review

Manfaat Teknologi Modern untuk Membantu Peternak Kambing

Sejauh ini, beternak kambing masih menjadi primadona bisnis di bidang peternakan. Selain harganya terjangkau, pemeliharaannya pun mudah. Namun, tanpa sentuhan teknologi, semua itu tidak akan mengalami peningkatan signifikan. Platform Angon adalah salah satu contoh teknologi kekinian yang diciptakan untuk membantu peternak kambing.

Selain startup, teknologi peternakan meliputi inseminasi buatan, transfer embrio, transgenik, pemberian hormon BST, dan transplantasi nukleus. Jika peternak kambing mau menerapkan penggunaan bioteknologi tersebut, kesejahteraan hidupnya mungkin membaik. Di samping itu, peternak kambing akan memperoleh manfaat berikut ini.

  1. Mempercepat Peningkatan Populasi Ternak Kambing

Normalnya, induk kambing melahirkan dua ekor anakan dalam satu periode. Setelah anakan tersebut berumur 5 bulan, induknya bisa dikawinkan. Artinya, butuh waktu kurang lebih 10 bulan lagi untuk mengawinkan kambing betina itu dengan pejantan. Nah, hal ini bisa diatasi dengan teknologi berupa Inseminasi Buatan (IB). Melalui IB, angka kelahiran dapat dinaikkan dua kali lipat.

  1. Meminimalisasi Terjadinya Penurunan Mutu Genetik
Baca Juga  Ternyata Inilah Manfaat Yang Luarbiasa Dari Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Anakan kambing yang berasal dari keturunan terakhir, kerap kali mengalami penurunan kualitas. Mulai dari performa, kekuatan fisik, hingga produksinya. Namun, dengan adanya teknologi transgenik, IB, atau transfer embrio, mutu genetiknya dapat diperbaiki. Bahkan, mungkin terbentuk spesies baru yang lebih berkualitas.

  1. Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Tidak dimungkiri, sebagian besar masyarakat cenderung mengikuti perkembangan teknologi, salah satunya internet. Hampir semuanya mahir mengoperasikan berbagai macam aplikasi. Karena itu, kehadiran startup ternak online, sangat membantu peternak dalam menemukan konsumen yang tepat. Selain itu, jangkauan lokasinya pun lebih luas hingga ke seluruh nusantara.

  1. Peternak Mudah Mendapatkan Investor

Selama ini, banyak peternak kambing yang tidak bisa mengembangkan usahanya karena kekurangan modal. Namun, dengan menjadi anggota angon.id, peternak lebih mudah mendapatkan investor. Asal memiliki kemampuan dan latar belakang mumpuni, pasti banyak investor berminat menanamkan modalnya.

  1. Peternak Kambing Memperoleh Informasi Terbaru
Baca Juga  DILAN 1990 : Merekonstruksi Ingatan Masa SMA ala tahun ‘90-an

Kini, hampir semua informasi disampaikan melalui internet. Bahkan, tidak sedikit media online yang menyajikan berita terbaru seputar peternakan. Jika peternak kambing mampu menguasai teknologi ini, ketertinggalan bisa diatasi. Dengan demikian, peternakannya pun mengalami kemajuan signifikan.

Itulah lima manfaat teknologi modern untuk membantu peternak kambing. Sejatinya, kesuksesan tak hanya diukur dari jumlah ternak domba atau kambing yang dimiliki, tetapi juga kesanggupan mengikuti perkembangan zaman. Semoga bermanfaat.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X