Ini Dia Animo Pendaftar PMB UNY 2017, CAMABA Wajib Baca | UNY COMMUNITY
Home / PMB UNY / Ini Dia Animo Pendaftar PMB UNY 2017, CAMABA Wajib Baca

Ini Dia Animo Pendaftar PMB UNY 2017, CAMABA Wajib Baca

Salam Perjuangan untuk kalian yang sedang menuju bangku kursi panas, yakni kuliah. Awal 2018 merupakan ditabuhnya genderang perang untuk mendapatkan kursi di perkuliahan. Bagaimana tidak, hampir seluruh Universitas baik Negeri maupun Swasta sedang gencar-gencarnya melakukan persiapan Penerimaan Mahasiswa Baru. Wah, harus gerak cepat nih! Dalam artikel kali ini, kami akan mengupas tuntas yang terbukti akurat tentang hal tersebut. Namun, disini kami akan mengulas mengenai Peminat Pendaftar di Kampus tercinta kami, Universitas Negeri Yogyakarta per-jalur masuknya! Penasaran dan mau bagian dari keluarga besar UNY? Bisa nih disimak dibawah! Check it out!

  1. SNMPTN

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Baca Juga  Ingin KKN Kamu Sukses? Ini Lho Tips Dari Penerjunan Hingga Penarikan

Dalam jalur SNMPTN sendiri, UNY diminati sebanyak 34,483 calon mahasiswa. Yang diterima sebagai mahasiswa hanya 1,405 mahasiswa. Wah, ketat sekali persaingannya!

  1. SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional. Ujian ini diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia. Sehingga buat kalian yang rumahnya jauh dari kampus impian kalian tak perlu bersusah payah ke tempat kampus impian kalian yang jaraknya jauh.

Bicara tentang SBMPTN, tahun 2017 UNY diminati sebanyak 57,571 pendaftar. Jumlah ini sangatlah banyak dibanding pendaftar pada jalur SNMPTN. Dari sekitar lima puluh ribu sekian pendaftar, hanya 1,947 calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di UNY. Persaingan semakin merajalela nih!

  1. SM Prestasi UNY

SM Prestasi? Apa sih itu SM Prestasi? SM Prestasi adalah seleksi mandiri yang dilakukan berdasarkan prestasi dan for your information seleksi ini tanpa tes tertulis. Cukup kamu yang memiliki prestasi akademik dan non akademik bisa mendaftar pada jalur ini. Terkhusus kamu yang Hafidz Qurán juga bisa mendaftar pada jalur SM Prestasi. Wah asik!

Baca Juga  Penat? 3 Tempat  di  FBS UNY Ini Bisa Kamu Sambangi!

Sedikit mengintip animo peminat SM Prestasi ini pada tahun 2017 jumlah pendaftar sebanyak 5,561 calon mahasiswa. Dan hasil akhir yang diterima dijalur ini sebanyak 670 calon mahasiswa saja. Wah, perjuangan banget!

  1. SM SBMPTN

Pada jalur SM SBMPTN tak lain halnya seperti SM Prestasi yakni tidak ada tes ulang. Untuk kamu yang sudah melakukan tes SBMPTN pada tahun pendaftaran tersebut maka kamu dapat pula mendaftar SM SBMPTN UNY dengan nilai SBMPTN yang kamu peroleh.

Sebanyak 23,325 calon mahasiswa mencoba pada jalur seleksi ini, namun yang diterima sebanyak 815 calon mahasiswa saja. Berminat mencoba? Persiapkan dirimu guys!

  1. SM UTUL

SM UTUL adalah jalur seleksi yang mana di dalam seleksinya menggunakan sistem CBT dan PBT. SM UTUL sendiri dalam dunia PMB UNY tahun 2017 menempati peringkat kedua pendaftar terbanyak setelah Jalur SBMPTN. SM UTUL dilaksanakan di area Yogyakarta.

Baca Juga  Hai, Maba! Semoga Hari Awal Kuliahmu Mempesona!

Pada tahun 2017 sebanyak 36,451 pendaftar dan yang diterima sebanyak 1,342 calon mahasiswa. Tapi jangan berkecil hati, siapa tahu jalanmu berada disini.

Nah, rasa penasaran kalian sudah terjawab belum tentang jalur masuk UNY dan animo pendaftar pada tahun 2017? Pasti sudah kan? Bagaimana persiapanmu untuk dapat duduk dan mendapatkan gelar mahasiwa UNY? Sudah berapa persen? Sudah maksimal? Jangan lupa disertai doa juga yaaaaaaa! Ingat satu kalimat, siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil! Kami tunggu di UNY, nanti kalau ketemu mimin jangan lupa disapa yaaaa! Salam sukses untuk kalian calon generasi penerus bangsa yang hebat! Jia You! Ganbatte Kudasai!

About Diah Ayu KW

Mahasiswa tingkat empat jurusan Manajemen Pendidikan yang mencoba peruntungan menjadi seorang penulis.

Check Also

Sedikit Intip Jurusan Manajemen Pendidikan UNY, Untukmu Calon Mahasiswa Baru!

Mendengar kata manajemen mungkin tidak lagi asing ditelinga kita. Tetapi dengan manajemen yang ditambahi embel-embel …