Kata-Kata Ajaib yang Sering Dijumpai di Kost-Kostan | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Kata-Kata Ajaib yang Sering Dijumpai di Kost-Kostan

Kata-Kata Ajaib yang Sering Dijumpai di Kost-Kostan

What’s up guys?

Menjadi mahasiswa adalah sebuah niscaya untuk menjadi anak kost-kostan terutama kamu para perantauers sedjatie. Gimana gengs kesan kamu ketika menyandang predikat sebagai anak kost-kostan? Deg-degan takut dimarahin Ibu kost karena belum bayar uang listrik? Atau dimarahin tetangga kamar gara-gara menjadi penyanyi kamar mandi? Atau lupa nggak jemur cucian di tempat jemuran karena males ke lantai tiga? Atau sering makan rendang dan soto koya dalam versi mie instan karena akhir bulan lagi kanker? Hallo, please tahu banget ya hehe.

Tapi, tahu gak sih kalau bukan hanya hal-hal itu saja yang sering kamu jumpai di kost-kostan. Yang lebih antimainstream adalah tulisan-tulisan ajaib yang wajib buat kamu inget, seperti mengingat kerling dan senyum seseorang yang kamu jumpai pertama kali dan bikin hatimu deg-degan, sedeg-degan ketika ketemu Ibu kost. What are they? Gotta.

  1. Hemat Air = Bijaksana.
pic : .ytimg.com

Yups. Tulisan yang pertama ini biasanya ditempel di pintu kamar mandi. Dengan tujuan apa? Benar sekaleee, yaitu untuk mengingatkan para penghuni kost yang sukak bet nyalain kran tapi sengaja lupa ( lupa kok sengaja ya?) nggak matiin kran. Semacam ngajak pedekate tapi berujung pada HTS. Hiks. Okay, kembali ke mantan, eh laptop. Ini nih, wahai jiwa-jiwa penghuni kost, apalagi Maba, kamu harus wajib banget buat menghemat air saat tidak digunakan. Menggunakan seperlunya dan jangan sampai tumpeh-tumpeh, key. Air di kostan bukan Danau Toba ya gengs yang berlimpah ruah. Kalau tidak, uang kost naik, tanggung sendiri yes. Nah itu, catet ya berdasarka maklumat warga kost, hemat air sama dengan bijaksana. Walaupun kata seseorang, bijaksana itu ketika kita bisa move on melihat dia bahagia dengan orang lain.

  1. Jangan Cuma Mantan yang Dibuang, Sampah Juga ya Cantiks !
Baca Juga  Boleh Saja Kuliah Sambil Kerja, Tapi Perhatikan Hal Berikut
pic : brilio.net

Nextttt. Ini nih reminder buat para jombloers. Yups, masalah kebersihan ini sangat sangat sensitif terutama bagi anak kost-kostan cewek. Tahu kan ya,kalau kebersihan itu sebagian dari iman? Kata mbak-mbak sih gitu. Okay, kadang sebagai manusia biasa, bukan kayak Goblin ya yang bisa datang dan pergi sesuka hati (kayak dia yang udah, gak jadi ding), kita sering banget lupa membuang sampah. Entah membuang sampah di tempatnya, atau membuang gundukan tempat sampah yang sudah penuh dengan kenangan eh yaampun pleas,e sampah ke TPA. Nah, oleh karena itu mohon diperhatikan ya guys, biar kehidupan kost bisa aman tentram damai sejahtera sentosa, baiknya bijak dalam menjaga kebersihan. Fix.

  1. Jangan Cuma Rapi Saat Baris-Berbaris, Parkir Juga ya Gengs !
pic : bukalapak.com

Yohooo. Kamu mahaiswa masih sering upacara? Hallo, sebagai mahasiswa yang baik kamu udah pasti pinter lah yak masalah baris berbaris saat upacara. Nah kepintaran kamu itu bisa juga diaplikasikan dalam memarkir sepeda motor atau sepeda atau bahkan mobil di garasi kost-kostan. Nggak mau kan kalau kendaraan kita tergores (bukan kendaraannya sih kak tapi h-a-t-i), karena parkir kita yang kurang rapi euy. Nah, dengan demikian disinilah kamu bisa belajar toleransi sesama warga kost gaessss. So, parkir yang rapi ya!

  1. Pulang diatas JMA, Gerbang Dikunci Tanggung Sendiri.
Baca Juga  Tengoklah Bapak-Ibumu “Pulanglah Nak ....”

JMA? Apasih? Jam Malam Akhowat, atau singkatnya Jam Malam lah yak intinya. Beberapa kost ada yang menerapkan JMA, ada juga yang tidak. Nah, bagi kamu yang ada peraturan perundang-undangan tentang JMA ini, wajib banget merhatiin jadwal kapan pulang ke kostan, terutama kamu para aktivis-aktivis sejati yang sering pergi pagi pulang pagi (itu mah Armada keleus). Biasanya sih jam malam ini sekitar jam 21.00 atau 22.00. Sebenarnya JMA ini tentu dibuat dengan tujuan yang baik sih, apalagi buat mahasiswa perempuan yang notabene-nya juga masih menjunjung nilai-nilai ketimuran. Simpel sih biar nggak keluyuran malem-malem (note: kecuali memang ada keperluan yang genting bin  gawat darurat ya gaess). Mending kalau keluyuran ketemu sama Goblin, kalau ketemu malaikat pencabut nyawa yang pakai topi, how?

  1. Setelah Memakai Piring, Segera Cuci ya Biar Nggak Numpuk Kayak Tumpukan Tugas.
Baca Juga  Sepenggal Jumpa dengan Pemilik Segudang Ilmu, Pak Tou
pic : brilio.net

Nah ini nih yang sering mengundang empati. Ceilee empati, kayak kartu perdana aja kak. Iyap, kadang emang sih kalau udah habis makan kan kenyang tuh, habis tu mager, habis tu ngantuk. Nah ujung-ujungnya piring dan sendok Cuma ditaruh di tempat cucian gengs, mager buat nyucinya, iya gak sih? Eits untuk sekali dua kali sih wajar, it’s acceptable. Tapi, ladang bertoleransi untuk memahami keberagaman warga kost ini memang sering menggelitik kesadaran kita sebagai mahasiswa. Nggak mau kan kalau tempat cucian penuh dengan tumpukan piring ala-ala etalase perabotan dapur gitoe? Selain mengganggu pemandangan, terkadang juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Nah, makanya jangan cuma tugas numpuk aja yang dikerjain, nyuci piring yang numpuk juga tuh, biar istriable gitu.

Okay, nah itu tadi adalah sederet kata-kata yang bakal kamu jumpai di kost-kostan. So, bukan peraturan kost yang membuat kita sulit. Tetapi sikap berlapang dada dan sadar akan toleransi sesama warga kost itulah yang paling penting dalam membangun keharmonisan rumah tangga, eh keharmonisan kost. Suka typo euy. Selamat menjadi warga kost yang baik. Warga kost yang baik adalah calon menantu ideal

About Retna Ikawati

Pengagum Bau Hujan, Se-Bar Nada-Nada dan Aroma Buku Baru

Check Also

Kelezatan Mie Ayam Pak Slamet Selamatkan Kantong Mahasiswa

Mie lagi, mie lagi. Nasib anak kost memang harus pandai-pandai mengatur uang jajan. Sebab belum …