Garuda UNY Team  Siap Berlaga di Korea Selatan | UNY COMMUNITY
Friday , 21 September 2018
Home / Garuda UNY / Garuda UNY Team  Siap Berlaga di Korea Selatan

Garuda UNY Team  Siap Berlaga di Korea Selatan

Garuda UNY Team (GUT) tengah mematangkan mobil listrik Garuda Hybrid 2018 (GH-18). Langkah itu untuk bersaing dalam International Student Car Competition (ISCC) 2018.

Ajang bergengsi internasional ini diselenggarakan Korean Automobile Testing and Research Institute (KATRI). Berlangsung di Korea Selatan pada 18-19 Mei 2018.

“Kompetisi ini mengawali perjalanan sekaligus menjadi runtutan prestasi kami di ajang internasional. Pada 2017 kami mendapatkan 1st Acceleration, 2nd Manuver, serta 1st Endurance dan mendapatkan predikat Best of the Best Hybrid Category dan Best Teamwork. Kami optimistis dapat predikat itu kembali,” ujar Ketua Tim GUT Gea Lurudancang saat latihan GH-18 di Stadion Maguwoharjo kemarin.

GH-18 merupakan kendaraan pembaruan dari generasi sebelumnya yaitu GH-17. GH merupakan kendaraan yang menggunakan konsep hybrid. Perpaduan dua tenaga penggerak motor listrik pada bagian depan dan mesin Internal Combustion Engine (ICE) di bagian belakang.

Baca Juga  Menwa Pasopati Raih Tiga Piala Dalam Lomba Gerakan Merah Putih III

Kendaraan GH-18 didesain dengan panjang 2.350 mm, lebar 1.350 mm dan memiliki berat 245 kg. GH-18 mampu melaju dengan kecepatan 100 km per jam.

“Untuk kendaraan seukuran hybrid, GH-18 tergolong ringan. Kendaraan ini juga memiliki akselerasi manuver, endurance yang baik, dan hemat bahan bakar,” ungkap Gea.

Beberapa persiapan pada kendaraan telah dilakukan guna mencapai target. Di antaranya mereduksi beban kendaraan dan menyiapkan spare part baru.

Pada akhir April 2018 tim beserta kendaraan sudah siap 95 persen hanya tinggal mengganti spare part lama untuk menguji kendaraan.

“Kami juga akan memaksimalkan latihan pada sisa waktu yang ada guna memastikan kendaraan tetap prima hingga kompetisi,” kata Gea.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Meraih Medali Emas Kompetisi Inovasi di Taiwan

Divisi autodesign Adhe Herlambang mengatakan bahwa progress tim mendekati kompetisi sudah maksimal. Pihaknya berharap memperoleh hasil terbaik.

Garuda UNY Team juga mempersiapkan kompetisi mobil formula Student Formula Japan 2018 pada September. Tim turut menyiapkan technical report kendaraan yang bertujuan menunjang penilaian kreatif teknologi yang diterapkan. 

sumber : radarjogja.co.id

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Malam puncak Dinamika #2

📽HIMA IPA UNY proudly present📽 Malam puncak Dies Natalis Pendidikan IPA UNY 2018 ke-11Dinamika #2 …