Pojok #UNYuTips

Hai Mahasiswa, 12 Part Time Berikut Wajib Kamu Coba Untuk Memantik Potensi Mandirimu

Hai, Mahasiswa! Hari gini masih belum percaya diri mengembangkan potensi? Padahal kalau rasa pede dan berani keluar dari comfort zone itu berhasil didobrak, bakal ada peluang besar di luar sana yang bisa dimanfaatkan. Ya, memanfaatkan peluang untuk bisa belajar mandiri misalnya, sekaligus belajar jadi manusia dewasa yang bisa juga kerja meskipun masih berstatus mahasiswa.

workparttimestudent
pic : studylink.com

Banyak kok yang sudah memilih nyambi kerja juga di tengah sibuknya nugas. Lumayan, buat nambah uang saku kan? Karena kebutuhan hidup makin kompleks, rasanya gak kece kalau hanya mengandalkan uang dari ortu atau beasiswa. Eh, tapi bingung lho mau kerja apa? Tenang gaes, kamu harus kenali dirimu dulu memiliki minat dan bakat di bidang apa sebelum memutuskan kerja supaya dalam menjalani pekerjaan itu bisa senang dan betah. Buatmu yang masih bingung, 12 jenis part time berikut bisa jadi referensi lho. Monggo, simak.

  1. Mendalami disiplin ilmu tertentu bisa menjadi bekalmu untuk menjadi guru privat. Kamu bisa bekerja di bawah naungan lembaga tertentu bahkan membuka usaha privat sendiri.
  2. Daripada sibuk pasang status di berbagai sosmed, menjadi penulis paruh waktu lebih bermanfaat kan? Kamu bisa menulis artikel online atau media cetak bahkan membuat web sendiri dan menekuni usaha itu.
  3. Yang memiliki skill servis laptop atau hp? Buka usaha jasa tersebut cukup menjanjikan lho.
  4. Kemampuan public speakingmu oke dan wilayah sekitarmu memiliki potensi wisata yang menarik? Jadi pemandu wisata lumayan kece tuh.
  5. Yang sangat mencintai jurnalistik, jadilah reporter kampus sekaligus proofreader yang baik. Sebab penghuni kampus membutuhkan berita terkini yang bisa mengubah hidup.
  6. Kata siapa menjadi kasir, waiter, koki paruh waktu, atau pemandu karaoke itu melelahkan? Profesi itu asik-asik aja kok. Biasanya pekerjaan ini banyak diminati mahasiswa.
  7. Jadi fotografer juga oke lho buat kamu yang hobi fotografi. Profesi fotografer outdoor juga bisa menambah kelihaianmu membidik view yang estetis dan unik.
  8. Kuliah di jurusan bahasa asing memiliki peluang luas untuk membuka usaha sebagai penerjemah. Coba aja kalau nggak percaya! Ini bukan mitos, ini fakta.
  9. Skill ngedit foto atau mendesain yang kamu miliki, jangan terhempas gitu aja. Banyak kok peluang kerja bidang itu.
  10. Yang jago banget di bidang merias wajah, bisa banget lho buka usaha makeupin para wisudawati. Usaha ini bisa kamu bangun dengan beberapa teman yang memiliki skill serupa, biar makin banyak yang memakai jasamu itu, gaes.
  11. Kalau enggan kerja yang di luar kampus, jadi asdos juga oke tuh.
  12. Kamu merasa percaya diri, supel, dan banyak bicara? Jadi penyiar radio
Baca Juga  Passion: Antara Realitas dan Harapan bagi Mahasiswa

part time aja! Profesi ini tidak akan mengganggu kuliahmu justru malah akan menambah pengalaman yang mengasikkan, percayalah!

Piye, gaes? Sudah ada gambaran dan dobrakan buat jadi pelaku kerja part time? Lekaslah gaes, sebelum menyesal di kemudian hari. Yang penting dari semua usaha itu, yang perlu memakai promosi, gencar juga melakukan promosi ya. Biar mangsa pasarnya makin merapat. Good job!

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X