Tips

Kurangi Kopi, Perbanyak Air Mineral

Apa jadinya jika kita kekurangan mineral di dalam tubuh? Lola, letih, lesu, roaming, tubuh tidak segar, dan lain sebagainya. Yang jelas, kinerja otak juga akan terganggu. Lalu apa solusinya? Bukan iklan, tapi memang salah satu caranya adalah dengan perbanyak mengkonsumsi air mineral setiap harinya, dan mengurangi konsumsi kopi (jika kita sering mengkonsumsi kopi).

Sebagaimana telah masyarakat ketahui, kopi memang memiliki khasiat sebagai pengusir rasa kantuk. Selain sebagai pengganti camilan yang dapat menggemukkan badan, kopi menjadi alternatif yang paling banyak dipilih untuk menemani malam para mahasiswa. Tak hanya malam, bahkan pagi hari sekalipun kopi juga menjadi alternatif minuman penghilang kantuk. Begitu pula siang hari sebagai teman saat asyik berdiskusi. Konon, seorang pemikir memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi kopi lebih sering dibandingkan seorang pekerja lapangan. Selain itu, konsumsi kopi laki-laki lebih banyak daripada perempuan.

cup of spilling coffee creating splash

Sebenarnya, disamping khasiatnya yang luar biasa, kebiasaan mengkonsumsi terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Terlebih bagi yang mempunyai penyakit maag, harus berpikir 2 kali jika ingin mengkonsumi kopi di malam hari. Karena menurut pengalaman, jika kita mengkonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong, akan beresiko terserang maag terlebih saat malam hari. Untuk itu, bagi mahasiswa yang gemar mengkonsumsi kopi, harus ekstra hati-hati. Ingat, segala sesuatu tidak boleh berlebih.

Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan mineral di tubuh dan mencegah resiko penyakit yang aneh-aneh sangat dianjurkan bagi kita untuk mengkonsumsi air mineral. Minimal satu gelas setelah bangun tidur, beberapa gelas atau botol saat beraktivitas di siang sampai sore hari, serta beberapa gelas sebelum tidur malam. Dengan begitu maka kesehatan badan dari atas sampai ke bawah dapat terjaga. Kulit menjadi tidak kering, bersih, dan otak dapat berfungsi secara normal.

Baca Juga  Mahasiswa Pecinta Alam Atau Penjajah Alam?

Lalu, bagaimana yang tidak biasa minum air mineral setiap harinya? Hmmm, semua berawal dari niat yang kuat untuk sehat. Mencegah sakit itu sangat murah. Sebaliknya, mengobati sakit itu sangat mahal. Kita beruntung hidup di lingkungan dengan air bersih yang melimpah. Kurang apa lagi? Coba sedikit demi sedikit mengusahakan mau untuk meminum air mineral. Mulai dari satu gelas per hari, sampai terbiasa dan ditingkatkan menjadi minimal 8 gelas per hari.

Sediakan air mineral di samping tempat tidur kita agar saat bangun tidur kita akan terbiasa meminumnya. Jangan lupa juga dicek seberapa keruh air seni yang kita keluarga setiap buang air kecil. Jika air seni keruh kecoklatan, kita perlu hati-hati karena hal tersebut menandakan minuman yang kita konsumsi terdiri dari bahan-bahan yang kurang menyehatkan. Sebaliknya, jika air seni kita bersih dengan warna sedikit kuning, menandakan bahwa kandungan air di dalam tubuh kita cukup sehat.

Baca Juga  Daftar Jurusan Kuliah di Indonesia

Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X