Lestarikan Goa Prasejarah, Mahasiswa UNY Ajak Warga Kembangkan Potensi Pariwisata | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Lestarikan Goa Prasejarah, Mahasiswa UNY Ajak Warga Kembangkan Potensi Pariwisata

Lestarikan Goa Prasejarah, Mahasiswa UNY Ajak Warga Kembangkan Potensi Pariwisata

Eka Putriana Widyastuti (20), mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama ketiga temannya membentuk kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang lolos dibiayai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2018. Kelompok PKM-M yang diketuai Eka tersebut menaruh perhatian pada pelestarian sebuah goa yang terletak di Dusun Ngruno, Desa Karangsari, Kulonprogo bernama Goa Kalilingseng.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Eka dan teman-temannya dalam upaya melestarikan Goa Kalilingseng adalah meresmikan Komunitas Penggiat Goa Kalilingseng yang kemudian disebut KPK. Peresmian tersebut berlangsung pada Minggu (22/4) lalu di kediaman ketua RT 44 Dusun Ngruno. Acara tersebut mengundang Sekretaris Desa Karangsari, Ari Wibowo, serta warga sekitar. Dalam sambutannya, Ari sangat berharap kesejahteraan warga desa bisa tumbuh dengan diadakannya kegiatan PKM tersebut. “Kami membutuhkan kalian. Mahasiswa harus pintar akademik, sosial, dan juga punya nurani,” ujarnya.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Raih Juara II LKTI Nasional K3

Sambutan turut disampaikan oleh Sudi, Pelopor Goa Kalilingseng. Ia mengajak warga untuk melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan yang dimulai dari Desa Karangsari. “Terima kasih pada UNY karena sudah mengusahakan semuanya,” ujarnya menutup sambutan. Peresmian KPK secara simbolis pun dilakukan dengan memakaikan kaos KPK oleh Sudi kepada Resa Adi Pratama, salah seorang pemuda KPK.

Tak hanya meresmikan KPK, acara tersebut juga menghadirkan Stefani Grasia, mahasiswi Pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk memberikan sosialisasi pengembangan potensi pariwisata kepada warga yang datang. Warga juga dikenalkan dengan berbagai potensi pariwisata dalam sosialisasi yang disampaikan oleh Eka.

Usai meresmikan KPK, kegiatan lain juga turut diadakan untuk mendukung terciptanya destinasi wisata Goa Kalilingseng yang dikenal masyarakat luas. Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dalam pelatihan pembuatan pamflet, press release, website, dan konten publikasi. Bersama teman-temannya yang berasal dari Ilmu Komunikasi UNY, Eka mengumpulkan pemuda-pemudi desa untuk berlatih mulai dari fotografi, menulis berita, hingga mengelola website. Harapan dari diadakannya kegiatan ini adalah agar warga dapat mempublikasikan berbagai kegiatan yang ada di sekitar Goa Kalilingseng sehingga masyarakat luas tertarik untuk berkunjung. (abruron baharsyah)

Baca Juga  Peringkat Universitas di Indonesia Versi 4ICU Juli 2015

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Giveaway PPKMB UNY 2018

EUFORIA SEMESTER BARU SEMANGAT BARU! 🎇 . Menjelang semester baru dan menyambut mahasiswa baru, kali …