Pojok #UNYuTips

Kenapa harus dapat IPK tinggi? Ini alasannya

Siapa sih mahasiswa yang gak pengen dapet IPK tinggi? Apalagi sampai cumlaude. Hampir semua mahasiswa pasti mengidam-idamkan IPK tinggi buat bikin diri mereka dan orang tua bangga. Selain itu, IPK tinggi dapat membuat mahasiswa cukup mudah mendapatkan beasiswa atau pekerjaan. Perlu banget diketahui kalo IPK itu ibarat kualitas akademik dan kemampuan kita. Ya walaupun banyak orang yang bilang kadang IPK gak penting dan gak pengaruh ke pekerjaan, banyak orang yang akhirnya menyesal mendapatkan IPK pas-pasan, terlebih dibawah rata-rata. Nah, sebelum terlambat perlu diketahui nih beberapa alasan kenapa harus dapat IPK tinggi.

IPK tinggi

Yang pertama banyak lembaga pemerintah yang membuat syarat masuk PNS dengan IPK minimal 3,00, jadi mau gak mau buat mereka-mereka yang kepingin jadi PNS harus berusaha dengan sungguh-sungguh biar dapet IPK tersebut. Nah diposisi ini nih banyak mantan mahasiswa yang menyesal kenapa dulu pas kuliah gak sungguh-sungguh dalam belajar dan enggan buat ngikutin ujian ulang atau ngulang mata kuliah yang nilainya masih C atau D bahkan E.

Alasan yang kedua masih sekitar pekerjaan. Penting buat diketahui bahwa hampir semua perusahaan dan instansi pembuka lamaran kerja membuka lowongan pekerjaan dengan syarat IPK minimal 3,00. Jadi, semakin tinggi IPK mahasiswa semakin tinggi pula kesempatan untuk diterima kerja di instansi manapun. Maka dari itu, sedialah payung sebelum hujan. Berusahalah buat ngedapetin IPK diatas rata-rata.

Alasan yang ketiga banyak sekali universitas yang membuka kesempatan S2 dan S3 dengan syarat IPK minimal 3,00. Nah buat mereka yang pengen nglanjutin kuliahnya biar dapet gelar master ataupun Doktor ya harus dapet IPK tinggi. Jarang sekali kampus-kampus yang buka lowongan magister dengan IPK dibawah 3,00. So, jangan pernah ngremehin IPK ya. Mumpung belum terlambat, belajar dari sekarang dan berusaha buat dapet IPK tinggi. Siapa tahu nanti ada keinginan buat ngalnjutin kuliah atau kerja di instansi yang bonafit.

Baca Juga  Masih Bingung Gimana Mengaktifkan Eduroam? Kuy Baca Artikel Ini

Alasan yang keempat dengan adanya IPK tinggi, mahasiswa juga bisa dapet kesempatan besar buat meraih beasiswa. Gak ada jamannya dan gak ada ceritanya beasiswa membuka kesempatan buat mahasiswa yang IPKnya dibawah 3,00. Semua beasiswa pasti memberikan syarat kepada mahasiswa dengan IPK minimal 3,00 bahkan tak sedikit yang mematok syarat IPK diatas 3,5. Namanya juga sesuatu yang berharga, gak mungkin lah syaratnya mudah.

Alasan terakhir mungkin gak begitu berpengaruh sih, tapi gak ada salahnya juga kan dapet IPK tinggi buat bikin diri sendiri bangga. Apalagi kalo orang tua tahu anaknya dapet IPK cumlaude, so pasti mereka juga bakalan bangga. Gak sia-sia juga uang orang tua mengalir terus menerus buat nguliahin anaknya yang akhirnya anaknya dapet predikat cumlaude. Dan gak mungkin juga mahasiswa tega membuat orang tuanya keccewa ketika tahu anak mereka mendapatkan IPK Cuma pas-pasan yang bakal membuat mereka sedikit kesulitan mencari pekerjaan.

Baca Juga  Pendidikan Matematika UNY ? Bukan Sekadar Hitung-Hitung, Berikut 11 Faktanya

Mahasiswa juga gak mau kan ketika mereka melihat perjuangan orang tua yang berusaha membanting tulang mencari uang Cuma buat nguliahin mereka, tiba-tiba mereka nyepelein usaha orang tua dengan hanya bermain-main doang di kampus. Nah, makanya mahasiswa harus menghargai perjuangan orang tua dengan berusaha mendapatkan IPK diatas rata-rata.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X