Pojok #UNYu

Sedang Suntuk Belajar ? Coba Yuk 11 Spot Pilihan Untuk Nugas Sekitar Kampus UNY

Laporan praktikum atau tugas makalah merupakan salah satu ‘santapan wajib’ bagi mahasiswa. Tak jarang, tugas yang menumpuk membuat kita strees dan juga kewalahan atau burnout. Belum lagi diperlukan banyak referensi yang harus menjadi pendukung untuk menyelesaikan aneka tugas. Untuk itu, sesekali kita perlu penyegaran atau suasana baru untuk menyegarkan pikiran tanpa harus melalaikan selesainya tugas. Apalagi jika mampu menemukan sebuah space untuk belajar dengan suasana yang kondusif, aliran internet yang lancar juga cemilan enak yang menemani. Sebagai bentuk dukungan untukmu, berikut ini EDISI SPESIAL dari tim redaksi yang menceritakan beberapa referensi tempat nugas khususnya yang lokasinya tidak jauh dari kampus UNY serta sudah mendapat beberapa ‘bintang approved’ dari para netizen. So, let’s check this out !

  1. Perpaduan Kopi Enak di Legend Coffe van Kotabaru

Salah satu tempat nugas dan juga berkumpul yang sudah terkenal di Yogyakarta adalah Legend Coffe di daerah Kotabaru. Sesuai namanya, Legend Coffe menyediakan aneka jenis kopi dan juga camilan. Legend coffe berada tidak jauh dari pusat keramaian Kota Yogyakarta . Jika dari arah UNY , kurang lebih dengan berkendara pada kecepatan normal akan sampai 7-10 menit.

foto : Hadiwijaya Sasanadi

Berdasarkan pengalam penulis terakhir kali ke Legend Coffe, pada siang hari banyak yang memilih tempat ini untuk nugas atau meeting. Makanannya enak dengan porsi cukup banyak serta tersedia ruangan indoor atau outdoor. Selain itu, karena berlokasi di daerah Kotabaru yang banyak cagar budaya khususnya peninggalan zaman kolonial, memberikan vibes tersendiri saat mengerjakan tugas. Sekilas, suasananya mirip seperti kafe Tekodeko di Kota Lama Semarang,

Legend Coffe Kotabaru (@legendcoffe) 4,6/5 : Jalan Abu Bakar Ali no 24-26 , Kotabaru Yogyakarta

  1. Sabi #jalan10menit untuk Nugas di Bento Kopi Klebengan
foto : David Rusdiyono

Masih diarea dekat kampus UNY, pergilah ke arah GOR Klebengan. Tidak jauh darisitu terdapat Bento Kopi Klebengan yang juga jadi salah satu rekomendasi untuk berkumpul bersama anak ormawa kemudian dilanjutkan dengan nugas. Menunya lengkap mulai dari camilan hingga maincourse. Jika dari arah UNY, cukup 3 menit dengan menggunakan kendaraan menyeberangan ke jalan samping GOR kemudian masuk lewat Gang Manggis maka Bento Kopi tidak jauh dari area tersebut.

Bento Kopi Klebengan (@bentokopi.jogja) 4,5/5 , Karangwuni Depok Sleman , 800 meter dari UNY.

  1. Dekat dari Kampus, mampir ke Burjo Borneo Lembah UGM

Lokasi kampus UNY yang juga dilingkari oleh kawasan lembah di daerah Karangmalang membuat potensi bisnis makanan juga menjamur diarea tersebut. Posisinya yang strategis karena dilewati dan dihimpit oleh dua kampus ternama Yogyakarta, membuat daerah yang sering disebut sebagai lembah UGM ini banyak dilewati oleh masyarakat umum dan mahasiswa.

foto : Riansyah Rizky Poetra

Pada lokasi inilah, terdapat tempat nugas rekomendasi langsung dari pimpinan redaksi yaitu Burjo Borneo.Dikemas dengan konsep seperti ciri khas burjo pada umumnya, tempat ini cocok untuk bersantap berat dan mengerjakan tugas kuliah yang ringan sampai sedang seperti mereview buku atau makalah.*(karena suasananya kadang ramai). Meski begitu menu-menu disini patut kamu coba atau sekadar melipir melepas penat setelah seharian berkuliah.

Baca Juga  Inilah Tim PKM UNY 2020 yang Lolos Pendanaan!

