Pojok #UNYuTipsWisata

Ingin Berjelajah Keluar Negeri dengan Nyaman? Kuy Simak Tips-Tips Berikut Ini

Liburan adalah satu aktivitas yang disukai banyak orang. Terlebih dengan tuntutan zaman yang semakin banyak, tentunya kegiatan untuk melepas penat sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini liburan bisa menjadi salah satu kebutuhan dan gaya hidup lho. Nah salah satu pilihan berlibur yang dapat kamu pilih adalah traveling ke luar negeri. Kegiatan traveling ke luar ini juga cocok tak hanya bagi para pelancong saja, namun siapapun dapat menikmatinya. Apalagi bagi yang pertama kali ingin berlibur ke luar negeri tentunya menjadi hal yang menarik. Sebelum kamu mulai berjelajah ke luar negeri, ada baiknya beberapa hal ini perlu kamu simak dan sayang apabila kamu lewatkan. Tidak hanya tentang apa saja yang harus kamu siapakan tetapi  persiapan yang kadang sering dilupakan dan pilihan yang dapat membuat liburanmu menjadi mudah dan berwarna.

doc pribadi

Kuy simak beberapa tips berikut ini:

  1. Pilih destinasi negara dan tempat yang akan dikunjungi

Tentunya saat kita berlibur ke luar negeri merencanakan dan memilih destinasi negara yang akan dikunjungi menjadi hal pertama yang perlu dipersiapkan. Setelah kamu sudah mengetahui destinasi negara yang akan dikunjungi tentunya kamu bisa merencanakan liburan yang berwarna, termasuk tempat-tempat yang akan dikunjungi. Nah buat kamu yang masih baru atau pertama kali ke luar negeri, berkunjung dan menjadikan negara di salah satu kawasan Asia Tenggara bisa menjadi pilihanmu. Karena akan banyak hal yang akan berbeda saat pergi ke luar negeri dan perlu adanya adaptasi. Nah dengan mengunjungi negara di Asia Tenggara menjadi pengalaman pertama sebelum berjelejah ke negara lain yang perlu kamu coba.

  1. Tentukan budget dan bawa uang secukupnya

Menentukan Budget saat berlibur tentunnya merupakan hal yang penting dilakukan. Selain menghindari over budget juga bisa dapat memudahkan kamu untuk menentukan biaya akomodasi selama berlibur. Selain itu dengan kamu sudah menentukan budget juga dapat mempermudah berapa banyak uang yang harus kamu bawa. Agar uang yang kamu bawa tidak kurang atau berlebih. Karena jika uang yang kamu bawa berlibur terlalu banyak takutnya uang tersebut bisa hilang. Hmm kalau sudah begitu saat liburan nanti akan terasa repot bukan?. Solusi lainnya kamu juga bisa mencoba untuk membawa kartu kredit.

  1. Paspor, ID Card dan Tas Kecil
Baca Juga  Be Amazing With Sastra Inggris UNY

Hal yang paling penting dan nggak boleh ketinggalan tentunya passport dan ID Card. Ibarat ketika ingin masuk ke dalam suatu ruangan, paspor ini bagaikan kunci yang dapat membukanya. ID card juga penting dibawa saat berlibur. Jadi jangan sampai ketinggalan ya. Nah passport dan ID card ini penting saat proses check in dan waktu pemeriksaan imigrasi. Untuk mempermudah hal itu, kamu lebih baik membawa tas kecil agar mudah dikeluarkan saat diperlukan.  Nah saat sudah tiba pada negara tujuan, jangan sampai hilang waktu berlibur. Sebaiknya paspor selalu kamu bawa kemanapun pergi saat berlibur ke luar negeri.

  1. Siapkan Akomodasi selama berjelajah ke luar negeri

Menyiapkan akomodasi juga penting untuk disiapkan termasuk tempat menginap atau transportasi yang akan digunakan selama liburan. Selain memudahkanmu dalam berlibur, menyiapkan akomodasi tentunya juga bisa mempermudahkan kamu dalam proses imigrasi.

