Pojok #UNYuTips

Coba Bikin Cemilan Berikut, Dijamin Bisa Nemenin Hari Kencanmu dengan si Doi

Kamu bosen dengan kencan yang gitu-gitu aja? Cuman sekadar jalan-jalan terus makan gitu? Kalau bosen, kamu bisa lho coba bikin aneka kreasi masakan buat si doi hehe. Biar pas lagi jalan-jalan gitu, cemilan yang kamu masak bisa nemenin kalian selama jalan-jalan. Terus cemilan apa aja yang bisa dibikin? Yuk coba bikin. Simple-simple kok.

  1. Kroket pisang keju

Sesuai namanya, cemilan ini menggunakan bahan utama pisang. Kan nggak semua orang suka pisang tuh, apalagi kalau si doi emang bener-bener nggak suka pisang kamu bisa mensiasatinya dengan cara yang lain. Terus gimana bikinnya? Gampang banget kok. Bahan yang kamu butuhkan pisang, tepung pisang (tepung instant yang buat goreng pisang gitu), tepung panir, telur, dan keju. Caranya juga gampang banget. Pertama, kamu harus kukus pisang dulu biar empuk gitu. Nah kalau udah lumayan empuk ditiriskan terus ditumbuk halus. Setelah daging pisang udah jadi adonan gitu tambahkan kurang lebih 3 sdm tepung pisang terus diuleni bareng daging pisang. Terus dibentuk bola-bola gitu, jangan lupa bagian tengahnya diisi potongan keju. Kalau udah, bola-bola tadi digulingkan pada tepung pisang-kocokan telur-tepung panir. Terus digoreng hingga warnanya golden brown. Jangan sampai gosong ya hihi. Perpaduan pisang yang manis dan keju yang gurih hmm yummy. Boleh dicoba lho.

  1. Pizza mie
pic : cookpad.com

Kalau resep ini emang udah mainstream banget ya hihi. Ya, meskipun udah mainstream banget, sudah pernahkah kamu masak pizza mie buat si doi? Kalau belum, boleh dicoba nih. Bahan utamanya pake mie. Kamu juga bisa lho pake mie instant gitu terus bumbunya juga kamu pake. Misalnya nih si doi suka mie goreng rasa rendang, nah daripada kamu bikin mie instant gitu-gitu aja, bisa dikreasikan dengan bikin pizza mie. Bahan yang kamu butuhkan cukup mie instant (rasa sesuai selera), telur, sosis, daun bawang, dan minyak goreng. Langkah pertama, rebus setengah matang mie instant lalu tiriskan. Setelah itu masukkan mie ke dalam kocokan telur. Campurkan mie beserta kocokan telur tersebut dengan bumbu, daun bawang, dan sosis. Ditambah bumbu penyedap lain juga boleh lho. Nah kalau udah tercampur rata, panaskan minyak pada teflon. Terus masukkan mie tersebut ke dalam pan. Jangan lupa dibolak-balik ya, takutnya gosong hihi. Nah kalau udah jadi dipotong sesuai selera terus sajikan dengan saos lebih mantap. Oh iya ditambah dengan parutan keju juga enak lho. Selamat mencoba!

  1. Burger tempe
Baca Juga  Ini Lho Rincian Biaya Kuliah Di UNY
pic : dapurkobe.co.id

Kalau mau masakin si doi yang rada mewah gitu, nih kamu bisa coba bikin burger tempe. Burger kan biasanya isiannya pake daging gitu. Nah biar ada kreasi-kreasinya gitu, kamu bisa mengganti daging  dengan tempe. Bahan yang dibutuhkan ada roti bun, tempe, telur, keju slice, tepung terigu, tepung panir, selada, tomat, timun, bawang bombay, garam, lada, saos dan mayonnaise. Pertama, kukus tempe terlebih dahulu sampai empuk. Kalau udah empuk terus dihancurkan sampai halus. Adonan tempe dicampur dengan telur dan dibumbui dengan lada dan garam (atau bumbu sesuai selera). Setelah itu bentuk menjadi pipih lalu balurkan pada tepung terigu-kocokan telur-tepung panir. Setelah itu digoreng hingga golden brown. Tahap terakhir yaitu penyajian. Susun roti bun yang sudah dipanggang sebentar, selada, potongan bawang bombay, tempe, keju slice, timun dan tomat. Lalu beri saos dan mayonnaise. Terakhir tutup dengan roti bun. Fix, ini resep enak banget. Si doi bakal makin sayang sama kamu hihi.

  1. Okonomiyaki
Baca Juga  Dear Maba ; Inilah Perjuanganmu Setelah Menyandang Gelar Mahasiswa
pic : blueapron.com

Kalau resep nomer 3 di atas kan berbau khas Barat, nah kalau yang ini khas Asia, yup dari Jepang. Kalau cara Indonesia-nya sih semacam kayak bakwan gitu hihi. Soalnya bahan utamanya telur dan tepung terigu, mirip-mirip kayak bakwan gitu. Bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, telur, minyak goreng, kobis, sosis, bakso, lada, garam, saos dan mayonnaise. Caranya juga gampang banget. Pertama, masukkan tepung dalam wadah lalu tambahkan air dan telur. Diaduk hingga adonan tidak terlalu encer. Setelah itu masukkan potongan kobis, sosis, dan bakso lalu dibumbui sesuai selera. Setelah itu panaskan minyak pada teflon. Kalau udah panas, masukkan adonan tersebut. Jangan lupa dibalik ya yang bagian atasnya hihi. Kalau udah sajikan dengan saos dan mayonnaise. Oiya, tambahkan dengan katsuoboshi juga enak lho.

  1. Ayam tabur bumbu
pic : klimg.com

Nah kalau resep terakhir ini dijamin paling simple. Bahan yang kamu butuhkan cukup ayam yang udah dipotong kecil-kecil, minyak goreng, dan tepung terigu. Pertama balurkan potongan ayam pada tepung terigu terus digoreng deh. Nah habis digoreng kamu taburkan dengan bumbu-bumbu bubuk gitu. Kan sekarang udah banyak tuh yang jual bumbu bubuk gitu, kayak bumbu rasa keju, barbeque, pizza dan lain-lain. Tahap akhirnya kamu tinggal shake potongan ayam yang udah kamu goreng dengan bumbu selera kamu. Ini pas banget buat dibawa jalan-jalan hihi.

Masakin buat si doi nggak ada ruginya kok gaes. Malahan si doi makin sayang sama kamu. Daripada jajan nggak jelas, bolehlah sesekali pas lagi kencan kamu masakin buat doi. Biar lebih hemat juga hehe. Silahkan dicoba gaes resepnya.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X