Hidup Lebih Asyik Tanpa Ucapan yang Menyakiti Orang Lain | UNY COMMUNITY
Saturday , 16 February 2019
Home / Pojok #UNYu / Hidup Lebih Asyik Tanpa Ucapan yang Menyakiti Orang Lain

Hidup Lebih Asyik Tanpa Ucapan yang Menyakiti Orang Lain

Ada pepatah yang mengatakan “Mulutmu Harimaumu”, hal itu benar adanya. Perkataan yang tidak tepat akan merugikan orang yang berbicara itu sendiri. Belum lagi bila perkataan itu menyakitkan hati orang lain. Sangat luar biasa efeknya. Sekalipun permintaan maaf telah diucapkan, bukan tidak mungkin efeknya akan membekas dalam waktu yang panjang. Seperti paku yang telah terlanjur ditancapkan, sekalipun pakunya telah dicabut, lukanya masih tetap ada. Nah untuk menghindari hal itu, yuk kita cek tips agar lebih bijak dalam bertutur kata.

mulutmu-harimaumu

1. Tempatkan posisi kita pada posisi pendengar

Menempatkan diri kita pada posisi orang yang diajak berbicara. Tepa seliro, yang berarti menenggang perasaan orang lain. Kalau tidak mau dihina, jangan menghina orang lain.  Kalau tidak mau disakiti, jangan menyakiti orang lain. Sikap tepa seliro juga merupakan prilaku awal untuk belajar memahami perasaan orang lain.

Baca Juga  Hanya Mahasiswa yang Belum Lulus Tes TOEFL yang Merasakan Hal Ini

2. Jangan menghakimi orang lain.

Tanamkan pada pikiran bahwa setiap orang mempunyai pola pikir dan persepsi  sendiri yang dipengaruhi oleh lingkungan dan pendidikannya. Jangan merasa diri sendiri paling benar dan dengan seketika menganggap segala sesuatu yang tak sepaham dengannya adalah salah.

3. Segala sesuatu yang terucap harus dipikirkan dan dipertimbangkan

Jangan sampai karena emosi yang berlebihan, kata-kata yang keluar dari mulut akhirnya akan menjadi fitnah. Selain menjadikan hubungan dengan sesama menjadi rusak, ancaman dosa juga siap menunggu bagi pelaku fitnah.

Yuk, kita terapkan tips-tips di atas agar hubungan kita dengan sesama manusia makin indah dan asyik.  Jangan sampai membuat teman bersedih karena perkataan kita yang menyakitkan!

Baca Juga  7 Keuntungan pacaran dengan seorang guru

About Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Check Also

Lagi  Di Jogja? 6 Tempat ini akan Membuat Momen Pergantian Tahunmu Jadi Istimewa

Apa yang paling dinantikan di ujung Desember? Ada meriah kembang api, suara terompet dan topi …

X