Mau Balik Sekolah atau Lanjut Kuliah? | UNY COMMUNITY
Friday , 19 October 2018
Home / Mahasiswa Banget / Mau Balik Sekolah atau Lanjut Kuliah?

Mau Balik Sekolah atau Lanjut Kuliah?

[Yang kangen jaman sekolah, cus mari baca ini].

Usia remaja kan masih labil banget kan ya. Masih berubah-ubah apa yang diinginkan. Pengen ini dan pengen itu. Hayo ngaku, dulu pas SMA atau SMK pengen cepet-cepet lulus siapa? Terus juga pengen cepet-cepet kuliah kan? Pengen tahu kehidupan kampus itu kayak gimana. Jadi pas masa-masa pendaftaran kuliah tuh, para calon mahasiswa saling berlomba untuk memperebutkan bangku kuliah. Entah melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau SM. Namun kok pas udah jadi mahasiswa malah pengen ngerasain masa sekolah lagi ya? Ah jadi kangen~. Apa sih perbedaan menonjol antara sekolah dan kuliah? Yuk kita simak.

Anak SMA vs Kuliah1
pic : bloggustian.blogspot.com

1. Jadwal masuk dan pulang berbeda

Kan kalau masih sekolah jadwal masuk biasanya jam 7 pagi tuh, kecuali kalau ada jam ke nol mungkin jam 6 udah masuk. Kalau pulang sekolah rata-rata juga pas sore-sore gitu jam 4 udah pulang. Jadi jadwal sekolah itu enak banget, teratur. Beda nggak kayak kuliah. Kalau kuliah kan jadwalnya nggak pagi terus. Ada yang siang juga. Pulangnya juga nggak mesti sore. Misal kuliah jam 7, eh jam 10 udah pulang. Jadi nggak teratur gitu jadwalnya. Kalau buat mahasiswa yang nggak bisa bangun pagi, pas dapat jadwal masuk siang ya bahagia banget. Haha ya kan?

Baca Juga  Tipe-tipe Dosen Serta Cara Menghadapinya

2. Kapasitas isi tas berbeda

Kalau ini juga jelas sekali. Pas masih sekolah kan buku-bukunya aja banyak banget, mulai dari buku tulis, buku paket, terus misal masih bawa pakaian olah raga, terus bawa bekal makanan, haduh kadang tas satu aja nggak muat. Beda nih kalau mahasiswa itu tasnya nggak berat-berat amat. Paling ya berat mungkin ketambahan laptop aja. Kalau buku, mahasiswa jarang yang bawa buku paket. Cukup bawa satu binder. Terus juga per harinya mata kuliahnya nggak banyak. Mungkin sekitar 2 atau 3 mata kuliah. Jadi tasnya kan nggak berat. Hehehe.

3. Jam istirahat berbeda

Kalau sekolah kan biasanya istirahat dua kali tuh. Istirahat pertama sekitar jam 9 gitu, istirahat kedua sekitar jam 12. Terus pas istirahat ya cuma di sekolah aja atau jajan di kantin. Nah beda nih kalau mahasiswa karena jam kuliahnya nggak teratur, jam istirahatnya juga kadang nggak teratur. Misalnya gini, ada jadwal masuk jam 7 pagi selesainya jam 10 pagi. Eh ternyata masih ada jadwal kuliah nanti jam 3 sore. Nah di sela-sela waktu itu biasanya mahasiswa pergi entah kemana, ya main lah, ke ruang UKM, atau kemana gitu. Jadi nggak melulu nunggu di kampus. Atau malah bisa saja pulang dulu tuh, jadi nanti sore berangkat lagi.

baca juga : Pengen Kuliahmu lancar , “Cintailah Dosenmu, Sayangilah Temanmu”

4. Kostum yang digunakan berbeda

Maksudnya begini, kan kalau sekolah ada seragamnya tuh kayak seragam putih abu seperti itu. Terus diwajibkan untuk memakai sepatu hitam polos. Pakai ikat pinggang dan kaos kaki. Waha, aturan di sekolah ternyata banyak banget kan mengenai kostum. Kalau anak kuliahan sedikit beda nih. Iya mahasiswa bebas pakai kostum apa, tapi ada batasnya. Jadi kalau di lingkungan kampus atau dalam kondisi perkuliahan, mahasiswa dilarang memakai kaos oblong dan sandal jepit. Jadi ya paling enggak pakai pakaian yang berkerah dan bersepatu. Namun setidaknya aturannya kan tidak seketat waktu sekolah hehe.

Baca Juga  Hai Pejuang Skripsi, Tips ini akan mempermudah langkahmu meraih toga

5. Upacara

Kalau pas sekolah biasanya hari Senin kan ada upacara tuh. Nah beda banget, kalau pas kuliah kalau hari Senin nggak ada upacara. Namun kalau hari nasional seperti Hari Sumpah Pemuda atau Hari Pahlawan, itu juga masih ada upacara sih. Ya cuma bedanya kalau hari Senin mahasiswa itu nggak ada upacara.

Jadi kalian mau gimana gaes? Mau balik lagi ke sekolah atau lanjutin kuliah? Hehe wajar lah kalau sekolah itu emang bikin kangen, tapi kita ada baiknya untuk mensyukuri kehidupan yang sekarang. Bersyukur pernah merasakan sekolah hingga kini masuk perguruan tinggi. Jadi tetap semangat kawan untuk mencapai gelar sarjana. Aamiin.

Baca Juga  Prof. Haikal dan Perjumpaan Sesaat

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …