Masih Ragu Melabuhkan Pilihan Studi di Jogja ? Berikut List 11 Kampus Terbaik di Jogja | UNY COMMUNITY
Thursday , 20 June 2019
Home / Pojok #UNYu / Masih Ragu Melabuhkan Pilihan Studi di Jogja ? Berikut List 11 Kampus Terbaik di Jogja

Masih Ragu Melabuhkan Pilihan Studi di Jogja ? Berikut List 11 Kampus Terbaik di Jogja

“Selamat datang di kota istimewa Jogjakarta”

Jogja…

Siapa yang tidak mengenal kota mungil di selatan Pulau Jawa ini ?

Terkenal dengan makanan khasnya ‘Gudeg’ yang bisa dijumpai di sepanjang Jalan Wijilan Atau Gunung Merapi yang tampak gagah di utara seolah menaungi daerah istimewa ini. Debur pantai selatan yang menggelitik kaki juga bisa kamu jumpai.

Lebih reflektif, kota ini banyak menjadi saksi bisu perjuangan para mahasiswa dari seluruh Indonesia guna mewujudkan dan menuntaskan cita-cita mereka meraih gelar sarjana. Banyak sekali tokoh-tokoh nasional yang berhasil ‘memenangkan kawah candradimuka’ perjuangan studi mereka di kota ini. Sehingga tidak heran kemudian muncul julukan Kota Pelajar akibat masif dan kentalnya atmosfer ‘ngangsu kawruh’ di tiap sudut kota ini.

Kamu akan mudah untuk sekadar mencari tempat fotokopi buku hingga berbelanja beraneka jenis buku di shopping center, Terban, Social Agency hingga Togamas atau Gramedia. Lelah belajar di kamar kos, kamu bisa mencoba suasana baru belajar di Perpustakaan Kota, Grahatama atau kafe-kafe minimalis yang banyak tersebar di Pogung, Karangmalang hingga Seturan. Jika lapar angkringan depan kantor  KR (kedaulatan rakyat ) hingga sensasi kopi bercampur arang Lik Man bisa menemanimu melepas penat dari deadline perkuliahan.

Semakin diperkuat, tahun 2018 Kemenristekdikti merilis hasil penilaian kampus-kampus diseluruh Indonesia. Hasilnya terbagi dalam beberapa kluster (tingkatan). Untuk Kota Jogjakarta beberapa kampus bahkan berhasil masuk kluster satu.

Agar lebih mudah berikut tim redaksi rangkumkan daftar 11 kampus terbaik di Jogjakarta Versi Kemenristekdikti 2018

  1. Universitas Gadjah Mada, peringkat 1 di Kota Jogja

Universitas Gadjah Mada atau biasa diakronimkan UGM secara administratif tercatat di Bulak Sumur ,Caturtunggal ,Depok ,Sleman ,Yogyakarta. Berhasil menduduki peringkat kedua nasional ,UGM tercatat dengan skor 3,54 terpaut tiga poin dari Kampus Ganesha ITB Bandung yang berada di posisi pertama nasional.

pic : tribunnews.com

Dengan rekor peringkat kedua nasional ,UGM semakin mengukuhkan mottonya “Mengakar Kuat ,Menjulang Tinggi. “

UGM terdiri dari lebih 60 jurusan, mulai dari ilmu kedokteran, teknik, sastra, hubungan internasional, arkeologi, sosial dan politik hingga kartografi dan penginderaan jauh.

  1. Peringkat 2 ada Kampus Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Kampus ‘eks IKIP’ atau Institut Keguruan pada masanya ini, telah banyak bertransformasi dan berbenah dalam rangka peningkatan kinerja sekaligus penjaminan mutu pendidikan. Tidak heran ,Kampus yang baru saja merayakan dies natalis ke 55 tahun ini menyandang predikat kampus terbaik no 2 di Yogyakarta karena keberhasilannya masuk jajaran kluster 1.

pic : @dwphotography86

UNY berhasil bertengger di rengking 11 nasional dengan skor 2,82  unggul satu poin diatas Universitas Brawijaya Malang.

