pada kajian ilmu setara S1 yang mempelajari bidang patiseri dan boga. Apabila kamu juga tertarik dengan penerapan ilmu kecantikan dan tata rias maka pilihlah prodi tata rias dan kecantikan.Tetapi jika  kamu yang senang sekali dengan dunia fashion dan ingin melahirkan banyak trend centre dalam dunia busana, prodi teknik busana cocok untukmu yang ingin mendalaminya.Prodi teknik boga dan tata busana masing-masing tersedia di kampus Wates dan Semanu. Sedangkan prodi tata rias hanya tersedia di kampus Wates saja.

Masih dari rumpun soshum, ada tiga primadon prodi vokasi yang banyak sekali menjadi incaran calon mahasiswa yaitu prodi akuntansi, manajemen pemasaran, dan administrasi perkantoran. Ketiga prodi ini tersedia baik di Kampus Wates maupun Semanu.

  1. NEXT, Rumpun Saintek

Sudah barang umum jika rumpun saintek yang masih berhubungan dekat dengan hitungan berada di fakultas teknik. Beberapa prodi yang berada dibawah naungan fakultas teknik tidak hanya menitikberatkan teori yang dalam namun juga praktek yang relevan.Prodi vokasi yang berada di fakultas teknik yang pertama ada teknik elektro sebagai sebuah prodi yang mempelajari teori ketenagalistrikan. Prodi ini mewajibkan mahasiswanya tidak mengalami buta warna serta tinggal di dorm kampus Wates Kulonprogo.

Baca Juga  Kolam Renang Bertaraf Internasional UNY Wates, Berikut ulasannya !

Lain halnya jika kamu ingin mempelajari ilmu bukan tentang tenaga listriknya tapi soal kelistrikannya saja,maka pilihlah prodi teknik elektronika. Program studi ini tersedia baik di kampus Wates maupun Semanu. Atau kamu ingin menjadi seorang ahli permesinan, pilihlah teknik mesin maka kamu akan berkawan dengan teman dari prodi elektronika dan elektro di Wates.

Barangkali kamu menyukai dunia otomotif, sekolah vokasi UNY menyediakan prodi mesin otomotif atau dikenal sebagai teknik otomotif sebagai pilihan. Kamu juga wajib tinggal di dorm kampus Wates pada semester awal hingga menjelang paruh terakhir semester dua jika memilih prodi ini.

Selanjutnya,prodi yang sering salah dikira akan menjadi seorang pegawai negeri sipil namun aslinya malah mempelajari ilmu-ilmu teknik perencanaan, perancangan, manufaktur . Sekolah Vokasi UNY menyediakan prodi  teknik sipil untukmu yang bercita-cita menjadi insinyur atau pembuat layanan manufaktur untuk masyarakat.Prodi ini tersedia di kampus Wates, kabupaten Kulonprogo.

Terakhir sebagai penutup, rangkaian rumpun saintek pada fakultas vokasi UNY juga memiliki beberapa prodi baru yaitu seperti     pengobatan tradisional indonesia, promosi kesehatan dan pengelolaan usaha rekreasi. Ketiganya hanya berada di kampus Wates saja.

UNY yang dulu terkenal juga memiliki Kampus Wates kini telah bertransformasi dan semakin berbenah dengan wajah baru bernama Fakultas Vokasi dengan terdiri dari 14 Prodi Sarjana Terapan ini.

Jadi,apakah kamu sudah menentukan pilihan?

Selamat memperjuangkan !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X