Kamu Lelah dengan Rutinitas Kuliah? Coba Baca Beberapa Tips Berikut | UNY COMMUNITY
Monday , 22 April 2019
Home / Pojok #UNYu / Kamu Lelah dengan Rutinitas Kuliah? Coba Baca Beberapa Tips Berikut

Kamu Lelah dengan Rutinitas Kuliah? Coba Baca Beberapa Tips Berikut

Rutinitas kuliah yang padat belum lagi tugas yang segunung kadang membuat rasa lelah datang. Apalagi tugas yang deadline hampir bersamaan, dari pagi ke malam selalu menghantui dan menganggu pikiran. Atau kegiatan kuliah yang itu-itu aja juga dapat membuat rasa bosan kian menghampiri. Belum lagi kalau berada di semester atas, beban tersebut kian terasa. Pernah nggak sih sambat tentang rutinitas kuliah? Atau pernah nggak kepikiran bahwa tugas kuliah yang banyak membuatmu ingin cepat menikah?. Daripada pengen cepat nikah karena lelah dengan rutinitas kuliah atau bingung harus gimana, yaudah yuk baca tips ini

1. Kenali Penyebabnya

pic : instagram.com/nggil_warga.setempat/

Pertama kali yang dapat dilakukan adalah mengenali penyebabnya. Ini penting loh, karena dari sini sebenernya diri sendiri bisa mengetehaui apa penyebabnya. Lelah dengan rutinitas kuliah bisa terjadi karena kelelahan emosional atau alasan yang lain. Coba ya dibahas, biar para pembaca setia unycommunity semakin paham. Pernah nggak suatu ketika berada pada fase tertentu. Kamu merasa sangat capek, bawaannya pengen ‘ngegas’ terus, kehilangan semangat, atau energi berasa sangat habis. Hal itu terjadi karena kamu sedang melakukan banyak aktivitas yang tinggi. Kalau iya berarti yang sedang terjadi dirimu sedang mengalami kelelahan emosional. Terus yang bisa dilakuin adalah cobalah untuk menyediakan waktu untuk beristirahat dan mengakui apa yang sedang kamu rasakan. Mengakui tentang perasaan yang tidak baik bukan berarti kamu pribadi yang lemah kok. Selain itu, coba deh makan makanan yang sehat dan rajin olahraga.

Baca Juga  [Mungkin] Ini Alasan Orangtuamu Belum Mau Kenal dengan Orangtua Calon Pasanganmu

2. Cari Teman untuk Bersandar

Sumber: id.techinisa.com

Setelah kamu mengetahui penyebabnya kamu juga teman untuk bersandar. Kata “bersandar” disini maksudnya adalah teman yang bisa diajak untuk berkeluh kesah. Kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan bercerita. Hal penting saat kamu ingin bercerita adalah coba pahami dulu teman yang akan kamu ajak curhat atau “sambat” hehe. Ini perlu loh, alasannya karena kadang kita hanya butuh didengarkan dan dipahami, tapi bukan yang belum tau masalah yang sesungguhnya kita langsung dapat kata yang enak gitu atau kaya istilahnya langsung “ngejudge” ke kita.

3. Sediakan Waktu untuk Me Time

Sumber: piah.com

Me time atau waktu untuk diri sendiri sangatlah penting. Me time yang bisa kamu lakukan bisa dengan menyediakan waktu beristirahat atau melakukan hal yang menyenangkan seperti hobi. Siapa tau dengan kamu melakukan me time kamu bisa me-recharge tenagamu yang habis atau semangatmu yang pudar.

4. To Do List Kegiatanmu

sumber: freepix

Jangan lupa untuk selalu membuat list kegiatan dan tugasmu. Intinya belajarlah untuk menentukan skala prioritas. Kebanyakan kegiatan juta nggak bagus untuk dirimu. Kamu perlu mengurangi kegiatan yang kurang penting atau kegiatan yang bisa ditunda. Sama halnya dengan tugas, kamu juga perlu membuat list, alasannya karena untuk melakukan tugas yang sekiranya untuk mengerjakan mendekati deadline, sehingga kamu tidak merasa terbebani.

Baca Juga  Do we (mahasiswa) need ‘Ruang Sendiri?

5. Pulang ke Rumah

Sumber: ranchaspot.com

Bagi kamu yang anak rantau, cobalah untuk sesekali pulang ke rumah. Atau yang tidak anak rantau coba sediakan waktu untuk dirumah. Hal ini dapat berpengaruh positif, dengan pulang kamu bisa membangkitkan semangatmu dan mengingat tujuan di rumah. Ingat bahwa orang tua sudah susah payah untuk melihat anaknya memakai seragram layaknya tokoh Harry Potter atau seragram wisuda, seperti yang pernah di katakan oleh Rektor UNY yaitu Bapak Sutrisna Wibawa

6. Apresiasi Diri Sendiri

Sumber: Doc Pribadi

Ingatlah bahwa dirimu adalah seseorang yang wajib dicintai dan diapresiasi. Apalagi tidak dipungkiri bahwa tugasmu yang banyak dan segala usaha, apresiasi itu perlu. Coba kamu apreasisasi diri kamu sendiri, karena dari situlah apresiasi terbesar itu muncul. Cara yang bisa kamu lakukan adalah memberikan dirimu reward atau hadiah seperti membeli minuman atau makanan kesukaanmu

Nah itu beberapa tips saat kamu sedang lelah berkuliah..semoga membantu yaa

About Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Check Also

Pengen Kuliah di Psikologi UNY? Kuy Baca Artikel Ini

Pernah nggak sih mendengar tentang program studi Psikologi? Entah itu dari teman, orang tua, guru, …

X