Pojok #UNYuUNY Banget

Kehidupan Kampus UNY Di Era New Normal

Halo sobat #UNYu gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja. Pasti udah pada kangen kampus kan? Nongkrong di taman, ke kantin favorit, ngerjain tugas di Digilib, atau ngobrol di taman alas randu. Menyenangkan pastinya kalau bisa kembali ke kampus saat ini. Namun sayangnya, kita harus menunggu dulu hingga benar-benar kondisi membaik sebelum datang ke kampus. Pelaksanaan kuliah offline/tatap muka direncanakan berlangsung pada bulan November 2020. Itupun belum menjamin kita bisa segera kuliah, masih melihat situasi serta perkembangan terkini Covid 19. Tapi tenang saja, bagi kamu yang kangen kampus kita kasih gambaran mengenai kondisi kampus saat ini. Terjadi beberapa penyesuaian dalam menghadapi pandemi covid 19.

Yuk kita mulai jalan-jalannya. Akses pintu masuk dibatasi beberapa saja, bahkan dianjurkan lewatnya dari Gerbang utama. Kemudian, saat masuk kita sudah disambut dengan thermogun (alat pengukur suhu tubuh) yang dibawa oleh satpam kampus. Jadi siapa saja yang masuk kampus wajib melakukan pengukuran suhu, sebagai deteksi awal terhadap penyebaran covid. Masuk nih bagian kampus, kita akan mendapati di berbagai sudut kampus ada wastafel/tempat cuci tangan yang disediakan lengkap dengan sabun.

Hal mencolok lainnya yaitu terdapat tanda silang (X) dibeberapa tempat duduk, baik ditaman, didalam gedung bahkan didalam ruangan. Tanda tersebut mengartikan untuk kita tidak duduk ditempat tersebut, agar senantiasa menjaga jarak satu sama lain. Sama halnya dengan beberapa tanda seperti garis, yang digunakan sebagai batas atau jarak antrian. Misalnya di loket tempat pengambilan surat, depan lift, bahkan di dalam lift juga ada tanda tersebut.

Baca Juga  5 macam penyakit mahasiswa

Taman Depan Pasca UNY

Beberapa pelayanan kampus dialihkan ke online, akan tetapi ada beberapa yang tetap dilaksanakan offline. Beberapa gedung belum beroperasi secara penuh, ruang kelas jarang ada yang terbuka. Beberapa mahasiswa yang ke kampus saat ini, biasanya mengurus surat-suratan, ngerjain tugas, melakukan penelitian tugas akhir. Memang kampus terasa sepi di masa pandemi, semoga semuanya akan kembali normal dan kita bertemu di kampus yang kita rindukan. Teman-teman yang punya pengalaman lain ke kampus di Era New Normal bisa berbagi ceritanya. Akhirnya, beberapa upaya penyesuaian kampus tersebut harus diikuti dengan kesadaran tiap individu didalamnya. Menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, serta bentuk pencegahan lainnya wajib kita lakukan sehingga tidak terjadi penularan Covid 19 saat kita melakukan aktifitas di kampus.

Baca Juga  Hai Anak Kost; 4 Masjid di sekitaran UNY Ini Memberikan Buka Puasa Gratis Loh!

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X