intip JurusanPojok #UNYu

Fakta Menarik Program Studi Pendidikan Bahasa Daerah (Jawa)

Halo, teman-teman!

Apakah kamu termasuk mahasiswa baru yang sedang bingung mencari program studi untuk dijadikan incaran? Ataukah kamu seorang mahasiswa yang sedang kepo dengan program studi yang ada di UNY? Jika kalian ingin lebih tahu tentang program studi Pendidikan Bahasa Daerah (Jawa), di sinilah tempatnya!

foto : pbd.fbs.uny.ac.id

Menurut kalian, apa kesan pertama yang terlintas di kepala saat mendengar program studi Pendidikan Bahasa Jawa? Ribet atau malah terlalu mudah? Kebanyakan calon mahasiswa baru atau bahkan mahasiswa sendiri sering meremehkan program studi ini. Mereka tak jarang akan beranggapan bahwa program studi ini sepi peminat, kuliahnya terlalu mudah, dan prospeknya ngga jelas. Jika kalian juga berpikiran begitu, berarti kalian pikniknya kurang jauh nih! heheh.

foto : instagram.com/paguyuban_indrakila

Biar ngga salah sangka terus, kami akan sajikan beberapa fakta menarik yang jarang diketahui tentang program studi Pendidikan Bahasa Jawa.

  1. Sudah terakreditasi A, bahkan mendapat akreditasi Internasional ASIC

Untuk yang masih menganggap remeh, kalian musti tahu bahwa program studi Pendidikan Bahasa Jawa UNY sudah memiliki akreditasi A. Bahkan, prodi ini juga sudah mendapat akreditasi Internasional dari ASIC (Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities), lho! Keren kan! Jadi, dari segi kualitas tak perlu diragukan lagi.

  1. Memiliki prospek masa depan yang luas

Memilih program studi kependidikan tak selamanya harus menjadi guru. Dikutip dari laman pbd.fbs.uny.ac.id, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Jawa bisa menjadi peneliti bahasa, sastra, filologi, budaya, dan seni Jawa. Selain itu, bisa juga menjadi jurnalis, widyaiswara, pelatih maupun pranatacara, sastrawan, penulis, peneliti di bidang bahasa, sastra, budaya, dan seni Jawa yang dapat dipertanggungjawabkan dan bersifat profesional.

  1. Punya mata kuliah sanggar sastra

Kalian punya ketertarikan di bidang teater? Atau kalian belum mahir dan ingin belajar teater? Tenang… di program studi Pendidikan Bahasa Jawa, kalian akan mendapatkan mata kuliah sanggar sastra. Apa sih itu? Jadi, sanggar sastra adalah mata kuliah wajib yang memberikan wadah bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa untuk belajar mementaskan teater Jawa yang seluruh persiapan acaranya dikerjakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa. Asyik kan! Jadi, kalian akan belajar mempersiapkan penyelenggaraan sanggar sastra yang nantinya akan digelar di Gedung Pertunjukan FBS UNY dan disaksikan oleh banyak orang. Para mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa yang berada dalam satu kelas biasanya akan dibagi ke beberapa tugas, seperti pimpinan produksi, sutradara, aktor, penata rias, penari, dll.

  1. Bukti bahwa kamu cinta budaya lokal

Ada sebagian orang yang berpendapat “untuk apa orang Jawa ngambil Pendidikan Bahasa Jawa”. Pertanyaan itu sungguh bikin menggelitik. Adanya program studi Pendidikan Bahasa Jawa yaitu agar budaya asli Jawa tak hilang ditelan oleh zaman. Realitanya, banyak sekali pemuda yang notabene orang Jawa tetapi tak bisa berbahasa Jawa Krama pada orang yang lebih tua. Sungguh ironis sekali memang. Pemuda zaman sekarang bahkan terlihat lebih familiar dengan budaya Korea disbanding dengan budaya asli Jawa. Untuk itu, jangan pernah sekali-kali meremehkan prodi ini. Di prodi Pendidikan Bahasa Jawa, kalian bisa lebih memahami pentingnya nguri-uri budaya lokal. Dengan begitu, rasa cinta pada tanah air semakin terpupuk.

Baca Juga  Kampus Bebas Rokok

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari program studi Pendidikan Bahasa Jawa. Kalian tentu jadi lebih mengenai prodi ini, bukan? So, jangan suka menganggap remeh program studi yang “katanya” dianggap mudah. Karena yang menjamin kesuksesan bukan seberapa prestise program studi yang diambil, tetapi seberapa gigih dan sungguh-sungguh kalian dalam mencari ilmu dan mengembangkan softskill selama kuliah di kampus.

Related Articles

Back to top button
Close
X