Pojok #UNYuUNY Banget

Maba-Maba Club Wajib Catat ! Ini Dia 6 Fungsi KTM UNY Milikmu

Kartu Tanda Mahasiswa atau acap disebut KTM  adalah salah satu tanda pengenal yang akan kamu miliki apabila sudah diterima menjadi salah satu mahasiswa di suatu institusi perguruan tinggi . Secara umum, kartu pengenal ini akan kamu cetak pada saat menjadi mahasiswa baru di awal semester satu.

foto : IG @yoni.candil

Tidak terkecuali di Kampus Eks IKIP atau UNY, Kartu tanda mahasiswa akan diperoleh melalui foto di rektorat bagian administrasi dan registrasi kampus pada periode normal. Pada kartu tersebut akan termuat nama lengkap, nomer registrasi mahasiswa atau NIM , termasuk jurusan dan prodi berikut serta foto diri dan barcode pelengkap. Di bagian belakang juga terdapat kotak-kotak yang nantinya wajib kamu beri stempel cap berbentuk lambang UNY pada setiap masuk tahun ajaran baru.

Kartu Tanda Mahasiswa ini wajib kamu rawat selama berlangsungnya studi. Selain karena sifat kepemilikannya yang mengikat untuk bukti administrasimu tertib ,nyatanya KTM UNY juga memiliki segudang manfaat lho ! Yuk simak, agar nanti selepas pandemi kamu dapat segera merasakan manfaatnya !

  1. Mau nonton bioskop dengan budget hemat ? Coba bawa kartu KTM milikmu !

Siapa yang sudah kangen nonton di bioskop ?

Dengan camilan popcorn yang gurih serta nuansa kebersamaan bersama kawan-kawan baru dari segala penjuru Indonesia ,bioskop adalah salah satu altenatif penghilang penat setelah berkuliah sekaligus sebagai ruang baru untuk saling srawung.

Nah, pada beberapa bioskop di area Yogyakarta ada lho yang aktif memberikan diskon bagi para mahasiswa tidak terkecuali  untuk “cah UNY” .  Gimana ? tertarik bukan ?!

  1. Ingin merasakan parkir di Parkiran Terpadu UNY ? Gunakan KTM milikmu sebagai bea masuknya !

Sebagai informasi, setelah Taman Pancasila yang berada di dekat Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA, serta FIP dan FIS dinonaktifkan sebagai lahan parkir Mahasiswa diminta untuk menyesuaikan kendaraannya pada kantong parkir yang tersedia. Salah satu alternatifnya adalah di Parkiran Terpadu samping DIGILIB atau seberang FMIPA .

Baca Juga  Sedikit Intip Jurusan Manajemen Pendidikan UNY, Untukmu Calon Mahasiswa Baru!

Yang unik, barcode masuk dan keluar parkiran ini membutuhkan peran kartu tanda mahasiswa milikmu .

Jadi apabila besok sudah bisa berkuliah normal ,maba jangan sampai lupa kalau parkir di tempat ini harus membawa KTM ya !

  1. Ada bazar minum dari sponsorship ? Cus gunakan KTM UNY milikmu !

Siapa yang tidak mau makanan dan camilan enak dan gratis ? Wah, ini adalah favorit sebagian mahasiswa bukan ?

Salah satunya biasanya didapatkan ketika ada bazar dari sponsorship yang dating atau membangun stand promosi di fakultas-fakultas. Yang pernah penulis temui antara lain stand minuman Teh Pucuk dan Frestea bahkan beberapa kali stand provider. Nah di momen seperti ini siapkan kartu KTM milikmu dan teman-temanmu untuk mendapatkan beraneka hadiah hingga sampel minuman dengan varian rasa terbaru !

  1. Para ‘bookworm’ sudah ingin ke Perpustakaan Pusat UNY ? KTM UNY milikmu adalah syarat masuknya !

Para mahasiswa penyuka buku dan senang menenggelamkan diri di perpustakaan mana suaranya ?!

Pasti kangen sekali datang ke perpustakaan pusat menikmati suasana yang hening lagi khusyuk yang  pas untuk mendukung semangat belajar. Nah, salah satu cara untuk mengakses layanan milik universitas ini adalah memiliki KTM. Kamu akan diminta menscan barcode yang ada di kartu milikmu kemudian baru diperbolehkan masuk dan belajar di dala. Kartu ini juga bisa digunakan untuk meminjam koleksi-koleksi perpustakaan baik perpustakaan pusat dekat rektorat, perpustakaan fakultasmu sendiri bahkan perpustakaan milik fakultas lain.

 Tentunya dengan tata peraturan yang berlaku ya !

Baca Juga  5 Hal Tentang SIAKAD UNY

Untuk lebih mendapatkan banyak insight silahkan follow akun official Perpustakaan Pusat yaitu di @uny_library .

  1. Ingin merasakan sensasi kebun apel UNY ? Bawalah KTM UNY milikmu ke DIGITAL LIBRARY !

Tetangga perpus pusat adalah Digilib atau acap disebut kawan-kawan mahasiswa sebagai “kebun apelnya UNY” . Julukan ini cukup beralasan  karena Digital Library (DIGILIB) memang menyediakan computer-komputer standar global dengan merk berlambang buah apelnya yang terkenal itu. Nah ,untuk mengaskse layanan di tempat ini ,kamu juga harus membawa KTM sebagai tanda pengenal ya !

  1. Para pemburu diskon merapat ! KTM UNY layaknya kartu sakti untuk mendapatkan potongan harga !

Potongan harga menjadi salah satu yang banyak menarik kawula muda khususnya mahasiswa. Berdasarkan pengalaman penulis ,berikut ini beberapa tempat yang bisa kamu coba untuk mendapatkan potongan harga menggunakan kartu KTM UNY milikmu

  1. Toko Aksesoris dan Kecantikan Adele Cabang Babarsari
  2. Mirota Kampus Pusat dekat KFC Bunderan UGM
  3. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan promo khusus pelajar di Mutiara Kosmetik cabang Brigjen Katamso , Mergangsan
  4. Toko –toko buku dengan promo khusus pelajar seperti Togamas, Gramedia atau Social Agency
  5. Bakmie atau Yamie di daerah Stadion Kridosono
  6. Beberapa museum milik dinas kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
  7. Beberapa toko Bapia Pathuk
  8. Surga Belanja sejuta umat : Sakola Jogja
  9. Dan beragam toko dan restoran lain yang sedang menyediakan promo seperti promo akhir bulan atau promo mahasiswa baru .

Nah, bagaimana ? Jika sudah begini jadi tidak sabar ya untuk berkuliah di periode normal.

Yuk sama-sama berdoa agar kondisi lekas membaik dan kita segera dapat berburu promo kembali dengan kartu KTM “sakti” UNY !

 Stay safe selalu ! Jangan lupa pakai maskermu ya !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X