Dengan 7 fakultas yang terdiri dari rumpun ilmu alam, ilmu sosial, bahasa dan seni, ekonomi hingga teknik dan keolahragaan UNY siap menempa kamu menjadi calon pendidik yang  taqwa, mandiri dan cendekia.

Baca Juga  Hai Pejuang SBMPTN; Lakukan 5 Hal Ini Demi Lolos SBMPTN

Untuk alamat Universitas Negeri Yogyakarta  berada Jalan Colombo no 1 Karangmalang, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.

  1. Posisi ketiga diduduki Universitas Islam Indonesia

Perguruan tinggi swasta tertua di Jogjakarta ini biasa disebut UII. Terhitung berdiri semenjak 8 Juli 1945, tahun ini UII berhasil mendapat peringkat 29 nasional. Dengan lokasi kampus yang tersebar di beberapa wilayah seperti Kampus Pusat di Jalan Kaliurang km 14,5 Sleman ( 20 km dari puncak merapi) Fakultas Hukum di daerah Taman Siswa, Fakultas Ekonomi di daerah Ringroad utara dan kampus lain berada di Jalan Cik Dik Tiro sebelum perempatan Gramedia.

pic : ha-fizh.com

Di kampus UII terdapat Fakultas Kedokteran, MIPA, Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Teknik Sipil  serta Teknik Industri.

UII banyak melahirkan tokoh besar nasional, salah satunya ialah Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D

  1. Universitas Atma Jaya diperingkat ke -“Catur”

Perguruan tinggi swasta katolik ini, pada mulanya meminjam ruangan di kampus Sanata Dharma. Kemudian atas inisiasi Prof. R.A. Soehardi dan rekan-rekan, semenjak 27 september 1965 berdirilah universitas yang sering disebut UAJY ini.  Tahun  ini  prestasi UAJY  berhasil masuk peringkat 34 nasional.

pic : mamikos.com

Kampus UAJY  terdapat di dua lokasi ,yaitu di Babarsari dan daerah Demangan Baru. UAJY memiliki 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Teknik , Ekonomi, Teknologi Industri, Ilmu Sosial dan Politik, Hukum, Teknobiologi dan Program Pascasarjana.

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang kelima

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau acap kali disebut UMY ialah Perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Kampus yang memiliki motto “Unggul dan Islami” ini  berhasil masuk peringkat 42 nasional pada tahun penilaian 2018.

pic : umy.ac.id

UMY memiliki sembilan fakultas yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesahatan hingga progam vokasi.

Kampus UMY sendiri berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

  1. Universitas Sanata Dharma “Tetangga UNY” ada diperingkat 6

Universitas Katolik yang berlokasi di Jalan Mrican Baru ,Caturtunggal Depok ini berhasil menduduki peringkat 49 nasional. Kampus yang sering diakronimkan dengan “Sadhar “ atau “USD” ini memiliki 8 fakultas dengan 28 prodi mulai dari Ilmu Keguruan, Ekonomi, Sastra, Sains, Psikologi Farmasi hingga Teologi.

pic : gudeg.net

Selain “gudang guru  “ seperti kampus tetangganya UNY, Sanata Dharma juga terkenal dengan prodi Bahasa Inggris yang reputasinya bagus lho !

