Kabar KampusPKM

Kuku Pesek, (Buku Saku Pendidikan Seks) Pencegah Kekerasan Seksual pada Anak

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan mengenai kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak. Banyaknya kasus kekerasan seksual terhadap anak ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah. Terjadinya kekerasan seksual pada anak ini menjadi bukti kurangnya atau lemahnya upaya pencegahan terjadinya kasus tersebut. Salah satu penyebabnya adalah orang dewasa yang masih merasa tabu dalam memberikan pendidikan seksual pada anak. Selain itu, orang dewasa  juga merasa kesulitan dalam memberikan pendidikan seksual pada anak karena terbatasnya pengetahuan tentang pendidikan seksual.

Penerapan Kuku Pesek di TPA KB Dharma Yoga Shanti
(gambar Penerapan Kuku Pesek di TPA KB Dharma Yoga Shanti)

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam tim PKM-M, yang beranggotakan Sischa Ariesta (Bimbingan Konseling/2013), Puji Nur Hidayat (PGSD/2013), Realita Mahanani (PGSD/2013), Guscipto (PGSD/2013), dan Andika Karisma Putra (Bimbingan Konseling/2014), tergugah untuk melakukan suatu upaya preventif pencegahan kekerasan seksual pada anak melalui program implementasi media Kuku Pesek (Buku Saku Pendidikan Seksual). Sasaran dari program ini adalah pendidik TPA KB Dharma Yoga Santi, Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga  Revika Niza Artiyana, Mahasiswa PGSD UNY Sabet Juara III Duta Bahasa Yogyakarta

Program pendidikan seks ini diawali dengan kegiatan Seminar Pendidikan Seksual yang dilaksanakan di TPA-KB Dharma Santi . Dalam seminar tersebut menghadirkan pembicara dari Lembaga Studi dan Pengembangan Perempuan dan Anak (LSPPA) Daerah Istimewa Yogyakarta, Ibu Ifa Ariyani. Seminar dihadiri oleh para pendidik dan orang tua siswa. Kegiatan selanjutnya adalah Workshop Penerapan Media Kuku Pesek. Workshop berisi penjelasan terkait penerapan atau penggunaan media Kuku Pesek oleh tim PKM kepada pendidik di TPA-KB Dharma Yoga Santi. Workshop ini bertujuan agar pendidik dapat menerapkan media tersebut kepada anak-anak di TPA Dharma Yoga Santi. Untuk  selanjutnya diadakan kegiatan Penerapan Media Kuku Pesek. Dalam kegiatan ini, pendidik menerapkan media Kuku Pesek kepada anak-anak di TPA KB Dharma Yoga Santi.

Kuku Pesek
gambar Media Kuku Pesek

Media Kuku Pesek ini berisi pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan dengan pendidikan seksual pada anak. Media ini terdiri dari empat bagian, yaitu pengetahuan mengenai bagian tubuh pribadi, siapa saja yang boleh menyentuh bagian tubuh pribadi, katakan tidak pada tindakan yang mengarah pada kekerasan seksual, dan hal apa yang harus dilakukan anak saat menghadapi tindakan yang mengarah pada kekerasan seksual. Media Kuku Pesek ini dilengkapi panduan dan lembar evaluasi.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Januari 2018

Melalui program ini diharapkan pendidik memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pendidikan seksual pada anak. Sehingga diharapkan dapat mencegah kekerasan seksual pada anak. Untuk ke depannya, pendidikan seksual pada anak menggunakan Kuku Pesek ini akan dimasukkan ke dalam kurikulum TPA KB Dharma Yoga Santi. Selain itu, TPA KB Dharma Yoga Santi juga akan menjadi fasilitator untuk memperkenalkan media Kuku Pesek ini ke TPA, KB, maupun PAUD di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penulis : Puji Nur Hidayat / PGSD/2013

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X