DILAN 1990 : Merekonstruksi Ingatan Masa SMA ala tahun '90-an | UNY COMMUNITY
Thursday , 20 September 2018
Home / Pojok #UNYu / DILAN 1990 : Merekonstruksi Ingatan Masa SMA ala tahun ‘90-an

DILAN 1990 : Merekonstruksi Ingatan Masa SMA ala tahun ‘90-an

Dilan 1990 adalah sebuah novel karangan Pidi Baiq, penulis kawakan dari Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat. Novel bestseller ini menceritakan  romansa kisah cinta antara tokoh Milea dan Dilan.

Mengambil latar tempat di Bandung pada era tahun 1990, Pidi Baiq sukses membuat para pembacanya hanyut dalam nostalgia cinta ala-ala jaman SMA. Bahkan semenjak kabar diangkatnya novel ini ke layar lebar, antusiasme masyarakat cukup tinggi.

Hingga pada akhirnya film ini resmi diluncurkan pada 25 Januari 2018 lalu berhasil menyedot animo masyarakat. Bahkan, tiket di beberapa bioskop pada pemutaran perdana film ini selalu ‘sold out’ dan ‘full house’.

Lalu apa saja yang sebenarnya ada dari Film Dilan 1990 yang diperankan oleh Iqbal Ramadhan dan Vanesha Presicilia ini ? Mari kita simak ulasannya :

  1. Guyonan mengenai “ Sang Peramal “ Sukses Menghibur Penonton

Untuk kalian yang pernah membaca novel Dilan 1990 dan menonton trailernya pasti tidak asing dengan candaan Dilan pada Milea saat  berada di simpang jalan sekolah mereka di Bandung .

“Kamu Milea ya ? Aku ramal nanti kita akan bertemu di Kantin “

Alih-alih ‘bertemu di kantin ‘diucapkan untuk doi , netizen  menggantinya menjadi seperti :

“Kamu …. (nyebut nama ) .Aku ramal kita akan bertemu dipelaminan .”

Gimana tambah laper apa baper ? Hehehehe

  1. Digadang –gadang sebagai film yang 98 % ‘BERHASIL’ memvisualisasikan novelnya

Entah bagaimana di masyarakat terkenal dengan ‘stereotip’ jika film yang diangkat dari novel biasanya tidak sebagus aslinya.Namun,Film Dilan 1990 bisa dikatakan cukup berhasil dalam segi menuangkan gambaran-gambaran penting dan klimaks dari tiap-tiap part pada novelnya .

Baca Juga  Lika-liku Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia

Dimulai dengan setting Kota Bandung yang sangat terasa nuansa tahun 90-an. Hingga penggunaan kostum jaket merah yang dipakai Vanesha menggambarkan trend yang digunakan anak SMA pada jaman tersebut.

  1. Parodi kalimat dialog Dilan

Selain sapaan “Kamu Milea ya ?” ,dialog-dialog antara Dilan dan Milea yang lain juga berhasil menjadi viral dikalangan netizen . Sebut saja kalimat “ Jangan Rindu .Berat .Biar aku saja. Kamu tidak akan kuat “. Netizen juga berlomba-lomba memparodikan kalimat tersebut menjadi beragam versi semisal :

“Jangan ngerjain skripsi .Skripsi itu berat .Kamu gak akan kuat .Biar aku saja “

“Bilang ke dilan kalau yang berat itu bukan rindu tapi berat badan “

  1. Pemilihan Cast yang sempat menimbulkan polemik

Sebelum resmi meluncurkan trailernya ,pihak rumah produksi film Dilan 1990 sempat merahasiakan siapa yang akhirnya mendapat peran sebagai Dilan. Beberapa aktor yang diharapkan menjadi pemeran Dilan seperti Jefri Nichol pada akhirnya pun tidak muncul.

Baca Juga  Kuliah Seni Musik Tidak Harus Handal Bermusik

Hingga akhirnya nama Iqbal yang notabene terkenal sebagai ex-Boyband CJR yang berhasil menyabet peran tersebut .

Polemik yang muncul ,banyak yang meragukan atas jatuhnya peran Dilan kepada Iqbal  Iqbal dinilai terlalu santun dan kalem untuk menjadi sosok Dilan yang tengil dan badboy.Namun, pada akhirnya dengan kerja keras Iqbal mampu menunjukan performa terbaiknya pada film Dilan 1990. Terbukti baru sekitar empat hari dirilis Dilan 1990 telah mampu menggaet  sebanyak 1.000.000  penonton.

  1. Soundtrack yang dinyanyikan langsung oleh Iqbal

Selain mendapat jatah pemain utama ,Iqbal juga menyanyikan salah satu soudntrack film Dilan 1990 yang berjudul Rindu Sendiri.

Lagu Iqbal ini sudah dapat didengarkan oleh masyarakat luas melalui situs-situs penyedia lagu semisal JOOX.

  1. Dilan quote : “ Milea kamu cantik “

Di dalam filmnya ,Dilan 1990 tidak kehilangan dialog-dialog manis di setiap partnya . Salah satu dialog yang sukses membuat masyarakat baper adalah :

“ Milea ,kamu cantik .Tapi aku belum mencintaimu .Enggak tahu kalau nanti sore. Tunggu aja”

  1. Trailer yang tembus 9,5 JUTA viewers

Bayangkan ! Trailernya saja sudah mencapai angka sebanyak itu . Dapat diperkirakan jika film Dilan 1990 bisa menjadi film pembuka awal tahun yang sukses besar.

  1. “Jangan Bilang Ke aku “ kata Dilan

Meski Dilan berkarakter sebagai Panglima Tempur Geng Motor yang terkesan galak Dilan juga mampu menghidupkan ‘romansa’ bersama Milea . Salah satu dialog andalan ala Dilan adalah :

Baca Juga  19 Kejadian yang Pasti Dijumpai Semasa Kuliah

“ Jangan Bilang ke aku ada yang menyakitimu .Nanti besoknya orang itu akan hilang “

Wadaww ..Dilan bilang begitu tahukan galaknya untuk apa ?

  1. TTS vs Boneka Beruang

Saat Milea ulang tahun ,dimulai dari Beni pacarnya di Jakarta hingga Nandan teman sekelasnya telah memberikan hadiah spesial untuknya . Beni yang datang jauh-jauh dari Jakarta ke Bandung demi merayakan ultah Milea hingga Nandan yang memberikan boneka beruang agar bisa menjadi sahabat Milea manakala berada dikamar.

Namun,berbeda dengan Dilan. Dilang memberikan TTS (teka-teka silang) yang sepenuhnya telah diisi olehnya untuk hadiah ultah Milea.

“Selamat Ulang Tahun Milea “

“ Ini hadiah untukmu .Cuma TTS .

“Tapi sudah kuisi semua . Aku sayang kamu “

Begitulah ulasan sedikit mengenai Film Dilan 1990 yang berhasil terangkum. Barangkali bisa mengobati rasa kepo kamu untuk Film Dilan 1990. Yang terpenting saat akan menonton film Dilan 1990 adalah tidak anarkis dan tetap mematuhi aturan ya sobat !

Happy Watching !

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Rumah Akademik Kita ; Siakad UNY

Revolusi Industri generasi keempat atau yang dikenal dengan industri ‘four poin O’ kini telah ada …