intip JurusanPojok #UNYu

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Kependidikan, Jurusan Paling Menjanjikan Sepanjang Masa

Jurusan Pendidikan adalah jurusan yang tidak akan pernah mati bahkan lulusannya akan selalu dicari dimana-mana. Yap, jurusan Pendidikan adalah jurusan paling menjanjikan sepanjang masa. Saya berani berkata demikian karena sejak dahulu, sekarang, hingga masa depan jurusan ini akan selalu dibutuhkan untuk mendidik dan membangun manusia menjadi lebih baik dan beradab di dunia ini.

Lulusan dari jurusan Pendidikan identik dengan Guru meski begitu tidak semua lulusan menjadi guru terdapat jurusan kependidikan yang mengarah pada pengembangan pendidikan dan riset agar pengelolaan sistem pendidikan dapat terus berkembang dari masa ke masa. Jurusan ini dahulu dikenal sebagai Pedagogi kini berubah menjadi Ilmu Pendidikan.

Jurusan Pendidikan cukup luas terbagi atas beberapa jurusan yang lebih rinci menyesuaikan dengan kebutuhan kurikulum sekolah yang berjenjang ataupun kebutuhan lain sesuai dengan fokus pendidikannya seperti Jurusan PGPAUD yang berfokus pada Pendidikan Prasekolah atau Anak Usia Dini, lalu juga terdapat PGSD yang berfokus pada Pendidikan Dasar.

Semakin tinggi jenjang Pendidikannya semakin khusus jurusannya seperti pendidikan pada jenjang SMP di perguruan tinggi terdapat Jurusan Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan PKN. Kemudian pendidikan jenjang SMA seperti peminatan MIPA di perguruan tinggi terdapat jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Biologi. Bagi yang ada di peminatan IPS juga terdapat jurusan Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, dan Pendidikan Ekonomi.

Bagi yang ingin mengajar di SMK pun juga terdapat jurusan khusus Pendidikan untuk setiap jurusan kejuruan yang ingin dipelajari. Terdapat jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Sipil atau Gambar Bangunan, Tata Boga, Tata Busana, Farmasi, Keperawatan, dsb.

Baca Juga  Yuk Kenalan dengan Program Studi D4 Teknik Mesin UNY

Bahkan terdapat pula Pendidikan bagi minat khusus seperti Pendidikan Seni (lebih rinci lagi seperti Pendidikan Seni Rupa, Seni Musik, Seni Pertunjukan, dsb.), Pendidikan Bahasa (lebih rinci lagi seperti Pendidikan Bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, Perancis, dsb.), Pendidikan Olahraga, dan Pendidikan Luar Biasa. Terdapat pula jurusan Pendidikan yang berfokus pada pengelolaan Pendidikan seperti jurusan Ilmu Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Manajemen Pendidikan, dan Teknologi Pendidikan.

Hampir semua jurusan-jurusan Pendidikan yang telah disebutkan terdapat di Lembaga Perguruan Tinggi Keguruan (LPTK) yakni UNY, UPI, UNJ, UNIMED, UNP, UNM, UNNES, UNESA, UNDIKSHA, dan perguruan tinggi yang berlatar belakang IKIP Negeri dan Swasta atau Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Kampus Mengajar: Sarana Mengabdi Untuk Negeri, Menebus 12 SKS, dan Dapat Uang Saku

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
X