Ingin Kuliah di Prodi Pendidikan IPS UNY? Simak Tips Berikut! | UNY COMMUNITY
Monday , 22 July 2019
Home / intip Jurusan / Ingin Kuliah di Prodi Pendidikan IPS UNY? Simak Tips Berikut!

Ingin Kuliah di Prodi Pendidikan IPS UNY? Simak Tips Berikut!

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu prodi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Prodi yang sudah terakreditasi A ini pada tahun 2019 memiliki total daya tampung 80 mahasiswa. Nah kali ini kita akan berbagi pengalaman tentang gimana sih rasanya kuliah di Pendidikan IPS UNY, narasumbernya Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS  UNY tahun 2018 (@bimapurba_)  nih.

sumber : himadipsos.blogspot.com

Program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai adaptasi atau penyesuaian dari ilmu-ilmu sosial yang dikemas dalam kegiatan ilmiah dan pedagogis untuk dunia pendidikan. Pendidikan IPS juga menjadi pemenuhan kebutuhan dasar sebagai manusia dalam masyarakat, sehingga mampu merespon fenomena-fenomena sosial. Pendidikan IPS UNY merupakan Pendidikan IPS terpadu dimana tidak mempunyai konsentrasi ke salah satu ilmu sosial, akan tetapi mempelajari secara komprehensif, memaknai suatu topik dari multidisiplin ilmu sosial. Ada beberapa poin nih yang bisa menjadi bekal kamu untuk melanjutkan kuliah di Pendidikan IPS UNY.

Susah Senang Kuliah di Prodi IPS

Di prodi Pendidikan IPS, kurikulum IPS dikemas secara integrasi sehingga memungkinkan melihat sebuah fenomena baik topik maupun  kejadian aktual dari berbagai perspektif ilmu sosial. Dari sisi akademik, hal ini akan menarik untuk dibahas di kalangan mahasiswa. Selain itu, ada berbagai softskill yang dikemas dalam mata kuliah, contohnya entrepreneurship, pengaturan kurikulum, cara mengajar, penguasaan teknologi komunikasi, hal ini yang menjadi dinamika tersendiri untuk mewarnai kegiatan pembelajaran agar tidak monoton. Berbagai hal ini yang menjadikan output mahasiswa kaya kompetensi dan menjadi daya tarik tersendiri kuliah di prodi Pendidikan IPS.

Baca Juga  RAHASIA Mainan Anak Edukatif Tanpa Bahaya Radiasi Gadget

Persiapan Kuliah di Pendidikan IPS

Sebagai modal dasar yakni niat dan komitmen dalam memajukan masyarakat dan dunia pendidikan khususnya Pendidikan IPS, kemampuan adaptasi dan hidup berdampingan dengan fenomena sosial akan mengiringi langkah dalam perjalanan mengenal Pendidikan IPS. Kemampuan komunikasi dibutuhkan dalam mewarnai proses adaptasi mengenal Pendidikan IPS karena Pendidikan IPS mempunyai output sebagai guru IPS SMP/MTS dan atau SMK.

Tips Kuliah di Pendidikan IPS

Kuliah di Pendidikan IPS tidak hanya belajar di ruang kelas. Ada beberapa mata kuliah yang bersifat proyek dan lapangan. Disini yang menjadikan pendidikan yang dekat dengan masyarakat. Mahasiswa mampu mengkaji fenomena sosial yang ada di masyarakat untuk kemudian didiskusikan sehingga mempunyai formulasi dalam penyelesaian kasus. Tips kuliah di Pendidikan IPS UNY antara lain yakni, mempunyai manajemen diri dalam mengatur baik waktu dan tenaga agar mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan akademis. Selain itu, untuk kegiatan upgrade kapasitas dan mendukung kegiatan akademik, di Pendidikan IPS terdapat wadah dalam mahasiswa mengembangkan kemampuan diri melalui organisasi intra kampus atau yang sering dikenal dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS. Berbagai kegiatan baik akademik dan non akademik ini yang membuat output berkualitas.

Tentang Tenaga Pendidik di Pendidikan IPS UNY

Baca Juga  Untukmu Ladies yang Sedang Mempersiapkan Hari Lebaran

Cara dosen dalam mengajar menarik. Hal ini di tunjukan dengan penyesuaian dalam metode belajar yang bervariasi dan mampu beradabtasi dengan perkembangan zaman. Penguasaan teknologi menjadi implementasi dalam dosen menyampaikan materi dan proses dalam mengkaji topik pembahasan. Selain itu, materi IPS yang berangkat dari fenomena sosial, menjadikan mahasiswa semakin dekat dengan hal-hal yang ada disekitar dan mudah dipahami. Tenaga pendidik IPS mempunyai latarbelakang yang cenderung konsentrasi pada ilmu-ilmu sosial, akan tetapi mampu melebur dan integrasi sesuai kebutuhan IPS dan core Pendidikan IPS yakni pendidikan karakter. Hal ini yang menjadikan proses belajar mengajar di Pendidikan IPS menarik.

Ciri Khas Prodi Pendidikan IPS

Hal yang membuat beda yakni, dilihat dari kurikulum Pendidikan IPS yang mengintegrasikan ilmu – ilmu sosial, sehingga proses pembelajaran tidak tampak kecenderungan konsentrasi pada salah satu ilmu sosial dan melihat topik atau matari dari berbagai sudut pandang ilmu sosial. Selain itu, dilihat dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS yang mempunyai formulasi program kerja yang selaras dengan kegiatan akademik dan mampu mendekatkan dengan masyarakat untuk merasakan fenomena yang lahir dari masyarakat. Keselarasan ini yang menjadikan mahasiswa mempunyai varisasi dalam mendinamikakan kampus dan menjadikan kampus sebagai miniatur kehidupan sosial dan berwarga negara yang baik.

Setelah membaca beberapa tips di atas, sudah ada gambaran tentang bagaimana prodi Pendidikan IPS UNY? Semoga bermanfaat dan semangat berjuang!

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Tempat Magang Bagi Mahasiswa

Untuk menuju dunia kerja, biasanya perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program magang di suatu …

X