intip JurusanPojok #UNYu

Menelisik Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis UNY

Era globalisasi seperti saat ini, menempatkan bahasa sebagai salah satu komponen komunikasi yang sangat vital. Dengan Bahasa, masyarakat dunia dapat mengetahui perkembangan pengetahuan bahkan teknologi di belahan dunia lain. Salah satu bahasa yang mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia adalah bahasa Prancis.

foto : pbp.fbs.uny.ac.id

Pendidikan Bahasa Prancis UNY  merupakan jurusan pendidikan strata 1 (S-1), bagian dari Fakultas Bahasa dan Seni terakreditasi A dengan animo pada tahun 2019 lebih dari 800 peminat dengan kuota penerimaan sebesar 80 kursi. Sesuai dengan namanya, jurusan ini selain  mempelajari bahasa Prancis, juga mendalami tentang negara dan budaya negeri Fashion itu. Bahasa Prancis sendiri termasuk bahasa yang sulit untuk dipelajari. Salah seorang mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis UNY, Beta, mengatakan bahwa belajar bahasa Prancis memang susah namun asik. Bahasa ini juga memiliki levek keseksian bagi penuturnya. Bahasa ini juga digunakan di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam pertemuan antar pemerintah, dan pembuatan dokumen-dokumen bersama dengan lima bahasa asing lainnya.

Mahasasiswa Pendidikan Bahasa Prancis UNY mempelajari hal yang kurang lebih sama dengan maahsiswa jurusan bahasa lainnya seperti tata bahasa (la grammaire), dan empat komponen keterampilan lainnya, yaitu keterampilan menyimak (compréhension orale), keterampilan berbicara (production orale), keterampilan membaca (compréhension écrite) dan keterampilan menulis (production écrite). Selain itu, mereka juga dituntut untuk dapat memahai kultur negara Prancis, bahkan sejarah negara Prancis sebagai wawasan tambahan. Keunikan bahasa Prancis adalah pada pengucapannya. Tulisan dengan pengucapannya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Setiap tahunnya Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis juga mendatangkan native speaker dari Prancis atau Frankcophonie (negara-negara bekas jajahan Prancis yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resminnya) yang bertujuan untuk melatih mahasiswanya agar dapat mengaplikasikan hasil pembelajaran bahasa Prancis secara langsung. Sehingga mereka dapat lebih terlatih. Disamping itu ada pula EO5 yaitu termasuk dalam keterampilan menyimak (compréhension orale). Di dalamnya terdapat drama-drama dalam bahasa Prancis yang ada di semester lima. Kemudian ada juga Histoire atau sejarah dengan mempelajari selain sejarah juga ada sastra Prancis, tatanan negara dan segalanya terkait negara Prancis. Mahasiswa mendapatkan fasilitas berupa teater yang menggunakan bahasa Prancis seluruhnya dalam pertunjukan yang disajikan.

Baca Juga  Kolam Renang FIK UNY; Kolam Renang Kebanggaannya Mahasiswa UNY

Kemudian komunitas di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis ada beberapa, yaitu Himpunan Mahasiswa (Hima) yang bernama Hiper (Himpunan Mahasiswa Bahasa Prancis) di sini mahasiswa dapat belajar dalam berorganisasi dan mengadakan event. Selain itu, mereka juga kerap melakukan kunjungan dan studi banding, seperti yang belum lama dilakukan adalah kunjungan dan studi banding dengan Cercle des Étudiants en Français (CÉF) Universitas Brawijaya (UB), Malang. Hiper, di dalamnya juga terdapat komunitas yang menaungi bakat dan minat Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis, seperti komunitas Hiper Coustic, komunitas yang bergerak di bidang music dan olah vocal, Teater (Maintenante) bahasa Prancis dan Komunitas Dance (Jolleda’se).

Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis memiliki pilihan konsentrasi peminatan bagi mahasiswanya, diantaranya yaitu, Pariwisata, Penerjemahan dan Pendidikan yang biasanya dilakukan pada semester kelima perkuliahan

Baca Juga  Musim Hujan Ala Mahasiswa Kost

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X