Mahasiswa BangetPojok #UNYuTips

Kiat Sukses Keluar dari Zona Kelabu yang Disebut “Homesick”

Mahasiswa. Satu kata berjuta makna. Menjadi mahasiswa bukan lagi sekadar siswa, namun ada penambahan penggalan “maha” didepannya yang berarti besar atau luar biasa. Menjadi mahasiswa bukan lagi tentang pulang sekolah dan tugas hanya sebatas dibangku kelas saja. Menjadi mahasiswa bukan lagi menimba ilmu mengenai hal-hal simpleks seperti layaknya siswa, tetapi menimba ilmu menjadi lebih kompleks dan mungkin akan sedikit lebih rumit. Ketika dulu kita berangkat dan pulang sekolah akan terus teriring senyum orang-orang tersayang dirumah, saat menjadi mahasiswa yang harus merantau, hal itu akan menjadi kenangan terindah yang akan sulit atau bahkan tidak akan terulang kembali. Tak jarang, seseorang yang akrab disebut mahasiswa kerap mengalami zona kelabu dalam hari-harinya, “Homesick” nama kerennya.

Foto : christrevealed. com

Rasa rindu kampung halaman wajar saja dialami oleh anak-anak rantau. Pasalnya setelah bertahun-tahun menghabiskan waktu tumbuh besar di satu tempat bersama orang-orang yang dikenal dekat, tentu rasanya berat ketika harus berpisah dan membangun sebuah hidup baru tanpa mereka. Sedari kecil, kita sudah sangat terbiasa dengan pola pikir bahwa rumah kita adalah tempat berlindung yang paling aman dan ideal. Maka ketika situasi mengharuskan kita pindah menjauhi rumah, alam bawah sadar kita menganggap perubahan ini sebagai stres alias ancaman terhadap kesejahteraan kita. Ditambah lagi, pengetahuan kita tentang tempat asing itu masih sangat terbatas sehingga timbullah perasaan-perasaan negatif tentang tempat tinggal baru. Mulai dari rasa takut, kecemasan, tidak betah, hingga kepanikan. Ketika homesick melanda, apapun menjadi tak mengasyikkan seperti biasanya. Namun, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam mengurangi tingkat homesick kita. Berikut tipsnya :

  1. Carilah kesibukan
Baca Juga  Rekomendasi Kost Putri Sekitar UNY Wates
doc pribadi

Berdasarkan riset American Camp Association, salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan rasa rindu rumah adalah dengan membuat diri Anda sesibuk mungkin. Jadi, cobalah untuk mencari kesibukan baru seperti mengikuti organisasi, komunitas atau hal apapun yang nantinya akan mempertemukan anda dengan banyak aktifitas dan banyak orang. Selain membuat kita punya kesibukan baru, ini juga membuka kesempatan untuk membuat teman dan koneksi baru. Namun jangan lupa dan salah prioritas, jangan melupakan tugas kita menjadi mahasiswa untuk benar-benar menimba ilmu ya !

  1. Ingat Tujuan Awal

Tujuan awal kita disini sebenarnya apa sih rela jauh-jauh dari rumah? Tujuannya mencari ilmu bukan? Nah, oleh sebab itu ketika kita dilanda homesick, cobalah mengingat kembali apa yang sudah kita perjuangkan sampai dititik ini. Yakin mau nyerah? Sudah banyak hal lho yang dikorbankan. Dengan kita mengingat tujuan kita ini, diyakini akan dapat menambah motivasi kita untuk tetap semangat menjalani hari hari yang terasa panjang ini. Semangat ya.

  1. Bergabung dengan Organisasi Mahasiswa Daerah
Foto : @imagobojonegoro

Menjadi bagian dari suatu ormada adalah salah satu tips mengatasi homesick kita, karena tidak bisa dipungkiri, bersama mereka suasana rumah akan lebih terasa karena sama-sama berasal dari daerah yang sama dan memiliki kesamaan baik tetang bahasa, kebiasaan, dll. So, jangan lupa bergabung dengan ormada dari daerah kalian ya. Temukan rumah kedua kalian bersama mereka !

  1. Carilah Teman yang Klopp !
Baca Juga  Kesadaran Futuristik di Kuliah Hari Pertama
doc pribadi

Tidak bisa dipungkiri juga, peran sahabat dalam hidup seorang perantau begitu berarti. Mulai hal-hal kecil sampai hal besar pun akan kita habiskan bersama sahabat. Sahabat lah yang menjadi peran pengganti keluarga dirumah saat kita di tanah rantau. Yang belum menemukan sahabat yang klop, yuk sama-sama buka diri kita, terbuka dengan orang lain, dan pahami orang-orang disekitar kita. Yang sudah menemukan teman klop, genggamlah mereka dengan erat. Kamu begitu beruntung karena Tuhan telah mengirim mereka untukmu.

  1. Berlibur
Foto : Mytrip123. com

Mencari hiburan sesaat dirasa juga perlu dalam mengisi ulang daya semangat kita. Cobalah sesekali untuk pergi keluar menikmati kesenangan. Melihat dunia luar. Tersenyumlah pada dunia. Bersyukurlah karena Tuhan masih memberimu nikmat sampai hari ini.

  1. istirahat.
Foto : dream.co.id

Istirahatlah sejenak dari segala aktifitas yang membuatmu penat dan semakin merasa homesick. Tidurlah ditempat terindahmu, kamar bukan? Apresiasi tubuhmu yang sudah kau tempa untuk terus melakukan ini itu agar beristirahat sejenak melepas kepenatanmu. Buatlah dirimu serileks mungkin. Lepaskan beban yang ada dibahumu, dan pejamkan mata. Ingat, ini bukan hipnotis, tapi kiat istirahat !

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X