MahasiswaMahasiswa BangetUNY Banget

Dua Tipe Mahasiswa Saat Lagi Skripsian; Kamu yang Mana?

Skripsi. Satu kata berjuta makna. Dalam dunia perkuliahan, semua mahasiswa akan ada masanya pasti mengalami fase skripsi-an. Banyak hal yang harus disiapkan dalam fase ini. Waktu, kesabaran, ketabahan dan tentunya harus mempersiapkan semangat 45 yang tak boleh pudar. Ada banyak hal-hal diluar kendala yang tak jarang akan terjadi dalam proses ini. Salah satunya dalam hal per-revisi-an.

Foto : clearyourstres.com

Ada dua tipe mahasiswa dalam dunia per-revisian, kamu tipe yang mana nih?

Pertama ; Mahasiswa yang Suka Skripsinya Langsung ACC Tanpa dicoret Pembimbing

  Tipe yang pertama adalah ada nih mahasiswa-mahasiswa yang suka sekali karena skripsinya jarang ada revisi atau bahkan tidak ada revisian sama sekali dan langsung di acc. Terdengar wah enak nih. Statement tersebut memang bisa sedikit benar. Memang, tidak banyak revisi dari dosen pembimbing rasanya seperti hembusan angin segar bagi mahasiswa. Namun, sepertinya angin itu tak berhembus lama. Mengapa? Ketika dosen dengan mudahnya memberikan ACC pada skripsimu, kamu harus siap siap lebih bekerja ekstra, kamu harus siap dengan “apa adanya” skripsimu, dan bahkan kamu harus siap “dikuliti” habis-habisan oleh dosen penguji saat sidang. Menyeramkan bukan. Namun, itulah kenyataannya. Dosen memberikan kemudahan ACC memiliki 2 makna yang terkadang kita bingung kita termasuk dalam kategori yang mana. Pertama, karena memang skripsi kita sudah bagus, sudah sesuai dengan aturan, sudah sesuai dengan apa yang dosen mau. Kedua, dosen hanya ingin cepat selesai tanpa melihat penuh isi skripsimu. Nah, termasuk dalam kategori manakah kamu? Hati-hati ya. Jangan terlena dengan kemudahan yang diberikan oleh dosen pembimbing. Kamu harus tetap berusaha maksimal dan jangan lelah mempelajari keseluruhan isi skripsimu. Entah bagaimanapun karakter dosen pembimbing yang ditakdirkan untukmu, tanggung jawab penuh ada pada dirimu sendiri. Dosen pembimbing hanya fasilitator yang membantu kamu menyelesaikan skripsimu. Selebihnya, kamu harus mempunyai tanggung jawab besar atas dirimu sendiri. Tak perlu menyalahkan siapapun dan apapun. This is our life. Do the best for our life !

Kedua; Mahasiswa yang Suka Skripsinya dicoret Pembimbing

Baca Juga  Wow! Dari Penemuan Keren Ini, Mahasiswa UNY Bisa Punya Usaha yang Menjanjikan

 Mungkin proses bagi tipe mahasiswa ini lebih lama. Banyak lelah dan airmata yang membersamainya. Tapi, coba tenangkan batinmu, usap dadamu, katakan pada dirimu, kamu adalah orang-orang terpilih yang diizinkan Tuhan untuk mendapatkan begitu ilmu yang sebelumnya memang belum pernah kamu tahu. Tak apa prosesmu lebih lama daripada yang lain, tapi andai kamu tahu, wawasanmu bisa jadi akhirnya akan lebih banyak dari yang lain. Di dunia ini, tipe dosen pembimbing memang sangat beragam. Salah satunya dosen yang perfeksionis, sedikit kesalahan saja harus diperbaiki. Tapi tak sedikit juga, banyak mahasiswa yang sudah menyadari maknanya dan tetap bahagia menjalaninya. Karena dia tau, akan ada banyak pelajaran yang bisa diambil melalui bimbingan dosen pembimbing yang super teliti ini.

Baca Juga  Yuk Kenalan dengan Prodi Baru PMB UNY 2021

Bagaimana, kamu tipe yang mana? Apapun itu, tetap berusahalah untuk keberhasilanmu. Sekuat apapun orang lain membantu prosesmu, dirimu sendirilah yang harus memiliki andil besar dalam hidupmu. Banyak ujian datang ketika skripsi, tapi cobalah syukuri semua itu. Tuhan tidak pernah salah pundak menitipkan segala sesuatu. Syukuri, jalani dan semangat. Itulah kuncinya! Semangat!!

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X