Pojok #UNYuTips

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur

Alhamdulillah puasa sudah berjalan kurang lebih 2 minggu ya. Bentar lagi lebaran yeee. Nah berbicara soal bulan puasa, yang paling identik kan acara buka puasa tuh. Tapi selain itu juga ada sahur, yaitu makan atau minum di jam-jam sebelum subuh gitu. Jam-jam sahur kan rata-rata sekitar jam 3 pagi sampai 4 pagi. Buat yang belum terbiasa bangun di jam segitu pada hari-hari biasa (selain bulan puasa), pasti pas bulan puasa lebih banyak ngantuk. Sehingga banyak orang yang melanjutkan tidur setelah sahur. Padahal tidur setelah makan nggak baik lho buat kesehatan. Nah berikut ada tips buat kamu kegiatan yang bisa dilakukan setelah kamu sahur, biar kamu nggak tidur lagi.

1. Habis sahur jangan tidur, kalau waktunya adzan segera shalat subuh

Jangan-tidur-sehabis-sahur
pic : gambar.co

Ya ampun kan jeda waktu antara imsak sampai subuh nggak jauh banget, masa’ langsung tidur sih? Sayang banget lho. Shalat subuh dulu ya, nanti kamu bakalan fresh kalau udah kena air wudhu di pagi hari. Inshaallah nggak ngantuk lagi deh. Oiya jangan lupa setelah sahur sikat gigi dulu ya, biar kotoran makanan nggak menempel di gigi. Habis itu baru wudhu dan shalat deh.

Baca Juga  Masakan Sederhana Untuk Pasanganmu yang Kurang Fit

2. Membaca

0913833611d1595b4b13038cd5e501f3
pic : esquire.co.id

Membaca itu lebih enak dilakukan di pagi hari lho, karena suasananya hening dan nyaman banget. Kamu bisa baca buku sejarah, novel, cerpen, atau apa aja deh. Disarankan buku ya, alias tulisan yang sudah dalam bentuk hardcopy, bukan baca status teman di sosial media. Sayang banget lho kalau pagi-pagi mata kamu udah kena radiasi cahaya dari handphone kamu. Jadi lebih baik membaca buku ya.

3. Senam di halaman rumah

Olahraga-di-puasa-1
pic : vdsenam.com

Nah kalau kamu udah selesai sahur dan shalat subuh, kamu bisa lho melanjutkan aktivitas untuk senam. Buat para mahasiswa nih yang jarang olahraga, kan sekarang udah musim liburan tuh, nah waktu pagi-pagi ini bisa kamu manfaatin buat senam. Udaranya seger banget lho, belum ada polusi. Kamu bisa nih rutin buat senam di masa liburanmu, siapa tahu bisa turun lho berat badanmu hihi. Ditambah lagi lari-lari kecil di sekitar rumah juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga  Karakter Mahasiswi UNY Berdasarkan Fakultasnya

4. Gowes keliling kampung

mudik-2015-klaten-bersinar-gowes-bersepeda-pagi
pic : stepforwalk.wordpress.com

Kalau lagi males senam, kamu bolehlah cari alternatif lain, yap salah satunya gowes alias sepedaan gitu. Keliling rumah aja gengs, nggak usah jauh-jauh. Inget puasa lho, jaga stamina juga.

Nah kegiatannya positif kan gengs? Dengan ini kamu kan nggak akan tidur lagi setelah sahur. Manfaatkan waktu sebaik mungkin ya.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close