Pojok #UNYuTips

Dilema Pilih Jurusan Apa? Jangan Khawatir! Coba Pertimbangkan Beberapa Hal Berikut!!

Bagi kalian yang baru lulus dari masa abu-abu, menentukan jurusan kuliah memang kerap kali sangat membebani pikiran. Salah langkah sedikit saja, bisa berakibat fatal buat masa depan yang kalian idam-idamkan. Berbagai cara dilakukan untuk memecahkan kebimbangan itu. Mulai dari mencari solusi di internet sampai bertanya kepada guru BK dan para alumni yang sudah keterima di perguruan tinggi. Tenang! Beberapa pertimbangan berikut akan membantu kalian dalam memecahkan masalah dilematis kalian. Langsung saja kita simak ulasan dibawah ini!

1. Kenali Diri

pic: ujiansma.com

Yang dimaksud kenali diri disini bukanlah nama kalian siapa, lahir tahun berapa, dari keluarga apa, tinggal dimana, dan lain sebagainya. Yang dimaksud disini lebih menjurus kepada ilmu yang telah kalian tempuh selama duduk di bangku SMA/SMK. Ada baiknya kalian memilih jurusan yang sesuai dengan ilmu yang telah dipelajari. Semisal kalian lulusan SMK, maka secara tidak langsung anda telah dididik untuk menjadi seorang Teknika. Nah, berbekal ilmu itu, sebaiknya kalian pilih jurusan teknik yang sesuai deh. Dengan demikian, kemampuan kalian akan semakin bertambah dan pada akhirnya kalian akan mumpuni di bidang itu loh.

Baca Juga  Pentingnya Membeli Asuransi Kesehatan bagi Keluarga Kita

2. Potensi Diri

pic: martunassinaga.wordpress.com

Memang potensi diri kerap kali susah untuk dikenali. Namun jika kita perhatikan secara seksama, potensi itu pasti akan terlihat. Contoh sederhana mengenali potensi diri kita bisa dari kemampuan kita di kelas. Jika kalian cepat maksud dan faham mengenai pelajaran fisika, bisa jadi disitu lah letak potensi kalian. Nah, itu bisa menjadi salah satu pertimbangan kalian dalam menentukan jurusan loh.

3. Minat

Coba renungkan kembali minat kalian deh. Kalau kalian anak teknik tetapi ingin mengambil sastra, boleh saja, asal kalian benar-benar minat dan serius di bidang itu. Tapi perlu diingat loh ya, jangan hanya ikut-ikutan apalagi iseng–iseng mencoba jurusan lain. Semua keinginan pasti ada jalannya kok. Yang penting total dalam jurusan yang kalian minati itu loh ya.

baca jugaDaftar Lengkap Jurusan di Universitas Negeri Yogyakarta

4. Prospek masa depan

pic : ajiono98.wordpress.com

Yups! Prospek masa depan. Coba cari tahu prospek lulusan jurusan itu. apakah sesuai dengan cita-cita masa depan kalian. Kalian bisa bertanya kepada kakak-kakak yang sudah mendalami jurusan itu, atau bisa juga tanya kepada guru BK. Nah, jika jurusan itu sesuai dengan masa depan yang di idam-idamkan, maka ambilah.

Baca Juga  Ini Dia 5 Tempat Sewa Kebaya Wisuda Dengan Harga Kantong Mahasiswa

5. Konsultasi Dengan Orang Tua

pict: guetau.com

Menentukan jurusan kuliah memang sangat dilematis. Maka, ada baiknya kalian konsultasi dengan orang tua terlebih dahulu sebelum memilih jurusan. Coba minta pendapat dengan orang tua kalian. Kalau kalian beruntung, biasanya orang tua sudah memiliki pilihan jurusan yang tepat buat kalian loh, misalnya kalian di suruh memilih jurusan kedokteran gigi atau yang lain. Nah, kalau kalian setuju dengan saran itu, kenapa tidak??

Nah, demikian beberapa hal yang bisa kalian pertimbangkan untuk memilih jurusan. Banyak mahasiswa yang memilih jurusan karena potensi dirinya, karena saran orang tua, karena minat sendiri atau memilih jurusan yang se-jalur dengan jurusan di SMA/SMK nya dulu. Namun, semua itu kembali ke Komitmen masing-masing orang. Jangan sampai sudah ambil jurusan berdasarkan potensinya, eh ujung-ujungnya nyesel karena tidak sesuai dengan jurusan yang terdahulu. Maka dari itu, Komitmen sangat dibutuhkan loh ya. Pacaran saja butuh Komitmen, masa dengan jurusan kuliah yang menentukan masa depan kalian tidak Komitmen.

Tetap semangat buat Calon Mahasiswa Baru. Semoga berhasil!!!

Andan Prayoga

Kutu Buku yang suka makan makanan pedas|

Related Articles

Back to top button
Close
X