Pojok #UNYuTipsUNY Banget

KKN Mandiri : Dari Plangisasi ke Mode Onlinenisasi, Ada Cerita Apa Saja ?

Selain momen  semarak Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (dulu  jamak disebut sebagai OSPEK), kuliah kerja nyata atau KKN adalah salah satu event yang banyak dinanti para mahasiswa. Rasanya tinggal bersama dengan teman-teman dari prodi dan fakultas lain untuk menjalankan beragam program kerja dengan  nuansa keseruan yang bisa dikenang di masa depan menjadi nilai tersendiri untuk kegiatan kampus satu ini.

Mungkin sebagian dari kita masa ingat cerita fenomenal penuh misteri  dari thread SimpleMan yaitu kelompok KKN Desa Penari yang ceritanya sempat booming kisaran tahun 2016 lalu. Konon ,cerita misteri adalah “oleh-oleh wajib” pasca Kegiatan KKN lho , selain cerita gemas seputar cinta lokasi para anggotanya.

Namun, badai pandemi yang melanda dunia khususnya wilayah Indonesia membuat kegiatan turun lapangan ini harus dilaksanakan menurut protokol terbaru. Salah satunya adalah model dan metode berbasis domisili yang tersambung dengan sistem online milik perguruan tinggi terkait.

Salah satu perguruan tinggi yang juga mengadaptasi model ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Khususnya pada tahun akademik 2020 kemarin,bagi angkatan 2017 wajib mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata  yang terintegrasi dengan praktik kependidikan ( dulu disebut PPL) bagi mahasiswi keprodian pendidikan. Ditengah situasi yang belum sepenuhnya kondusif dan juga guna meminimalisir rantai penyebaran pandemi maka tidak menutup kemungkinan tahun akademik 2021 juga menetapkan proses yang serupa.

 Lalu ada cerita “behind the scenes” apa saja mengenai kuliah kerja nyata angkatan pandemi ini ya? Simak selengkapnya dibawah  ini !

Kuliah Kerja Nyata Musim Pandemi terdaftar terpisah, kamu WAJIB memiliki rasa  mandiri !

Maksudnya adalah untuk kegiatan KKN musim pandemi ini ,pihak kampus tidak menyediakan plotting daerah dan kelompok sebagaimana kegiatan kuliah kerja nyata di tahun akademik normal. Nantinya ,mahasiswa akan di plot menurut tempat domisili selama kuliah kerja nyata tersebut akan berlangsung.

Sebagai contoh, Rani adalah mahasiswi prodi PLS yang indekost di Karangmalang. Namun, sejak pandemi bulan Maret 2020 ia memutuskan pulang kampung ke Wonosobo dan menetap disana. Rani kemudian mendaftar di sistem KKN bahwa ia akan KKN di Wonosobo dimana tempat ia tinggal.

KKN UNY Sragen

Kelebihannya ,sistem KKN domisili ini tidak membuat mahasiswa keluar jauh dari wilayah domisilinya  Selain lebih praktis dan bisa mengurangi biaya pengeluaran indekost, KKN model online ini juga sedikit rumit karena harus menentukan   sendiri dimana  akan melakukan KKN  beserta perizinannya.

Pihak kampus secara teknis akan  membantu pada perizinan surat dan administrasi lainnya, sisanya seperti menyampaikan perizinan kamu harus melakukannya sendiri.

Baca Juga  Sukses Bisnis Desain ala Kang Kikur Founder "Inipagi"

Kuliah Kerja Nyata “bisa dimode” berkelompok asal ….

Meski kuliah kerja nyata ini bersifat mandiri namun kamu dapat mencobanya melalui metode berkelompok. Maksud kelompok disini adalah kelompok privat yang sifatnya tidak resmi dan tidak memiliki legalitas secara data. Sederhananya, kamu bisa berkumpul dengan teman-teman dari perhimpunan daerah masing-masing atau bahkan teman dari universitas lain jika memungkinan. Toh, laporan dan hasil penilaianmu tetap dilaporkan secara mandiri dan bersifat langsung menjadi tanggung jawab personal.

KKN UNY Keparakan Kota Yogyakarta

Kelompok privat ini bisa digunakan sebagai “mode” saling bertukar informasi dan diskusi apalagi mengenai program kerja esensial untuk masa pandemi seperti sekarang. Selain itu, harapannya apabila bergabung dengan sesama teman dari perhimpunan mahasiswa daerah maka adaptasi lingkungan dapat cepat berlangsung. Yang perlu diperhatikan ialah, apabila memutuskan berkelompok maka harus jelas mana program kerja yang kamu lakukan sendiri dan mana program kerja yang dilakukan dengan bantuan kelompok dikarenakan salah satu syarat lulus KKN UNY kemarin adalah program kerja tidak boleh sama.

Sebagai tambahan informasi, KKN UNY 2020 kemarin memberikan tanggung jawab kepada mahasiswanya untuk menyusun program kerja utama, program kerja unggulan, serta program incidental.