  1. Posisi ketujuh berhasil disabet UPN  Jogja

Kampus yang dekat dengan jalan ringroad utara Seturan  ini terdiri dari lima fakultas dengan lebih dari 12 prodi mulai dari fakultas teknologi mineral dengan teknik geologi atau perminyakan yang menjadi ciri khas, fakultas ekonomi, fakultas pertanian, fakultas ilmu politik, hingga fakultas teknologi industri. Secara nasioanl UPN menduduki peringkat 52.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Prodi Pendidikan Sejarah UNY
pic : quipper.com

Universias Pembangunan Nasional “Veteran “ Yogyakarta beralamat di Jalan SWK no.104 Ngropoh, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta.

untuk PMB UPN Yogyakarta Jalur Seleksi Mandiri baca disini 

  1. Kampus Ahmad Dahlan di posisi kedelapan

Perguruan tinggi swasta Muhammadiyah ini terhitung berdiri pada dekade tahun 1960-an. Dengan motto Integritas Moral dan Intelektual ,Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil masuk peringkat 58 nasional tahun ini.

pic : republika.co.id

Uad memiliki 5 kampus yang tersebar di beberapa penjuru kota Jogja. Mulai dari Kampus 1 di daerah Semaki Umbulharjo, Kampus 2 daerah Sidikan Jalan Pramuka, Kampus 3 Janturan jalan prof.Dr.Soepomo, kampus 4 daerah Ringroad Selatan dan Kampus 5 di Jalan Ki Ageng Pemanahan.

UAD terdiri dari Fakultas Agama Islam, Ekonomi dan Bisnis ,Farmasi, Hukum, Ilmu Pendidikan,Kesehatan Masyarakat, MIPA, Psikologi, Sastra dan Ilmu Budaya, teknologi industri hingga program vokasi dan pasca sarjana.

  1. Tercatat diperingkat 9,Mercu Buana Yogyakarta

Perguruan tinggi swasta ini secara nasional berhasil menduduki peringkat 73. Universitas Mercu Buana atau bisa ditulis UMBY memiliki 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Agroindustri, Fakultas Keguruan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknologi Informasi hingga Fakultas Ilmu Komunikasi.

pic : facebook.com/KA.Unwama.UMBY

UMBY memiliki dua kampus yang berlokasi di :

Kampus 1 : Jalan Wates KM 10 Sedayu Bantul Yogyakarta

Kampus 2: Jalan Jembatan Merah Prayan Kulon Sleman Yogyakarta

  1. Peringkat 10 disabet Sekolah Theologia sebagai cikal bakal UKDW

Universitas Kristen Duta Wacana atau biasa disebut UKDW lahir dari Sekolah Tinggi Theologia. Kampus yang berlokasi secara administratif di Jalan Wahidin Sudirohusodo atau dekat jembatan layang Lempuyangan ini berhasil masuk  peringkat 74 nasional.

pic : youtube UKDW Yogyakarta

UKDW sendiri memiliki 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Biologi, Ekonomi dan Bisnis ,arsitektur dan desain, teologi, teknologi informasi  hingga kedokteran dan program pasca sarjana.

  1. Institut Seni Yogyakarta berada di peringkat 11

Sama seperti di Jakarta dan Surakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) juga ada di Kota Yogyakarta. Tidak heran, aliran dan degup seni di kampus ini dari zaman dahulu telah banyak menghidupkan nadi berkesenian.

pic : tokocatlancar.com

Kampus yang sering mengadakan pertunjukan teatrikal ini juga menjadi tempat menuntut ilmu seniman kondang, Soimah Pancawati. Tidak heran ISI menjadi jawaban tepat bagi kamu yang ingin mengembangkan minat dan bakat dalam ragam seni baik seni rupa, tari, musik, karawitan, pedalangan, sendratasik, desain produk batik dan fashion hingga televisi dan perfilman.

Secara nasional ISI Jogja berada di peringkat 83 nasional.

Institut Seni Indonesia “Jogjakarta”  tercatat di Jalan Parangtritis KM 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Ya, Jogja laksana tempatmu dikelola sekaligus belajar mengelola segala prakarsa jiwa. Segeralah berkemas, datang ke jogja dan bungkus lalu bumbungkanlah segala cita-citamu (Tim Redaksi )

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Rangkaian Agenda Dies Natalis ke 55 UNY

Sepertinya bulan Mei akan menjadi bulan penuh perayaan semarak bagi Keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta. …

X