Festival Burung Pantai 2017 KPB Bionic UNY | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Festival Burung Pantai 2017 KPB Bionic UNY

Festival Burung Pantai 2017 KPB Bionic UNY

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki habitat pantai potensial bagi burung-burung pantai baik lokal maupun migran. Sejauh ini telah banyak lokasi-lokasi di Indonesia yang teridentifikasi sebagai tempat singgah burung-burung pantai migran. Salah satunya di Muara Sungai Progo, Yogyakarta yang berada di perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo.

Pada tanggal 14-15 Oktober 2017, KPB Bionic UNY mengadakan event Festival Burung Pantai 2017. Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar dengan tujuan awal untuk melatih anggota baru khususnya dan mahasiswa atau masyarakat pada umumnya dalam mengenal burung pantai terutama burung pantai migran. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang bertemunya para kelompok pengamat burung dari berbagai instansi untuk bertukar informasi tentang burung pantai migran khususnya yang singgah di Muara Sungai Progo.

Baca Juga  PMB UNY 2015

Festival Burung Pantai kali ini lebih meriah dengan banyaknya peserta yang berasal dari berbagai instansi baik dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta seperti Pelatuk BSC UNNES dari Semarang, Sayap Sadar USD dari Yogyakarta, BBC Ardea UNAS dari Jakarta, KSHL Comata UI dari Jakarta, Institut Pertanian INTAN dari Yogyakarta, Kepak Sayap UNS dari Solo, Imabio Universitas Jambi, Universitas Gadjah Mada, KSB Universitas Atma Jaya dan dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan total sekitar 50 peserta.

Rangkaian acara dimulai dengan pemberangkatan peserta pada Sabtu (14/10) siang menuju tempat menginap dilanjutkan pengamatan burung pantai migran sore sampai menjelang petang. Meskipun hujan sempat beberapa kali turun, antusias peserta untuk melakukan pengamatan burung pantai tidak berkurang.

Setelah ishoma, kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua Bionic 2017, Wicak Aji Pangestu kemudian dilanjutkan dengan penyampaian dua materi yang sudah dipesiapkan oleh panitia. Materi I tentang Identifikasi Burung Pantai disampaikan oleh Panji Gusti Akbar dan Materi II tentang Pengenalan Pantai Trisik disampaikan oleh Aghnan Pramudihasan dilanjutkan oleh Imam Taufiqurrahman.

Baca Juga  Mahasiswa FMIPA UNY Terima Beasiswa CIMB Niaga

Sebelum materi kedua disampaikan, terdapat kuis untuk menebak jenis burung pantai dimana 10 peserta dengan jawaban benar terbanyak akan mendapatkan hadiah dari Birdpacker selaku salah satu sponsor berupa kaos dan poster ditambah topi dari Hamba Allah.

Minggu pagi, peserta berangkat ke Muara Sungai Progo untuk melakukan pengamatan burung pantai migran. Jumlah peserta semakin banyak pada sesi pengamatan pagi ini, beberapa peserta menyusul. Salah satu tamu undangan, Bapak Agung Wijaya Subiantoro, M.Pd. selaku Dosen Pendidikan Biologi UNY datang dan bergabung untuk melakukan pengamatan burung pantai migran di Muara Sungai Progo.

Pembagian hadiah pemenang kuis dilakukan di Muara Sungai Progo. Teriknya panas matahari tidak mengurangi antusias peserta. Dalam kesempatan ini, tiap instansi diminta untuk menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan ini.

Baca Juga  UNY Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Nasional

Salah satu perwakilan dari Kepak Sayap UNS menyampaikan bahwa sebenarnya dia dan teman-temannya masih tahap belajar dalam mengenal jenis-jenis burung pantai, mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

Kegiatan ditutup oleh ketua panitia kegiatan, Ika Nur Rahma dilanjutkan dengan packing dan kembali ke tempat masing-masing. Semoga kegiatan ini dapat diselenggarakan kembali tahun depan dan dapat menjadi perhatian bagi para take holder untuk lebih melestarikan tempat singgah burung-burung pantai migran khususnya di Muara Sungai Progo. (Aghnan)

About admin

UNY COMMUNITY – Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY – kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Autodays 2017

HIMA Otomotif Proudly Present Autodays 2017 Way To Reborn The Beginner Autodays kembali hadir menyapa …