Kuliah Kerja Nyata di bimbing langsung staff dosen asal domisilimu , Bapak dan Ibu setanah daerah !

Dari sekian banyak perbedaan KKN pandemi dan sebelum pandemi  terdapat persamaan utama yaitu KKN Pandemi tetap memiliki dosen pembimbing lapangan. Bedanya, secara umum dosen yang akan membantu pemantauan kegiatan biasanya berdomisili sama dengan alamat yang kamu daftarkan di sistem KKN . Dosen pada masa KKN biasanya berasal dari luar fakultasmu dan dalam satu rombel akan terdiri dari banyak prodi dan fakultas. Dosen KKN memiliki tugas utama antara lain sebagai jembatan informasi antara pihak UNY dengan mahasiswa. Selain itu , dosen KKN akan menjadi pemantau logbook harian dan tugas akhir KKN. Senangnya, kamu bisa terhubung dengan dosen yang berdomisili sama sehingga seperti terasa memiliki Bapak atau Ibu setanah daerah.

KKN UNY Kec Sidoharjo Sragen

Biasanya pengumuman nama dosen pembimbing akan berlangsung bersamaan dengan pembukaan masa pra KKN. Namun ternyata, tidak semua mahasiswa mendapat dosen yang sedomisili dengan daerahnya dikarenakan adanya penyesuaian dari pihak kampus. Hal ini didapat dari beberapa testimoni mahasiswa yang dikumpulkan oleh tim redaksi,  bahwa dosen pembimbing ternyata  tidak hanya mengurus masalah KKN sehingga apabila kamu tiba-tiba mengalami kendala di lapangan dan ingin menghubungi dosen yang bersangkutan harus belajar sabar  dan mengerti kapan kelonggaran beliau-beliau. Jangan lupa tetapkan etika menghubungi dosen ya nantinya !

Baca Juga  Prodi Terfavorit Sarjana Terapan UNY

Kuliah Kerja Nyata 272 JAM , Makanan Apa Itu ? Bagaimana Rasanya ?

Kuliah Kerja Nyata khususnya untuk para mahasiswa UNY secara umum terintegrasi dengan sistem KRS sehingga memiliki beban perkuliahan yang sama seperti mata kuliah lainnya. Bersamaan dengan pelaksanaan Praktik Kependidikan (PK), secara umum waktu yang akan ditempuh antara KKN dan PK adalah setara 6 bulan bagi mahasiswa kependidikan dan setara separuhnya yaitu 3 bulan bagi mahasiswa non kependidikan.

Hal ini dikarenakan, kredit semester pada mata kuliah KKN dan PK adalah setara 6 SKS yang semula hanya 3 SKS saja. Kegiatan ini kemudian diramu untuk dilakukan secara mandiri dan berbasis domisili masing-masing. KKN juga menjadi salah satu mata kuliah prasyarat untuk mengambil KRS Tugas akhir sehingga kamu wajib LULUS mata kuliah satu ini.

Kamu juga wajib melakukan dan menyelesaikan semua tanggungan ini secara personal dan harus memenuhi perhitungan syarat yang ditentukan yaitu 272 jam untuk masing-masing kegiatan berupa PK dan KKN. Totalnya,kamu harus mengalokasikan tenaga dan waktu secara teknis sebanyak 544 jam atau setara paling lama 3-6 bulan. Lengkap dengan tagihan logbook harian, jurnal ilmiah, laporan akhir dan ujian tertulis .

 Jika direnungkan, niscaya  rasanya seperti   ingin menjadi IRONMAN !!!

Contoh Program Kerja Season Pandemi, Pembuatan Tempat Cuci Tangan Yang Layak bisa jadi Andalan !

Jika pada KKN normal  akrab dengan kegiatan dan program kerja yang boleh melibatkan khalayak ramai, guna meminimalisir penyebaran COVID-19 kamu harus pintar-pintar merancang agenda prokermu agar tetap safety dan ramah di kantong. Maklum ,uang tunjangan yang didapatkan dari pihak kampus harus digunakan secermat mungkin agar tidak boros apalagi meluber di tengah jalannya  kegiatan KKN.

Pada tahun akademik 2020 kemarin penanggulangan wabah covid-19 sendiri menjadi isu besar dan tema utama jalannya KKN. Sehingga, pada saat kegiatan pra KKN nanti kamu harus memperhatikan tema apa yang diangkat oleh pihak kampus.

Tema seperti menerapkan protokol kesehatan ,menjaga kesehatan tubuh dan mental serta makanan bergizi serta anjuran mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir masih sekiranya menjadi isu yang masih penting untuk jangka waktu ke depan.

Sehingga, mari sejenak ‘sayonara’ dengan kegiatan  zaman KKN dulu seperti “plangisasi” yang sering jadi agenda rutin  apalagi  agenda cinlok-cinlok atau biro jodoh wes gak ada itu …

Kecuali , kebetulan  kamu dapat moment yang pas, bakal lain lagi .

Wis sudah ! Selamat menikmati masa KKN ya !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X