  1. Bawa pakaian dan barang yang perlu dibawa

Membawa pakaian secukupnya juga dapat membantu untuk tidak repot selama liburan. Kamu perlu memilih barang yang penting dibawa dan barang yang tidak penting dibawa. Dengan membawa barang secukupnya juga membantu kamu untuk tidak berlebih beban dalam bagasi. Dengan begitu kamu juga akan mudah sewaktu packing barang.

  1. Stock Makanan yang Mudah dibawa

Stock makanan bisa menjadi pilihanmu saat berlibur. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa perbedaan jenis dan rasa makanan akan terjadi. Hmm untuk kenyamanan saat berlibur sebaiknya selamatkan perutmu dulu. Stock makanan seperti mie atau makanan kering bisa menjadi alternatif saat kamu pergi berlibur.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan tentunya sangat diperlukan dan nggak boleh dilupakan selama liburan. Terutama obat-obatan yang sekiranya akan sulit didapatkan. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi ketika liburan.

Selain itu, ada beberapa persiapan yang sering dilupakan, tetapi juga penting untuk kamu siapkan. Nah berikut ini hal sepele tetapi penting kamu siapkan untuk kamu persiapkan:

  1. Prepare cross culture understanding

Saat kamu berlibur ke luar negeri tentunya akan ada beberapa perbedaan. Salah satunya adalah perbedaan budaya. Nah mempelajari budaya di negara yang menjadi destinasi liburanmu tentunya hal penting, namun sayangnya sering terlupakan. Selain meminimalkan adanya culture shock yang akan terjadi karena perbedaan, liburanmu juga bisa nyaman. Seperti halnya sebelum kamu datang ke negara tersebut, kamu juga bisa belajar apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan selama di negara tersebut.

  1. Mencetak dokumen penting lainnya
Baca Juga  Menggali Kembali ‘Spirit’ Bapak Pendidikan Nasional Melalui Museum Dewantara Kirti Griya

Selain paspor dan ID Card kamu juga perlu mempersiapkan dokumen penting lainnya. Seperti mencetak tiket pulang pergi, mencetak keperluan akomodasi yang sudah kamu bawa. Misalnya bukti pembayaran hotel atau tempat penginapan. Karena ini juga akan mempermudah kamu dalam proses imigrasi setelah tiba di bandara negara yang  menjadi tujuanmu berlibur.

  1. Kenali cuaca dan musim destinasi negara yang akan dikunjungi

Mengenali cuaca yang ada di negara yang akan kamu kunjungi tentunya juga penting, namun kadang lupa untuk disiapkan. Seperti halnya ketika kamu pergi ke suatu negara yang memiliki cuaca dan musim yang berbeda. Dengan mengenali cuaca dan destinasi negara yang akan dikunjungi kamu dapat membawa pakaian yang sesuai dan barang yang sekiranya dibutuhkan.

  1. Tulis Nomor-Nomor Penting

Menulis nomor-nomor penting saat berlibur juga menjadi hal penting. Namun terkadang lupa untuk menulisnya. Nomor tersebut bisa berupa nomor telefon keluarga yang bisa kamu hubungi apabila terjadi sesuatu hal. Aitau kamu juga perlu mencatat nomor Telefon KBRI jika memerlukaan bantuan saat kamu berlibur di luar negeri.

  1. Siapkan ravel adaptor universal

Benda kecil ini berguna saat kamu berlibur ke luar negeri namun juga kadang terlupakan bahkan tidak terpikirkan bagi kamu yang sedang ingin melancong ke luar negeri. Karena saat berlibur diluar negeri tentunya terdapat beberapa perbedaan soket listrik dan voltase antar negara. Jadi travel adaptor universal ini dapat membantu kamu selama berlibur.

Nah selain itu berikut ini pilihan yang dapat semakin mempermudah untuk berlibur ke luar negeri

  1. Ajak teman yang sudah berpengalaman ke luar negeri
  2. Tentukan jadwal packing dan jangan terlalu mepet jadwal berangkat
  3. Pahami tentang Airporting dan Internasional Flight
  4. Travel guide untuk mempermudah selama berlibur
  5. Peta offline untuk mempermudah kamu berjelajah selain Hand Phone
  6. Timbangan koper digital agar barang yang kamu bawa tidak overload

Itu tadi tips-tips jika kamu ingin berjelajah dan berlibur ke luar negeri

Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X