Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Teknik Sipil itu? | UNY COMMUNITY
Saturday , 15 December 2018
Home / intip Jurusan / Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Teknik Sipil itu?

Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Teknik Sipil itu?

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai teknik sipil. Termasuk saya pun awalnya bertanya-tanya apa yang dipelajari oleh mereka “mahasiswa teknik sipil”. Bagi masyarakat yang tak tahu menahu tentang jurusan ini, mereka hanya bisa mengintuisi jurusan ini. Berintuisi bahwa lulusan teknik sipil mungkin kerjana tidak jauh dari pekerjaan “pegawai negeri sipil” atau bekerja di kantor “catatan sipil”. Intuisi semacam itu disebabkan karena adanya kata “Sipil” dalam jurusan tersebut, maka prospek masa depannya pun pasti berkisar dengan “sipil”, menjadi Pegawai Negeri Sipil atau bekerja di kantor Catatan Sipil misalnya.

pic : instagram.com/civil_idaman/

Namun Intuisi tersebut ternyata kurang benar. Teknik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang rekayasa bangunan-bangunan sipil dan mempelajari bagaimana akibat pembangunan bangunan/gedung terhadap masyarakat sekitar. Bangunan sipil yang dimaksud di sini ialah bangunan yang dibangun untuk ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas. Misalnya gedung sekolah, rumah sakit, jalan raya, jembatan, dan masih banyak lainnya.

Awal masuk jurusan teknik sipil, mahasiswa akan dihadapkan tentang dasar-dasar fisika dan kimia. Alasanya agar mahasiswa dapat ingat kembali mengenai konsep-konsep fisika dan kimia yang telah dipelajari di bangku SMA. Selain itu, mahasiswa teknik sipil juga akan belajar mengenai keseimbangan gaya-gaya. Bagi yang sudah belajar teknik sipil, konsep “aksi dan reaksi” mungkin sudah tak asing lagi didengar. Konsep “aksi dan reaksi” dipelajari dalam kesimbangan gaya-gaya karena konsep dasar ini iallah reaksi gaya yang diterima besarnya harus sama dengan aksi yang diberikan terhadap reaksi tersebut sehingga akan terciptanya keseimbangan antara aksi dan reaksi dalam sebuah keadaan.

Baca Juga  Dara Alumni FMIPA UNY Ini Punya Misi Terus Lestarikan Budaya Jawa

Ada banyak cabang-cabang ilmu teknik sipil, di antaranya cabang ilmu struktur, transportasi, hidro, geoteknik, dan manajemen konstruksi. Semua cabang itu memiliki ranah dan wilayahnya masing-masing. Cabang ilmu struktur akan mempelajari bagaimana cara membangun sebuah bangunan agar aman dan sesuai dengan kaidah-kaidah teknik sipil. Cabang transportasi akan mempelajari rekayasa transportasi perkotaan, proses pembuatan jalan, serta bagian-bagian jalan. Cabang hidro akan mempelajari bangunan-banguna air, jaringan irigasi, serta perilaku air tersebut, misalnya pembuatan “bendungan”. Cabang ilmu geoteknik akan mempelajari sifat-sifat tanah, jenis-jensi pondasi, serta bagaimana “merekayasa pondasi” agar sesuai dengan keadaan tanah. Sementara cabang ilmu manajemen konstruksi akan mempelajari bagaimana pelaksanaan proyek, anggaran biaya proyek, hingga pengelolaan waktu plaksanaan proyek.

Mengenai prospek masa depan, jurusan teknik sipil merupakan jurusan yang dapat dipertimbangkan. Pembangunan infastruktur yang tak pernah sepi merupakan peluang kerja yang dapat dimasuki oleh mereka lulusan teknik sipil. Selain bekerja di bidang konstruksi, lulusan teknik sipil juga dapat bekerja sebagai penilai bangunan. Jurusan teknik sipil pun dapat bekerja di Kementrian Pekerjaan Umum (PU), yaitu kementrian yang mengurusi berbagai hal terkait pemebangunan fasilitas dan infrastruktur negara.

Baca Juga  5 Sesuatu yang Cukup Bikin Deg-degan bagi Mahasiswa

Selain itu, teknik sipil pun dapat memasuki badan-badan pemerintahan seperti Badan Perencanaan Nasional, Badan Perencanaan Daerah, bahkan Dinas Tata Kota dan Pertamanan pun bisa dimasuki oleh teknik sipil. Jika ingin bekerja di BUMN pun banyak sekali BUMN yang dengan lapang dada menyambut lulusan teknik sipil, seperti musalanya Waskita Karya (BUMN yang mengurusi di bidang Banguna Gedung), Cipta Karya (bidang perencanaan), Hutama Karya (bidang Jalan dan Jembatan), dan masih banyak lainnya.

Bagaimana? Sudah paham kan apa itu Teknik Sipil? So, buang jauh-jauh rasa ragu kalian mengenai jurusan yang satu ini. Lagipula, yang namanya Rejeki, Jodoh dan Umur sudah ada garisannya masing-masing kan?

About Andan Prayoga

Kutu Buku yang suka makan makanan pedas|

Check Also

5 Hal Yang Wajib Kamu Tahu Dari PGSD Penjas UNY

Masih ingatkah kalian siapa guru olahraga Sekolah Dasar kalian? sosok yang telah menanamkan kepada kita …

X