Pengen Lolos SBMPTN UNY, Lakukan Tips Ini | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Pengen Lolos SBMPTN UNY, Lakukan Tips Ini

Pengen Lolos SBMPTN UNY, Lakukan Tips Ini

Bercita-cita menjadi mahasiswa di sebuah kampus negeri adalah keinginan sebagian pelajar. Di masa-masa kritis seperti sekarang ini, kamu dituntut untuk segera menyiapkan bekal mengikuti serangkaian jalur seleksi masuk perguruan tinggi.

Ada banyak sekali jalur masuk perguruan tinggi, mulai dari seleksi nasional jalur undangan (SNMPTN) maupun seleksi nasional berbasis tes (SBMPTN). Bahkan beberapa perguruan tinggi juga membuka jalur masuk mandiri (SM) bagi calon mahasiswa.

Berdasarkan siaran pers Kemnristek Dikti, SBMPTN 2018 akan menerima mahasiswa baru untuk 85 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Pendaftaran SBMPTN akan dilakukan secara online pada 5-27 April 2018.  Biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh peserta sebanyak Rp 200.000. Sedangkan pelaksanaan ujian akan digelar pada 8 Mei 2018, disusul ujian keterampilan pada hari berikutnya. Untuk pengumuman kelulusan sendiri akan dirilis pada 3 Juli 2018.

Pelaksanaan ujian yang kurang dari dua bulan lagi membuat kamu mau tidak mau harus segera menyiapkannya. Di kesempatan kali ini , akan  sedikit dibahas  tentang  tips menghadapi SBMPTN. Yuk simak !

1. SEGERA Bersiap-Siap Lah Dimulai Dari Sekarang

 Dear ,Kamu ! SBMPTN 2018 telah dekat !

Jangan menunda-nunda waktumu untuk belajar mempersiapkan SBMPTN 2018. Ingatlah bahwa perjuangan ini demi masa depanmu juga. Tentunya kamu ingin yang terbaik bagi dirimu bukan ?

Baca Juga  Tempat Tergalau di Kampus UNY

SBMPTN jelas sangat berbeda dengan ujian nasional (UN). Kriteria kesulitannya mestilah lebih tinggi .

So, jangan berpangku tangan ! Kuy sinau, jangan diem-diem bae !

2. Buka Website Resminya, Pelajari Pula Teknisnya

Tata cara atau teknis menjadi penting ketika kamu ingin melakukan sesuatu. Tentu sangat lucu dan tidak berfaedah jika kamu sudah siap tempur namun belum tahu rutenya. Maka bukalah website resmi SBMPTN 2018  lalu pelajari teknis-teknisnya. Semisal  hal-hal berikut ini :

  • Ketentuan umum
  • Kelompok Program Studi yang diujikan
  • Tata cara pendaftaran
  • Tata cara pembayaran
  • Tata cara ujian

3. Unduh Dan Pelajari Soal-Soal Dari Tahun Sebelumnya

Mempelajari soal-soal dari tahun sebelumnya cukup ampuh dan efektif membantu persiapan kamu . Biasanya ,soal-soal yang diujikan tidak berbeda jauh dengan satu hingga dua tahun sebelumnya .

Tidak mesti soal dari Bimbel, kamu bisa mengunduhnya diberbagai situs pendidikan yang ada diinternet  .

Jangan lupa download kunci jawaban dan pembahasannya agar kamu bisa mencocokan ketika selesai belajar

Baca Juga  Tak Melulu Bunga, 5 Hadiah Spesial Ini Pun Bisa Kamu Berikan Untuk Temanmu Saat Wisuda. Istimewa Dan Murah Loh!

4. JANGAN Mengandalkan Hafalan Tapi Perkuatlah Konsep Dasar

“Nah lho maksudnya bagaimana kak ?”

Meski bisa dibilang soal-soal yang diujikan hampir mirip dengan tahun-tahun sebelumnya pastikan dirimu tidak menghafalkan bagaimana bentuk soalnya tetapi pahami dan perkuatlah konsep dasar dari soal-soal tersebut.

Dengan memahami konsep dasar mau bagaimana si pembuat soal memutar-mutarnya kamu tetap akan bisa menjawab dengan benar .

5. Pelajari Materi Yang SERING MUNCUL Dari Tahun Ke Tahun

Tentunya dengan semakin dekatnya SBMPTN 2018, waktu kamu akan terkuras lumayan banyak untuk mempersiapkannya. Masalahnya antara waktu yang tersisa dengan bahan materi yang harus dipelajari itu sangat banyak .

Lalu bagaimanakah cara yang efektif untuk bisa mengalokasikan waktu ,energi ,dan fokus kamu jadi satu ?

Jawabannya adalah mencari dan mempelajari materi yang sering muncul dari tahun ke tahun

Namun, perlu ditekankan disini bahwa bagaimanapun jangan terlalu mengandalkan peta persebaran soal yan sering keluar. Bisa jadi komposisi soal pada tahun ini akan berubah jauh dari tahun sebelumnya .

Gunakan peta persebaran soal sebagai patokan untuk beberapa mata pelajaran yang nilainya akan susah jika dikejar dengan baru mulai belajar dari sekarang.

Baca Juga  Resolusi 2016 Untuk Kampus UNY Tercinta

6. Mawas Diri Itu PENTING !

Ada banyak sekali pengalaman  yang cukup ironis ketika kita bergantung hanya pada satu jalur ,sebut saja misal SNMPTN . Dari sekian ribu orang yang ‘baru’ diundang melalui jalur ini akan tetap dipertarungkan lagi dengan nilai-nilai terbaik dari seluruh Indonesia .

Jadi alternatifnya ,tetaplah mawas diri .Kamu harus tahu sejauh mana batas kemampuanmu sendiri .Dan akan lebih baik jika kamu tetap mempersiapkan Plan B  untuk menghadapi kemungkinan tidak lolos di seleksi awal .

7. Persiapkan Fisik dan Mental

Namanya akan menghadapi seleksi nasional pasti rasanya campur aduk. Antara takut,ragu-ragu dan optimis menjadi satu. Maka dari itu semenjak sekarang persiapkan fisik dan mentalmu sebaik mungkin.

Jaga fisikmu dengan makanan-makanan bergizi dan kalau perlu ditambah dengan minum vitamin. Jangan lupa pertebal persiapan mentalmu dengan berdoa dan beribadah ya.

Nah itu tadi sedikit tips dan trik menghadapi SBMPTN 2018 yang sebentar lagi akan dilaksanakan

Yuk jangan lengah dan tetap semangat !

Selamat Berjuang !

Kutunggu kamu di Universitas Negeri Yogyakarta !

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Ingin Mengenal Kampus UNY Lebih Dekat ? “Tour De Kampus” Bisa Menjadi Pilihanmu !

Di era digital seperti sekarang ini, kita dengan mudah bisa mengakses informasi mengenai  berbagai kampus …