Ingin Menjadi Mahasiswa Tangguh? Kuasai 7 Jurus ini | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 November 2018
Home / Mahasiswa Banget / Ingin Menjadi Mahasiswa Tangguh? Kuasai 7 Jurus ini

Ingin Menjadi Mahasiswa Tangguh? Kuasai 7 Jurus ini

Setiap perubahan nyatanya membutuhkan adaptasi. Begitu pula dengan kamu yang baru saja meninggalkan bangku SMA. Tak sabar rasanya untuk segera mencecap asam manis kehidupan kampus. Jantung pun ikut berdegup kencang membayangkan hari esok. Akan banyak hal baru yang akan kamu temui dan pelajari.

Tak melulu hanya belajar di dalam kelas dan mendengarkan ceramah yang seperti dulu kamu lakukan di bangku sekolah. Bisa meraih nilai A merupakan sebuah prestasi yang harus terus kamu kejar, namun tak ada salahnya juga untuk menjadi pribadi yang tangguh dan menyenangkan di kampus. 7 soft skill ini akan membuatmu menjadi yang terbaik!

1. Berjuang untuk tangguh dan tak lekas menyerah akan membuatmu jadi yang terbaik!

berjuang-untuk-tangguh-dan-tak-lekas-menyerah

Segala sesuatu yang baru pada awalnya memang membutuhkan penyesuaian. Sulit memang di awal. Apalagi bila kamu mahasiswa yang merantau dari luar kota atau bahkan luar pulau. Perbedaan kebiasaan, bahasa dan adat istiadat akan membuatmu merasa asing. Jangan lekas menyerah! Hadapi semuanya dengan tangguh. Jangan segan untuk berbagi cerita dan meminta bantuan. Semuanya akan terasa lebih ringan bila kamu mau berbagi dengan orang yang kamu percaya

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNY

2. Sudah jadi mahasiswa berarti harus lebih bisa memanajemen waktu ya!

Menjadi mahasiswa itu berarti kamu tak bisa lagi bersikap masa bodoh terhadap waktu yang kamu miliki. Jangan sampai karena kamu asyik dengan teman-temanmu tugasmu tak terselesaikan. Kalau sudah begini kamu sendiri yang rugi kan? Prioritaskan waktu menjelang ujian untuk belajar. Jangan lupa tunjukkan tanggung jawabmu ketika ada tugas kelompok, jangan main kabur-kabur dan cuma numpang nama aja ya!

3. Gak ada ruginya mengikuti perkembangan teknologi! Jangan gaptek!

gaptek

Dunia kampus adalah tempat yang selalu berhubungan dengan perkembangan teknologi. Tak ada salahnya kamu mengetahui apa saja software, aplikasi atau gadget yang  tengah menjadi trend. Teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia. Dengan mengetahui perkembangan teknologi yang relevan dengan jurusan kamu, kamu telah belajar lebih banyak.

Baca Juga  Pengen Kuliah di UNY ? Daftar SM UTUL Aja, Berikut Tips dan Triknya

4. Katanya kesempatan tak akan datang dua kali, makanya manfaatin baik-baik!

Businessman walking on the highway road to new city, symbolizing as the way to the new opportunity

Dunia kampus adalah dunia yang menawarkan banyak pilihan. Ada berbagai macam organisasi kemahasiswaan yang bisa kamu pilih untuk mengasah minat kamu. Berbagai gagasan yang menarik bisa kamu dapatkan. Kesempatan untuk mengenal banyak orang dengan beragam segmen bisa kamu peroleh. Bukan tak mungkin beberapa dari mereka akan menjadi koneksimu menuju jembatan kesuksesan Tak ada salahnya kamu memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya. Demi masa depan kamu kelak.

5. Memiliki kepekaan membaca situasi akan menguntungkan untukmu!

pekaan

Orang yang bisa membaca situasi memiliki kemungkinan lebih besar untuk sukses. Dia paham betul bagaimana menyikapi kondisi yang terjadi. Ketrampilan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja kelak. Terlebih seorang atasan jarang sekali secara gamblang mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya.

Baca Juga  5 macam penyakit mahasiswa

6. Fleksibel jadi orang! Pasti temanmu banyak deh!

fleksibel

Dunia kampus akan mempertemukan kamu dengan berbagai mahasiswa yang berasal dari latar belakang berbeda. Tak perlu cemas. Semuanya akan baik-baik saja selagi kamu menjadi orang yang fleksibel dan memilik kemampuan adaptasi yang baik. Nikmati saja. Kondisi ini akan membuatmu semakin kaya wawasan.

7..fokus…fokus

fokus

Fokus akan membawa kamu pada tujuanmu. Pancangkan tujuan awalmu sejak awal masuk kuliah. Tanamkan pada dirimu sendiri bahwa kamu harus mencapai tujuan itu, meski harus bekerja keras. Sebuah tekad diiringi kerja keras akan mengantarmu pada terwujudnya mimpi.

About Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Check Also

Tak Hanya di Jakarta, Ancol pun Ada di Jogja

Yup, kamu memang sedang tak salah baca. Ancol yang ini memang terletak di daerah perbatasan …