Ingin Kuliah di Ilmu Komunikasi UNY, Kamu Wajib Baca Ini! | UNY COMMUNITY
Home / intip Jurusan / Ingin Kuliah di Ilmu Komunikasi UNY, Kamu Wajib Baca Ini!

Ingin Kuliah di Ilmu Komunikasi UNY, Kamu Wajib Baca Ini!

Musim penerimaan mahasiswa baru telah dimulai. Semarak sekaligus persaingan sudah menabuh genderangnya .Menuntut kamu untuk SEGERA memulai dan memilih langkah yang akan ditempuh.

Dari sekian banyak pilihan, Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial siap menempa kamu menjadi Insan Media yang tidak hanya unggul dalam ilmu komunikasi tetapi juga aktif dan kreatif.

Berdiri semenjak tahun ajaran 2014/2015, kini diusianya yang menginjak empat tahun Prodi Ilmu Komunikasi UNY telah berhasil masuk ke dalam jajaran 10 BESAR PRODI  UNY dengan peminat terbanyak selain Manajemen dan Psikologi.

pic : youtube ilmu Komunikasi UNY

Hal ini telah membuktikan Prodi Ilmu Komunikasi layak menjadi pilihan pertamamu yang berminat menekuni disiplin ilmunya.

Lalu apa saja hal-hal mengenai Ilmu Komunikasi ? Berikut ini ulasan yang telah berhasil dihimpun admin :

  1. Sering dieja dengan sebutan ‘ILKOM’
Baca Juga  Coba Bikin Cemilan Berikut, Dijamin Bisa Nemenin Hari Kencanmu dengan si Doi

Prodi yang termasuk dalam kelompok Sosial dan Humaniora ini sering diakronimkan dengan ejaan ‘Ilkom ‘. Biasanya ,Ilkom juga ditulis dalam Bahasa Inggris menjadi ‘Communication’

  1. Persoalan Animo

Fakultas Ilmu Sosial UNY  menaungi delapan jurusan salah satunya Ilkom. Pada tahun akademik 2017 Ilkom berhasil menjadi prodi dengan peminat terbanyak kedua di FIS setelah Ilmu Administrasi Negara. Dengan jumlah peminat sebanyak 6.598 ,dapat dikatakan jika persaingan di dalamnya cukup ketat.

  1. Konsentrasi Jurusan

Hal lumrah jika beberapa prodi di perguruan tinggi memiliki penjurusan atau konsentrasi didalam disiplin ilmunya .Tidak kecuali Ilkom, yang akan memberikan pilihan konsentrasi jurusan pada mahasiswanya ketika memasuki semester lima Adapun penjurusan tersebut yaitu media dan komunikasi strategis .

Pada konsentrasi media ,mahasiswa akan mempelajari hal-hal terkait :

  • Pengelolaan jurnalistik
  • Media cetak
  • Penyiaran dsb
Baca Juga  Pesan Untuk Adikku, Mahasiswa Baru UNY 2016

Sedangkan pada konsentrasi komunikasi strategis, mahasiswa akan mempelajari hal-hal terkait :

  • Hubungan masyarakat
  • Periklanan
  • Komunikasi politik
  • Komunikasi publik
  1. Tidak hanya mempelajari ‘cara mengobrol dengan orang lain’

Waktu telah menunjukan jika manusia telah menghasilkan komunikasi yang berlangsung melalui ribuan cara. Namun, tidak semua manusia paham dan tahu bagaimana ‘metode’ berkomunikasi yang baik. Melalui jurusan ini kamu akan belajar lebih dalam mengenai aspek-aspek dan konsep komunikasi baik secara teori maupun praktik .

  1. Dari Sosiologi ,Politik ,Iklan hingga Fotografi dan produksi Film

Ilmu komunikasi akan membawa kamu mengenal lebih banyak fenomena komunikasi tidak hanya secara konsep dan teori. Melalui tugas-tugas lapangan yang seru seperti fotografi hingga produksi film akan  menggembleng sekaligus menambah khasanah wawasanmu. Kamu bisa merasakan langsung bagaimana menjadi ‘eksekutor’ di depan dan belakang layar.

  1. Peluang Karier yang BEJIBUN !
Baca Juga  Persiapan Menjelang Ramadhan Versi Anak Kost

Kamu pasti akrab dengan Najwa Shibab ,seorang pembawa acara fenomenal Mata Najwa. Beliau berkecimpung dalam dunia jurnalistik yang notabene dipelajari teori dan praktiknya dalam ilmu komunikasi. Sehingga bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang ‘Kuli Tinta’ hingga News Anchor  bahkan bekerja pada stasisun televisi ,Ilkom adalah pilihan yang tepat .

Demikianlah informasi yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber mengenai Ilmu Komunikasi …

So ,Tunggu Apalagi ?

Segera persiapkan dirimu agar bisa bergabung dengan Keluarga Besar Prodi Ilmu Komunikasi !

Selamat Berjuang !

Salam Komunikasi !

 “5W :Who ,says What ,in Which channel ,to Whom ,With what effect “

-Harold D. Laswell –

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Resensi Aroma Karsa ; (Romansa) Indra dan Mitologi Bumi Dwarapala

Penulis kawakan Dewi ‘Dee’ Lestari kembali meluncurkan buku terbarunya .Setelah sebelumnya sukses besar dengan novel …