Pojok #UNYuUNY Banget

Info buat Camaba ! Menengok Sebentar Kampus UNY Mandala Krida

Bagi sebagian calon mahasiswa pasti banyak yang bertanya-tanya , memangnya ada ya Kampus UNY Mandala Krida? Letaknya dimana? Fungsinya untuk apa? Kenapa bernama  UNY Mandala ? Jauh sebelum itu, mari kita ulur mundur terlebih dahulu kisah historis Universitas dengan jas almamater biru tua ini.

Pada jamannya, terdapat Fakultas yang mengkaji ilmu pedagogik di Universitas Gadjah Mada. Lambat laun, Fakultas ini terus berkembang kemudian memisahkan diri untuk kembali melebur dalam satu kesatuan bernama IKIP Yogyakarta. IKIP inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Universitas Negeri Yogyakarta.

Secara umum, kegiatan akademik, administrasi, ekstrakurikuler tingkat universitas dilakukan berpusat di Kampus Utama, Jalan Colombo Karangmalang. Namun, guna mendukung kegiatan keilmuan UNY juga memiliki kampus cabang atau kampus daerah yang juga digunakan sebagai tempat menimba ilmu.

foto : syahrul K

Kampus daerah tersebut tersebar di daerah dekat Mandala Krida, daerah Bantul dan terakhir di Wates . Adapun menurut peraturan terbaru kampus di daerah Bantul telah dialihfungsikan sebagai Laboratorium dan Sekolah Dasar Binaan UNY bernama SD Pedagogia.

Baca Juga  Anggraini Riandani, Mahasiswi UNY Lulus 3,5 Tahun ‘Tanpa Skripsi’

Untuk kali ini, kami akan menghimpun informasi khusus mengenai Kampus Mandala, simak baik-baik ya !

  • Nama Resmi Kampus Mandala Krida, Eks SPG pada djamannya !

Secara resmi Kampus yang dikenal sebagai Kampus Mandala karena letaknya yang bersebelahan dengan stadion terkemuka Mandala Krida ini adalah UPP 1 Kampus 2 FIP UNY .

Ya, betul sekali ! Kampus 2 ini diperuntukan untuk kegiatan keilmuan dan program studi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Jadi untuk kamu yang hendak memilih prodi terutama rumpun soshum FIP jangan lupa cek apakah kamu akan berkuliah di Kampus Pusat Karangmalang atau disini !

  • Kampus FIP Daerah? Jauh tidak? Letaknya ada dimana?

Untuk Kampus Mandala ini bisa ditempuh dari kampus pusat sekitar 10-15 menit sesuai kondisi kemacetan lalu lintas Yogyakarta. Atau kamu juga bisa menggunakan jaringan transportasi Bus Kota “TransJogja” dengan naik melalui Halte Rektorat atau Halte Plaza UNY yang menghadap barat.

Jika membawa dan atau memiliki kendaraan bermotor silahkan arahkan kendaraanmu ke jalan Kenari No 6, Semaki.

  • Ada prodi apa yang melaksanakan perkuliahan disini ?

Yang tersohor dari Kampus Jalan Kenari ini adalah adanya mahasiswa PGSD dan Psikologi yang melakukan perkuliahan disini. Menurut pengalaman penulis dan hasil wawancara singkat, pada tahun 2017 dimana tahun penulis masuk, mahasiswa Psikologi masih berkuliah disini diikuti PGSD Mandala. Namun, berdasarkan peraturan terbaru kini hanya mahasiswa PGSD Mandala yang berkuliah disana. Sehingga, bisa ditulis bahwa PGSD Mandala juga bagian dari Kampus UNY dengan nama Kampus 2 ya !

  • Fasilitas yang ada di Kampus UNY Mandala ada apa saja ?

Secara umum, kampus UNY Mandala terdiri dari ruang-ruang perkuliahan, lapangan parkir, ruang sekretariat organisasi himpunan mahasiswa dan perpustakaan. Yang menarik, aneka jajanan banyak tersedia di  kampus ini khususnya kedai dan lapak-lapak yang banyak menjamur di sekitaran stadion  karena banyak juga kampus dan sekolah di daerah Semaki ini seperti UAD, SKB Kota Jogja, hingga SMKN 6 Yogyakarta.

Baca Juga  Hari Terakhir, Sudah Daftar SBMPTN 2016?

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X