Kabar KampusPKM

Mahasiswa UNY Inovasikan Sepatu Motif Hewan Langka Berbahan Limbah Sebagai Sarana Edukasi

Alas kaki merupakan kebutuhan bagi setiap orang, salah satunya sepatu. Seiring dengan perkembangan zaman dan perekonomian masyarakat, sepatu menjadi kebutuhan. Sepatu memiliki jenis dan variasinya, salah satu jenisnya adalah sepatu sneakers yang banyak diminati oleh generasi milenial. Sepatu sneakers dijadikan sebagai pelindung kaki sekaligus sebagai salah satu item penjunjang penampilan dalam gaya busana sehari-hari.

Di sisi lain, banyaknya industri di Indonesia termasuk industri kulit ekspor memberikan dampak limbah padat berupa kulit. Berdasarkan permasalahan tersebut tim Program Kreativitas Mahasiswa UNY memiliki gagasan untuk menciptakan  produk sepatu dari bahan limbah kulit ekspor dengan nama SIKIL FOOTWEAR yang beranggotakan 4 orang yaitu Nugroho Aji Wibowo (Pendidikan Seni Kriya 2016) , Muhammad Irfan Nurazzaq (Pendidikan Seni Kriya 2016), Wulan Agustina (Pendidikan Seni Kriya 2016), dan Ratna Yunita (Pendidikan Akutansi 2017).

Baca Juga  KOLEP, Kompor Listrik Portable

Penciptaan produk ini bertujuan untuk memanfaatkan dan menambah nilai jual limbah kulit ekspor. Hasil produksi SIKIL FOOTWEAR berupa sepatu sneakers dengan mengangkat motif hewan langka sebagai motifnya. Produk tersebut diharapkan dapat mengedukasi pembeli melalui informasi keberadaan hewan langka di Indonesia. Bahan yang digunakan produk sepatu dari SIKIL FOOTWEAR terbuat dari limbah kulit ekspor dikombinasikan kain kanvas. Produk ini diproduksi secara handmade dan dipadukan dengan teknik ecoprint sebagai motif.

Tahap produksi dilakukan oleh Muhammad Irfan, mulai dari pembuatan sket kasar, desain secara digital dan pembuatan pola sepatu sesuai desain. Langkah selanjutnya adalah pemotongan bahan dan pembuatan motif. Motif dibuat dengan dua teknik yaitu dengan pyrografi dan teknik eco print yang dibantu oleh Nugroho. Tahap selanjutnya adalah penyesetan, perangkaian dan penjahitan sehingga terbentuk sepatu bagian atas atau yang disebut upper. Atasan sepatu yang telah selesai  kemudian dicetak dan disatukan dengan outsole, proses ini dinamakan lasting. Setelah terbentuk, sepatu masuk dalam tahap finishing untuk merapikan benang dan pengecekan ulang. Dalam rangkaian produksi, tim SIKIL FOOTWEAR selalu melakukan tahap quality control, hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas produk sebelum sampai  ke tangan konsumen. Untuk pengemasannya, produk ini dilengkapi dengan brand tag, pocket book yang berisi tentang informasi hewan, silica gel, stiker, dan kartu nama.

Baca Juga  Jadwal Registrasi Mahasiswa UNY Semester Genap 2017/2018

Tidak hanya itu, SIKIL FOOTWEAR juga membuka pre order dan pemesanan khusus atau custom order  sesuai   permintaan.  Pemesanan bisa melalui web resmi https://sikilfootwear.com/wp/, instagram: sikilfootwear, facebook: sikil footwear, shopee, bukalapak, tokopedia, dan whatsapp business (085600941110).

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X