Pojok #UNYuTips

Kamu Pemburu Beasiswa? Kuy Simak Tips-Tips Berikut Ini

Hallo pembaca setia unycommunity.com ! Kamu sedang bingung mencari beasiswa? Bingung gimana cara mendapatkannya?. Nah jangan risau, kali ini ada beberapa tips yang sayang banget buat kamu lewatin. Tunggu apalagi? Kuy simak tips berikut ini:

  1. Tentukan Beasiswa yang Ingin Kamu Dapatkan
pic by freepix. com

Sebelum mencari beasiswa alangkah lebih baiknya kamu harus menentukan terlebih dahulu beasiswa yang kamu inginkan. Kebanyakan orang sulit untuk mencari beasiswa yang dibutuhkan karena sebelum mencari belum menentukan beasiswa yang ingin didapat. Seperti halnya kamu ingin beasiswa untuk tujuan apa. Tujuan yang jelas untuk mendapatkan beasiswa akan mempermudah kamu. Semisal apakah kamu menginginkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan, memperoleh beasiswa di dalam atau luar negeri, membantu kuliah, atau mendapatkan uang saku. Setelah mengetahui tujuan kamu, maka dengan mudah kamu akan mendapatkan beasiswa yang diinginkan dan sesuai kebutuhanmu.

  1. Rajin Mencari dan Pantau Terus Informasi Tentang Beasiswa

Langkah selanjutnya setelah mengetahui tujuan untuk mendapatkan beasiswa sesuai kebutuhan, hal yang nggak boleh dilupakan adalah rajin mencari dan pantau informasi tentang beasiswa. Adanya kemajuan teknologi informasi, kini semua informasi mudah diakses termasuk tentang beasiswa. Kamu bisa mencarinya di interenet dengan memasukan keyword sesuai beasiswa yang kamu inginkan. Semisal saja beasiswa S1 dalam negeri. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti akun yang berisi informasi beasiswa di instagram atau akun sosial media lainnya. Setelah kamu mendapatkan informasinya jangan lupa terus pantau ya, jangan sampai ketinggalan tentang beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Catat Informasi dan Syarat-syaratnya
pict by freepik.com

Hal yang perlu diperhatikan adalah mencatat informasi dan syarat-syarat penting saat ingin mendapatkan beasiswa. Ini bisa jadi poin yang bisa kamu perhatikan. Biasanya pendaftaran beasiswa terdapat beberapa tahap seleksi. Salah satunya adalah seleksi administrasi. Pemilihan untuk mengadakan seleksi administrasi ini untuk memudahkan adanya pemilihan peserta yang lolos tahap berikutnya. Salah sedikit bisa saja tidak lolos, jadi perhatikan betul-betul info dan syarat-syaratnya ya. Termasuk syarat ketika kamu sudah lolos tahap berikutnya. Semisal pihak beasiswa meminta beberapa berkas pendukung lainnya. Seperti halnya pihak penyelenggara beasiswa memintamu untuk mengirimkan tulisan berdasarkan tema yang ditentukan. Maka do the best! Berikan yang terbaik sesuai ketentuan yang diplih, jangan menyiapkan terlalu mendadak atau hampir mendekati deadline.

  1. Upgrade diri Kamu
Baca Juga  Refleksi Diri Perjalanan Kuliah dari Tiap Semester

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat kita memilih beasiswa dibutuhkan beberapa kriteria. IPK yang bagus tidak melulu jadi satu-satunya penentu kamu bisa lolos. Butuh kriteria yang lain dan untuk mendukung itu semua kamu perlu nih upgrade diri kamu. Lakukan hal positif seperti aktif berorganisasi, aktif ikut kegiatan di kampus maupun luar kampus, asah skillmu sehingga nanti bisa membantu kamu untuk memperoleh beasiswa. Semisal saja salah satu penyelenggara menyertakan syarat untuk kemampuan berbahasa inggris, maka kamu perlu mengasah kemampuan bahasa inggris. Jadi IPK tinggi nggak cukup, kamu perlu untuk memiliki kemampuan yang dapat membuatmu dilirik sebagai penerima beasiswa.

  1. Berdoa

Ini adalah tips yang nggak boleh terlewatkan yaitu berdoa. Setelah kamu berusaha, ada baiknya kamu berdoa untuk diberikan hasil yang terbaik. Apapun nanti hasilnya kamu sudah melakukan usaha yang terbaik.

Baca Juga  Alasan Klasik Mahasiswa yang Terlambat Datang Kuliah

 Jika Sudah Dapat, Manfaatkan Dengan Baik

freepix.com

Jika sudah dapat, selamat kamu sudah terpilih!. Eitss.. jika memang mendapatkan beasiswa, manfaatkan beasiswa tersebut sebaik mungkin ya. Hal ini mengingat kamu sudah terpilih dan ada banyak orang yang menginginkan posisimu.

  1. Jika Belum, Kamu Sudah Berusaha dengan Hebat. Ayo Coba Lagi!

Saat kita berusaha memang nggak selamanya selalu berhasil. Kadang kita perlu gagal terlebih dahulu, untuk mendapatkan yang terbaik nantinya. Sedih memang ada, tapi jangan lupa untuk mencoba lagi dan jangan nyerah. Ingat manfaatka  waktu dengan baik dan tentunya upgrade dirimu.

Itu tadi beberapa tipsnya, semoga kamu diberikan yang terbaik untuk mendapatkan beasiswa. Semoga Membantu

Zidni Khasanah

Mahasiswi Prodi PG PAUD yang kebetulan suka jadi teman main anak kecil dan penyuka dunia kepenulisan. 😄 | Blog: http://zidni24.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X