Artikel

Keuntungan Melakukan Check-In Online, Manfaatkan Perkembangan Teknologi dengan Maksimal

Para pengguna jasa transportasi pesawat udara pastinya sudah sangat familiar dengan istilah check-in. Yaitu proses verifikasi berkas seperti halnya KTP, tiket pesawat dan lain-lainnya sebelum waktu keberangkatan. Karena proses inilah, biasanya para penumpang perlu berangkat lebih awal 1 atau 2 jam sebelum keberangkatan. Untuk menghindari antre lama atau lainnya.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang ini sudah ada fasilitas check-in online untuk berbagai maskapai penerbangan. Bagi yang bisa memanfaatkan fasilitas ini tentunya akan banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Seperti halnya berikut ini.

  1. Tidak Perlu Mengantre Lama

Keuntungan pertama yang akan didapatkan dari melakukan check-in online ini adalah tidak perlu mengantre lama lagi. Jangan diremehkan ya, jika penumpang sedang banyak-banyaknya, proses check-in sangat menyita waktu, bisa-bisa malah ketinggalan pesawat nantinya.

Jika kamu sudah melakukan check-in secara online langsung memasukkan barang ke bagasi pesawat. Akan mudah lagi jika kamu hanya membawa satu tas ransel atau bawaan yang sedikit. Langsung saja menuju ruang tunggu penerbangan tanpa berlama-lama berdiri di depan counter check-in yang ada di bandara.

  1. Bisa Dilakukan di Mana Saja

Hanya perlu smartphone yang terhubung dengan internet, kamu sudah bisa melakukan check-in di mana saja. Sebagai informasi, setiap maskapai penerbangan memiliki jangka waktu check-in yang berbeda. Ada yang 14 hari sebelum keberangkatan, namun tidak sedikit pula yang 2 hari sebelumnya.

Jika beruntung mendapatkan waktu check-in yang panjang akan mudah. Namun yang pendek, bisa saja kamu berakhir mengantre lama sebelum akhirnya terbang. Maka dari itulah, dalam hal ini check-in online sangat membantu. Tambah mudahnya lagi sekarang tidak perlu repot-repot membuka situs dan aplikasi maskapai penerbangan, bisa memanfaatkan Traveloka.

Baca Juga  Tips Backpackeran Ke Bandung

Pilihan maskapai penerbangannya sudah banyak sekali, contohnya Batik Air. Layanan ini tersedia secara eksklusif untuk member Traveloka. Kamu bisa memanfaatkan Batik Air online checkin di Traveloka dengan sangat mudah. Periode check-in online Batik Air menurut kebijakan tersedia 23 jam sampai 5 jam sebelum keberangkatan. Jadi bisa banget diandalkan ya.

Cara check-in online Batik Air di Traveloka sangatlah mudah,

  1.   Mendaftar atau masuk saja ke akun Traveloka
  2.   Buka e-tiket di menu pesanan tahu check-in online yang berada di halaman utama
  3.   Setuju kebijakan check-in online Batik Air
  4.   Isilah data check-in dengan benar, lalu ketuk Check-in
  5.   Terimalah konfirmasi check-in
  6.   Terakhir lihatlah boarding pass, bisa diunduh dengan mudah
  7. Mudah Memesan Fasilitas Tambahan

Tidak sedikit maskapai penerbangan di Tanah Air memberikan fasilitas tambahan. Dan dengan memanfaatkan check-in online, kamu bisa memesan fasilitas tersebut dengan lebih mudah. Mulai dari memilih kursi pesawat yang diinginkan, membeli makanan selama di penerbangan, sampai dengan asuransi perjalanan.

Tapi yang perlu untuk diketahui, jika memilih kursi sendiri, ada beberapa maskapai yang menerapkan biaya dan ada pula yang gratis. Jadi jika nantinya ada yang dikenai biaya, jangan bingung terlebih dahulu. Atau ada baiknya sebelumnya sudah mencari informasi terlebih dahulu.

  1. Mengurangi Resiko Ketinggalan Pesawat
Baca Juga  Resep Bumbu Ayam Bakar Yang Mudah Dan Lezat

Sudah banyak sekali kasusnya orang-orang ketinggalan pesawat karena harus check-in dan datangnya mepet. Dengan mengonfirmasi kehadiran melalui check-in online, namamu sudah terdapat di dalam database penumpang yang akan datang ya. Nantinya jika belum juga datang, namamu akan dipanggil di ruang tunggu dan diinformasikan sudah akan terbang.

  1. Rasa Was-was dan Cemas Berkurang

Kemudahan teknologi yang ditawarkan saat ini sangat membuat rasa was-was atau cemas berkurang. Tidur bisa jauh lebih nyenyak. Coba bayangkan, zaman dahulu teknologi belum secanggih ini. Setidaknya kamu perlu waktu siap-siap bangun dua bahkan 3 jam sebelum keberangkatan.

Satu sampai dua  jam untuk mempersiapkan diri dan jalan ke bandara, satu jam lagi untuk melakukan check-in secara manual. Belum lagi jika antreannya mengular, tambah akan lama lagi. Maka dari itulah, dengan teknologi chek-in online ini, memudahkan membuat pikiran lebih tenang. Tidak akan takut ketinggalan pesawat.

Dengan melakukan check-in secara online, kamu sendiri nanti bisa mengira-ngira waktu yang diperlukan untuk sampai ke bandara sudah tanpa melakukan check-in di depan counter lagi.

Itulah berbagai kemudahan yang ditawarkan jika kamu memanfaatkan fasilitas check-in secara online. Yuk gunakan supaya dapatkan manfaatnya dengan lebih maksimal.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X