Ingin Menjadi Calon Orang Tua Idaman? Kuliah di BK UNY Aja | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Ingin Menjadi Calon Orang Tua Idaman? Kuliah di BK UNY Aja

Ingin Menjadi Calon Orang Tua Idaman? Kuliah di BK UNY Aja

Anak adalah anugerah luar biasa yang dititipkan kepada para Ayah dan Ibu yang berperan menjadi orang tua di dunia ini. Setiap orang tua memiliki peranan penting dalam kehidupan anak. Setiap peranan pun mengandung tanggung jawab yang berbeda-beda. Misalnya nih, sebagai pengasuh anak, orang tua seharusnya memiliki tanggung jawab untuk memenuhi segala kebutuhan fisik anak, seperti sandang, pangan, papan, dsb.

Kemudian ketika orang tua memiliki peranan sebagai pendidik, maka orang tua harus bertanggung jawab  dalam memenuhi kebutuhan intelektual anak, seperti memberikan pendidikan yang layak agar sang anak mampu untuk mengenal nilai dan norma yang ada di sekitar lingkungannya. Dan ketika orang tua menjadi teman anak, maka orang tua memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan emosional anak, seperti memberikan kasih sayangnya yang melimpah, serta mengembangkan kecerdasan emosi mereka sehingga anak bisa menjadi pribadi yang bijak dalam mengelola emosinya.

Baca Juga  Perguruan Tinggi terbaik di Jepang
pic : instagram.com/himappbuny/

Duh, sepertinya berat ya menjadi calon orang tua yang ideal untuk anak? Oh siapa bilang. Di program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta kamu bisa menjadi salah satu calon orang tua idaman anakmu kelak. Kok bisa? Ya bisa, di Prodi BK UNY ada yang namanya program peminatan. Ada 2 program peminatan unggulan di Prodi BK, yaitu BK Keluarga dan BK Komunitas. Nah, kali ini yang akan kita kupas adalah peminatan di BK Keluarga.

Jika kalian menempuh pendidikan di Prodi BK UNY, saat memasuki semester 4, kalian akan diminta menentukan bidang mana yang kalian minati dan akan kalian dipilih. Apakah BK Keluarga? Ataukah BK Komunitas? Nah, jika kalian bercita-cita menjadi orang tua idaman anak, pilihlah BK Keluarga. Disana kalian akan memperlajari banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan keluarga. Mulai dari  belajar tentang psikologi keluarga, manajemen keluarga, pengasuhan anak, hingga problematika keluarga dan penanganannya. Jadi bukan hanya bisa menjadi orang tua idaman, tetapi juga membina keluarga yang ideal.

Baca Juga  Perjuangan Nisa Meraih Beasiswa Telah Sampai pada Titik Penghabisan

So, tunggu apalagi? Masih menganggap bahwa BK hanya berada di dunia sekolah formal? No, Prodi BK UNY bisa menjadi salah satu tujuan kamu kuliah jika ingin membangun keluarga yang semoga Sakinah, Mahwaddah, Warahmah.

About Dian Mariana Ulfa