Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Pendidikan Kimia UNY | UNY COMMUNITY
Saturday , 15 December 2018
Home / intip Jurusan / Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Pendidikan Kimia UNY

Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Pendidikan Kimia UNY

Menilik transformasi dari IKIP Yogyakarta menjadi UNY, fakultas hingga jurusan di bawah naungan universitas ini tentunya juga mengalami perubahan. Perubahan ini dapat dilihat dari nama hingga visi dan misi, fasilitas, dan berbagai kegiatan seiring berkembangnya zaman. Salah satunya yaitu Jurusan Pendidikan Kimia. Di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), jurusan ini sudah mulai melebarkan sayapnya baik dalam skala nasional maupun internasional. Yuk, cari tahu seperti apa profil Jurusan Pendidikan Kimia UNY.

pic : himakiuny.com

1.Sejarah Singkat Jurusan Pendidikan Kimia UNY

Berdiri pada tahun 1956, dengan nama kursus B-1 Kimia, jurusan ini kemudian bertransformasi menjadi Jurusan Kimia FKIP/B Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 1961. IKIP Yogyakarta yang kemudian menjadi cikal bakal UNY ini berdiri pada thaun 1964 mengiringi berdirinya jurusan tersebut. Nama jurusan inipun berganti dari Jurusan Kimia FKIP/B menjadi FKIE Jurusan Kimia di bawah naungan IKIP Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1980, FKIE berubah menjadi FPMIPA dengan perubahan Jurusan Kimia menjadi Jurusan Pendidikan Kimia (Jurdik Kimia). Hingga akhirnya pada tahun 1999, menjadi FMIPA hingga saat ini. Wah, ternyata jurusan ini mengalami transformasi yang cukup panjang ya.

2.Program Studi Jurusan Pendidikan Kimia UNY

Jurusan Pendidikan Kimia saat ini membawahi dua program studi yaitu Prodi Pendidikan Kima dan Prodi Kimia.

Prodi Pendidikan Kimia

  • Visi Prodi Pendidikan Kimia

Visi Prodi Pendidikan Kimia yaitu  “Pada tahun 2025 terwujud Program Studi Pendidikan Kimia yang berbasis mutu dan unggul dalam pengembangan pembelajaran dan penelitian untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, dan berdaya saing global dan memiliki karakter taqwa, mandiri, dan cendikia.”

  • Kompetensi Lulusan
Baca Juga  Hasil SNMPTN Kurang Memuaskan? Jangan Bersedih! Setiap Kemauan Pasti Selalu Ada Jalan!!

Lulusan Prodi Pendidikan Kimia diharapkan mampu menguasai dasar keilmuan dan kegiatan ilmiah, konsep, prinsip, hukum, dan teori ilmu kimia dan pendidikan kimia yang relevan sesuai perkembangan iptek dan kebutuhan masyarakat. Selain itu, lulusan ini juga diharapkan mampu menerapkan disiplin ilmu kimia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S-2) sera memiliki sikap profesional dan menerapkan etika dalam masyarakat.

Prodi Kimia

  • Visi Prodi Kimia

Visi Prodi Kimia adalah “Pada tahun 2025 terwujud Program Studi Kimia tingkat strata-1 (S1) yang berbasis mutu, handal dan unggul dalam pengembangan pembelajaran, penelitian dan penerapan ilmu kimia secara berkelanjutan untuk menghasilkan Sarjana Kimia berdaya saing global yang memiliki karakter taqwa, mandiri, cendikia.”

  • Kompetensi Lulusan Prodi Kimia

Lulusan Prodi Kimia diharapkan mampu menjadi manusia yang bertaqwa dan berbudi luhur serta menguasai disiplin ilmu kimia sehingga dapat mengembangkan keahilannya dan mengaplikasikan ilmunya untuk kebermanfaatan masyarakat serta dapat bersaing di dunia global secara pofesional.

3.Fasilitas Jurusan Pendidikan Kimia UNY

Nah, apa saja kira-kira fasilitas yang disediakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar? Sebagai salah satu jurusan yang sedang mengembangkan kurikulum Kelas Internasional, jurusan ini sedang dalam proses menyusun Kurikulum 2013 berbasis KKNI. Fasilitas yang disediakan tergolong dalam kategori memadai. Beberapa diantaranya yaitu ruang kuliah, ruang seminar, ruang kemahasiswaan, layar proyektor, komputer, ujian skripsi, perpustakaan, wifi dan laboratorium pastinya.

4.Kegiatan Yang Diselenggarakan Oleh Jurusan Pendidikan Kimia UNY

Baca Juga  Hai Ladies! Yuk Sayangi Diri Kita Secara Alami

Beberapa kegiatan yang telah diadakan sebagai sumbangsih untuk bidang ilmu kimia diantaranya yaitu:

  • Seminar

Seminar yang diadakan meliputi seminar dalam skala nasional maupun internasional. Seminar ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang lebih luas kepada para akademisi, sehingga mampu mengetahu ke-update-an disiplin ilmu kimia. Seminar ini dilakukan baik oleh tataran dosen maupun mahasiswa. Salah satu contohnya yaitu “Seminar Nasional Kimia 2016: Sinergi Pendidikan dan Penelitian Kimia untuk Mendukung Pembentukan Karakter Mandiri dan Berprestasi di Era Global”.

  • Kerjasama

Beberapa bentuk kerjasama juga dilakukan untuk bisa sharing informasi mengenai segala hal terkait disiplin ilmu kimia baik secara teori maupun aplikasi. Salah satunya yaitu kerjasama dengan Universitas Putra Malysia (UPM) serta studi banding dengan Universitas Negeri Gorontalo.

  • Olimpiade

Olimpiade. Wah siapa yang sering mendapat medali saat berada di SMP atau SMA? Kegiatan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa competitor dan hard-worker. Olimpiade sebagai wahana pembentukan ketrampilan baik hardskill maupun softskill ini telah berhasil membuat Jurusan Pendidikan kimia bersaing dalam kancah nasional maupun internsional salah satunya yatu “Olimpiade Guru Nasional 2017 Bidang Kimia” dan juga “Chemistry Competition”.

  • Penelitian

Penelitian ini tentu saja dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas keilmuan bidang kimia baik untuk para akademisi maupun kelembagaan. Sehingga untuk mengikuti perkembangan iptek dan kebutuhan masyarakat, penelitian ini dilakukan secara berkesinambungan. Contohnya yaitu penelitian dengan LIPI untuk PKL (Program Kerja Lapangan).

Nah, terjawab sudah beberapa profil mengenai Jurusan Pendidikan Kimia UNY.

Jadi, selamat membangun chemistry dengan Chemistry UNY ya hehe.

About Retna Ikawati

Pengagum Bau Hujan, Se-Bar Nada-Nada dan Aroma Buku Baru

Check Also

Do we (mahasiswa) need ‘Ruang Sendiri?

“Kita tetap butuh ruang sendiri-sendiri. Agar dapat menghargai oh rasanya sepi.” Tulus pernah bilang begitu. …

X