Mahasiswa Cerdas UNY, Pasti Miliki 'Kartu Sakti' Ini | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Mahasiswa Cerdas UNY, Pasti Miliki ‘Kartu Sakti’ Ini

Mahasiswa Cerdas UNY, Pasti Miliki ‘Kartu Sakti’ Ini

Tak terbantahkan lagi bahwa salah satu sumber kehidupan Mahasiswa adalah buku. Tak ada buku maka tak akan ada ilmu. Seperti kata pepatah, buku adalah gerbang dunia dan membaca adalah kuncinya. Maka dengan itu, sudah takdirnya mahasiswa hidup ‘mesra’ dengan buku sepanjang masa karena dengan membaca buku, mahasiswa tidak hanya dapat ilmu, namun juga memperkuat daya imajinasi dan memperkaya referensi.

Sebagai agen perubahan, mahasiswa tak ada kesempatan mencari barisan di belakang, baik dari tutur kata maupun perbuatan. Mahasiswa harus terdepan dalam kreasi, inovasi, dan pemahaman ilmu pengetahuan. Agar terus bertumbuh dan menggali potensi diri di bangku perkuliahan, mahasiswa tidak cukup jika belajar hanya dari pemaparan dosen kelas saja, namun juga harus mengedepankan independent learning, dimana mahasiswa lebih akrab dengan berbagai sumber bacaan. Hal demikian telah menjadi kewajiban bagi mahasiswa yang mengenyam pendidikan di negara maju, yang lebih menekankan kemampuan belajar mandiri.

Baca Juga  Penerapan Visi Taqwa, Mandiri dan Cendekia

Dalam mendukung sistem tersebut, perguruan tinggi terus berupaya untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa, salah satunya yakni perpustakaan yang lengkap dengan variasi sumber pengetahuan. Semakin banyak yang dibaca maka semakin banyak ilmu yang didapatkan. Semakin sering membaca semakin kokoh rajutan jembatan emas menuju masa depan yang gemilang. Di perpusatakaan, mahasiswa bisa mengakses berbagai macam jenis sumber informasi mulai dari koran, majalah, buku, skripsi, tesis, laporan penelitian, jurnal, dsb. Dengan aktif membaca sumber ilmu pengetahuan ini maka mahasiswa akan lebih kaya bahan diskusi dan lebih bijak dalam meniti kehidupan. Referensi pengetahuan ini pula yang menjadi modal awal untuk menjadi agen perubahan, pencetus dan pembuat inovasi kebermanfaatan.

Baca Juga  Ketika Kamu Stress Menghadapi Kuliah, Coba 7 Cara Berikut

UNY terus berusaha memberikan layanan prima bagi mahasiswanya, salah satunya dengan layanan ‘Kartu Sakti’. Kartu Sakti ini merupakan kartu yang bisa dimiliki oleh civitas akademika universitas negeri yang tergabung dalam Forum Kegiatan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN). Kartu ini sangat bermanfaat karena memperluas akses mahasiswa dengan untuk membaca dan memperdalam ilmu sebanyak-banyaknya. Dengan ‘Kartu Sakti’ ini mahasiswa atau dosen bisa bebas berkunjung tanpa biaya masuk dan membaca koleksi yang ada di berbagai perpustakaan universitas negeri di Indonesia yang tergabung dalam Forum Kegiatan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negri (FKP2TN). Maka mahasiswa cerdas wajib memiliki kartu ini. Untuk mendapatkan ‘Kartu Sakti’ ini pun juga sangat mudah, civitas akademika UNY cukup mendaftar ke petugas Perpustakaan UNY dengan membawa pas foto ukuran 2×3 2 lembar dan uang pendaftaran Rp 15.000,00. Hanya menunggu beberapa jam, kartu ini pun akan siap untuk dipergunakan.

Baca Juga  Kamu Harus Bersyukur Ketika Tidak Diterima di Kampus Impianmu

About Een Juliani

Mahasiswi Bahasa dan Sastra Inggris