PMB UNYPojok #UNYuUNY Banget

Menabung dari Sekarang, Ini Rincian Biaya Kuliah Pascasarjana UNY

Pada tanggal 29 Mei 2021 akan diadakan tes CBT dan wawancara gelombang 2 tingkat S2 dan S3 di Universitas Negeri Yogyakarta. Karena masih di tengah situasi pandemi yang belum usai, ada pun beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan untuk menempuh tes tersebut. Ada hal yang tak kalah penting dari menjaga protokol kesehatan untuk mengikuti tes CBT dan wawancara, yaitu mengetahui biaya kuliah pascasarjana UNY sebelum mendaftar.

Diawali dengan biaya pendaftaran yang dibutuhkan untuk S2 dan S3 di UNY. Karena tentu saja untuk bisa melanjutkan pendidikan di program pascasarjana harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk biaya pendaftaran di S2 UNY tertulis senilai Rp450.000,00. Lalu, pendaftaran biaya kuliah pascasarjana UNY S3 senilai Rp700.000,00. Jika dibandingkan dengan biaya pendaftaran seleksi mandiri S1 di UNY, hal itu sudah terpaut cukup mahal, karena untuk biaya seleksi mandiri S1 di UNY senilai Rp200.000,00.

Tentu saja ada biaya-biaya pendidikan lain yang harus dibayar ketika ingin melanjutkan menempuh S2 dan S3. Sudah tentu biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena semakin tinggi ilmu yang kita cari, tentu saja semakin besar biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkannya. Memang benar adanya, biaya pendidikan itu mahal. Namun, dengan pendidikan, nasib seseorang bisa ditentukan.

sumber : pmb.uny.ac.id

Ada pun tertulis biaya kuliah pascasarjana UNY SPP yang harus dibayarkan oleh program S2 di UNY akan dirincikan menurut empat penggolongan. Pertama, program magister S2 yang melalui BPPDN membutuhkan biaya SPP sebesar Rp8.000.000,00 per semesternya. Namun, mulai dari semester I sampai dengan semester IV akan dibayarkan oleh Kemenristekdikti bagi yang masuk melalui jalur BPPDN. Kedua, program magister S2 yang melalui reguler, membutuhkan biaya SPP senilai Rp7.500.000,00 yang harus dibayarkan mandiri oleh mahasiswa. Ketiga, program magister S2 melalui jalur mandiri, membutuhkan biaya sebanyak Rp8.000.000 yang juga akan dibayarkan secara mandiri oleh mahasiswa. Keempat, program magister S2 melalui jalur kerja sama, mengeluarkan biaya senilai Rp8.000.000,00 yang akan ditanggung oleh pihak sponsor atau mitra.

Baca Juga  The Magical Story of Taman Randu Alas, Tempat Syahdu nan Sejuk di UNY Tercinta!

Lalu, untuk rincian biaya kuliah yang harus dipersiapkan bagi program doktor S3 di UNY juga akan digolongkan menjadi empat. Pertama, melalui program BPPDN, maka biaya yang harus dibayarkan adalah Rp10.500.000,00 yang akan dibayarkan oleh Kemenristekdikti selama semester I-IV. Kedua, untuk program reguler S3 di UNY membutuhkan kocek senilai Rp9.000.000,00 per semester yang harus dibayarkan mahasiswa. Ketiga, program doktor S3 mandiri, mengeluarkan biaya kuliah pascasarjana UNY per semester sebanyak Rp10.500.00,00 yang harus dibayarkan oleh mahasiswa. Keempat, program doktor S3 melalui program kerja sama, mendapat tagihan pembayaran SPP per semester sebanyak Rp10.500.000,00 yang akan dibayarkan oleh sponsor atau mitra.

Dengan adanya rincian ini, akan sangat membantu bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke pascasarjana (khususnya data di atas untuk Universitas Negeri Yogyakarta). Mungkin untuk biaya kuliah pascasarjana UNY dengan perguruan tinggi lain akan berbeda biaya yang harus dikeluarkan, tapi kurang lebih data di atas dapat dijadikan sebagai acuan jika ingin melanjutkan pendidikan di pascasarjana.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Dengan Prodi Baru Statistika UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X