Berdasarkan pengalaman penulis berkunjung ke cabang Selokan Mataram (daerah jalan Wahid Hasyim) , banyak yang nugas disini , menunya enak apalagi nasi goreng dan gepreknya. Bahkan ada menu khas seperti nasi kuning Kalimantan.

Burjo Borneo by Bolodewo (burjo_borneo) 4,4/5 , Cabang Karangmalang Caturtunggal Sleman, area Lembah UGM.

  1. Coffe with love dari Rumah Budhe

Berada diseberang Fakultas Teknik UNY, Rumah Budhe menjadi salah satu kedai favorit anak UNY. Mengusung tema kedai yang nyaman untuk dikunjungi, Rumah Budhe menyajikan suasana yang homey, rileks, dan tenang meski lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Salah satu yang khas dari Rumah Budhe adalah varian es kopi yang legit berpadu dengan sensasi dingin. Bahkan, ada tagline terkenal dari mahasiswa jika kedai ini terasa seperti rumah sendiri.

Rumah Budhe Coffe (@rumahbudhecoffe) 4,7/5 , Jalan Gambir seberang FT UNY Karanggayam Depok Sleman Yogyakarta

  1. Nyamannya Membaca & Nugas di Perpustakaan Kota Yogyakarta

Tempat nugas selanjutnya yang menjadi rekomendasi tim redaksi adalah, Perpustakaan Kota Yogyakarta atau sering dikenal dengan akronim “Puskot belakang Gramedia”. Sebagaimana umumnya perpustakaan, Puskot Kota Yogyakarta memiliki fasilitas sumber referensi, tempat kondusif , mushola, dan juga aliran internet memadai. Lokasinya juga strategis berada di pusat kota, sebagai patokan puskot ini diampit oleh dua toko buku kenamaan yaitu Gramedia dan Togamas.

Puskot Yogyakarta (@puskotjogja) 4,7/5, Jalan Suroto no 9 Kotabaru Gondokusuman Yogyakarta sekitar 7-10 menit dari UNY.

  1. Tempat Referensi Komplet di Gudang Arsip dan Perpustakaan Grhatama Pustaka

Perpustakaan selanjutnya yang ada di Yogyakarta adalah  Balai Yanpus Yogyakarta atau sering disebut Grhatama Pustaka. Sama seperti perpustakaan pada umumnya, konsep yang diusung adalah rumah arsip dan rumah referensi dengan skala yang lebih besar. Berdasarkan pengalaman penulis ketika terakhir kali berkunjung, Grhatama Pustaka dilengkapi dengan ragam fasilitas mumpuni mulai dari koleksi buku dan arsip pendidikan yang melimpah bahkan penulis yang kala itu mencari arsip berbahasa Belanda dapat menemukan serta meminjam ditempat ini.

Grhatama Pustaka (balaiyanpus.dpaddiy) 4,8 /5 , Jalan Janti Banguntapan Bantul sekitar 15-20 menit dari UNY.

  1. Estuary Coffe to #EstuaryWorkSpace

Kafe enak untuk nugas selanjutnya adalah Estuary Coffe. Kafe ini dikemas dengan suasana modern namun dipadukan dengan konsep “close friend with nature” ini cocok bagi kamu yang sedang suntuk dan ingin melihat suasana alam namun sembari tetap mengerjakan tugas. Dari segi konsep masakan, kafe ini mengusung konsep fusion Indonesia- Westren. Berdasarkan pengalaman penulis berkunjung pada event kolaborasi dengan media Hipwee yang diadakan di tempat ini, kopi susunya enak, wifinya kencang, suasananya tenang. Yang menjadi ciri khas adalah konsep bangunan yang mengusung konsep bukaan dengan kaca. Lokasi kafe yan dekat dengan bantaran Sungai Code menambah sensasi rileks dan tenang.

Estuary Cafe (estuary.id) 4,6/5 , Gang Code Karangjati Wetan Sleman Yogyakarta.

  1. Punya Kita Sendiri ; Perpustakaan Pusat Kampus UNY & Digilib UNY

Tak lengkap rasanya jika tidak mengulas juga sudut UNY yang cocok untuk mengerjakan tugas kuliah. Warga UNY patut berbangga sebab terdapat dua fasilitas kebanggan yang dapat digunakan untuk mengerjakan tugas hingga mengerjakan skripsi yaitu Perpustakaan Pusat UNY yang sudah terintegrasi dengan Digilib di dekatnya. Perpustakaan UNY juga menyediakan akses kepada para alumni dengan menggunakan kartu alumni.  Informasi mengenai Digilib UNY pernah kamu ulas sebelumnya, dan dapat dibaca melalui pranala berikut

Baca Juga  Tips Mengerjakan Tugas Kelompok Ala Mahasiswa #UNYu

Perpustakaan Pusat Kampus UNY & Digilib, 4,7/5 , Jalan Colombo no 1 Kompleks UNY Pusat

  1. Eks Kolf Bunning; Jogja Library Center , ‘Hidden Gem Perpustakaan ’ di Malioboro

Terselip di hiruk-pikuk Malioboro, siapa sangka terdapat  perpustakaan yang berlokasi tidak jauh dari palang kereta Stasiun Tugu yaitu Jogja Library Center atau biasa disingkat JLC.  Berkonsep seperti umumnya perpustakaan, tempat ini terdiri dari dua lantai dan menyediakan banyak koleksi langka hingga koran-koran lawas dan arsip berharga. Lokasinya sendiri sebenarnya berada tepat di tepi jalan raya dan jantung pusat keramaian kota namun memang masih banyak yang belum mengetahui perpustakaan ini. Bangunannya sendiri juga merupakan bagunan cagar budaya yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Berdasarkan pengalaman penulis datang kesini, suasananya tenang meski banyak lalu lalang kendaraan. Perpustakaan ini terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan tempat untuk belajar. Perpustakaan ini dilengkapi dengan wifi gratis, sumber bacaan khususnya mengenai  topik sejarah yang memadai. Para petugas dan staff yang ramah juga sangat cekatan membantu menemukan koleksi yang kita tanyakan. Kami pernah juga mengulas edisi khusus perpustakaan ini yang dapat dibaca melalui pranala berikut

Jogja Library Center 4,7/5 : Depan Halte Malioboro , dideretan toko pada no 175 daerah Sosromenduran Yogyakarta

  1. Tempat Untuk ‘EXCHANGING KNOWLEDGE’ di Antologi Collaboractive Space

Masih di area sekitar kampus UNY-UGM ada jawara tersembunyi untuk tempat nugas dan atau diskusi yaitu Antologi Collaboractive Space . Seperti namanya, tempat ini mengusung konsep sebagai rumah untuk diskusi tapi bisa bekerja sekaligus minum kopi. Berdasarkan pengalaman terakhir datang ke tempat ini untuk menyaksikan launching program dari Sekolah Pagesangan  (@sekolahpagesangan), Antologi menyediakan space  luas untuk ragam komunitas yang dipadukan dengan konsep bangunan minimalis-industrial sehingga menyuguhkan suasana yang bebas namun hangat.

Jogja seolah tidak mengenal habisnya kata kreatif, Antologi Collaboractive Space (@antologispace) 4,5/5 Gang Gayamsari II No 9C Karangwuni CT II , Depok Sleman Yogyakarta.

  1. Sensasi Nugas dan Ngopi Sore ala Sinyo-Noni di Kumpeni Kopi

Yogyakarta menyimpan banyak jejak peninggalan bersejarah yang pada berjalannya waktu dimanfaatkan ulang. Salah satunya adalah bangunan bersejarah di daerah Kauman Yogyakarta.Sebuah bangunan kolonial kemudian disulap menjadi sebuah kedai bernama Kumpeni Coffe. Kesan homey dan klasik yang dipadukan dengan aneka menu hidangan menarik serta suasananya yang kondusif, menjadi daya tarik untuk mengerjakan tugas sembari menikmati sensasi menelusuri mesin waktu kembali ke masa kolonial.

Berdasarkan pengalaman penulis saat berkunjung, menu disini enak terutama menu bitterbalen. Disini juga terdapat menu es krim.Suasananya cukup kondusif untuk nugas dan belajar. Kami juga pernah mengulas edisi khusus mengenai tempat ini yang dapat dibaca melalui pranala berikut

Kumpeni Coffe (kumpeni.coffe) 4,6/5 , Jalan Nyai Ahmad Dahlan , Kauman Yogyakarta

 Selamat mengeksplor !  

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X