Ini Dia Pesan Rektor UNY Kepada 2.012 Wisudawan di GOR UNY | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Ini Dia Pesan Rektor UNY Kepada 2.012 Wisudawan di GOR UNY

Ini Dia Pesan Rektor UNY Kepada 2.012 Wisudawan di GOR UNY

Setiap orang yang masuk perguruan tinggi tentu saja ingin juga segera lulus dari segala hal yang ada di perguruan tinggi. Normalnya, kuliah memang dilaksanakan selama empat tahun. Namun, terkadang ada saja hal-hal yang menghalanginya. Ya mau gimana lagi, namanya juga hidup, kadang keinginan tidak sesuai dengan kenyataan.

Berbicara soal wisuda, Universitas Negeri Yogyakarta –Bertepatan dengan peringatan Hari Guru pada 25 november 2017 mewisuda 2.012 mahasiswa dari jenjang D3 sampai S3 di GOR UNY. Wow angka yang cukup besar!

Kebimbangan setelah wisuda memang menjadi hal yang biasa dialami para fresh graduate. Bingung antara kuliah lagi atau menikah dengan si doi. Tapi, daripada tenggelam dalam bingung-bingung yang lain lebih baik kita simak pesan-pesan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.

Baca Juga  Inilah Cara Mengetahui dan Mengolah Potensi Diri

Berpikir Kritis dan Dapat Memecahkan Masalah

Selama menjadi mahasiswa kita belajar banyak hal. Dari kuliah, organisasi, seminar, dll. Namun, ketika kita sibuk menggapai mimpi kita, jangan lupa bahwa lingkungan kita begitu bergerak dengan cepat. Era globalisasi ini membuat para fresh graduate harus siap mengalami setiap perubahan. Maka, berpikir kritis dan dapat memecahkan masalah yang ada di masyarakat menjadi salah satu hal yang penting ketika kamu menghadapi dunia yang sebenarnya.

Kreatif dan Inovatif

Globalisasi yang menghubungkan seluruh dunie membuat setiap orang harus mampu menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif. Jika, setelah lulus malah bingung mau berbuat apa, atau galau gara-gara tidak diterima lembaga atau perusahaan idaman. Maka menjadi pekerja kreatif merupakan hal yang dapat membantu. Apalagi, dunia bisa digenggam saat ini menjadikan setiap orang harus benar-benar kompetitif dalam berbagai hal.

Baca Juga  Dengan Restu Rektor, Garuda UNY Siap Taklukan SFJ 2017

Mampu Berkomunikasi dan Berkolaborasi

Nah, ini adalah salah satu hal yang sangat penting. Kenapa kok komunikasi dan kolaborasi penting? Karena kamu akan sangat ketinggalan zaman jika tidak mampu berkomunikasi dengan baik. Apalagi Indonesia saat ini tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kalau kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain, kita akan ketinggalan informasi dan kesempatan untuk belajar sesuatu yang lebih besar. Kenapa kolaborasi? Karena kita adalah makhluk sosial, jadi dalam melakukan kegiatan di masyarakat kita akan selalu berhadapan dengan orang banyak yang membutuhkan kerjasama.

Peka Terhadap Permasalahan Sekitar

Indonesia saat ini sangat sensitif menyoal sosial dan budaya. Sebagai cendekiawan, kamu tidak bisa diam saja melihat hal-hal yang terjadi di sekitarmu. Ini sangat penting, mengingat pengetahuan hasil belajar bertahun-tahun di universitas sudah saatnya diterapkan. Sebagai seorang sarjana, kamu dituntut untuk turun tangan langsung menanggapi permasalahan sosial maupun budaya di hadapanmu, sehingga Indonesia bisa lebih baik di tanganmu.

Baca Juga  JOB FAIR dan EXPO UNY 2015

Selamat untuk 2.012 wisudawan yang telah diwisuda semoga menjadi Guru yang mencerdaskan kehidupan bangsa, semoga bermanfaat untuk sekitarnya, dan semoga segera diterima jadi menantu oleh calon mertua!

About Diana Sri Suryani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016

Check Also

Hal-hal Berikut ini Akan Membuatmu Kian Mantap Kuliah di UNY

Masuk ke kampus impian memang menjadi salah satu goals yang ingin dicapai setiap orang. Tujuan-tujuan …