Pojok #UNYuUNY Banget

Mengenal Lebih Dekat Rumah Akademik Kita ; Siakad UNY

Revolusi Industri generasi keempat atau yang dikenal dengan industri ‘four poin O’ kini telah ada di depan mata . Perkembangannya ditandai dengan kemunculan sistem teknologi informasi yang semakin maju dan selalu ‘berdinamika ‘.

Untuk itu, tantangan tersebut harus direspon secara cepat dan tepat oleh segala unsur pemangku kebijakan khususnya di institusi pendidikan tinggi.

Dalam rangka mewujudkan inovasi pendidikan yang semakin inovatif dan terintegrasi dengan suatu sistem tunggal ‘cyber university’, Universitas Negeri Yogyakarta  tengah berupaya melakukan pembenahan sekaligus persiapan menuju World Class University (WCU).

Selain pembangunan sarana dan prasarana yang sedang dikebut, UNY  sudah memulai melakukan pelayanan administrasi yang sudah mulai dilakukan secara online. Hal ini tidak lain adalah upaya UNY dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0 itu sendiri.

Dengan memiliki pelayanan administrasi berbasis online ,maka intensitas mahasiswa untuk datang dan mengurus masalah perkuliahan serta administrasi bisa ditekan. Tentu saja hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi civitas akademika UNY .

Salah satu, pelayanan berbasis online tersebut adalah SIAKAD yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Akademik.

Melalui SIAKAD, mahasiswa bisa mengakses nilai dan juga perihal akademik lainnya. Lalu apa saja hal seputar SIAKAD UNY ? Mari mengenal lebih dekat Rumah Akademik Kita

Baca Juga  4 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Mahasiswa Saat Masuk Semester Baru

1. Cara Login SIAKAD UNY

Bagi mahasiswa baru terkadang masih bingung bagaimana cara mengakses laman SIAKAD ini. Caranya mudah lho UNYu, kamu cukup ketik di search engine yaitu siakaduny2013.ac.id Kemudian, login menggunakan NIM dan password.

Dan VOILA !

Kamu bisa melihat Rombel Kelas, Nama Dosen Pembimbing Akademik (DPA) dan diakhir semester bisa melihat IP dan disemester kedua dan selanjutnya bisa melihat IPK.

2. SIAKAD bisa diakses oleh Orangtua dan atau Wali Mahasiswa

“Maksudnya ?”

Jadi begini, selain tentunya bisa diakses olehmu selaku Mahasiswa UNY, orang tua ternyata juga bisa memantau dan melihat perkembangan pendidikan anaknya lho.

Caranya adalah dengan Login melalui tombol hijau bertuliskan “Halaman Masuk Orang Tua Mahasiswa “.

Untuk dapat masuk pastikan kamu sudah memberi tahu orang tuamu kode aksesnya ya !

Kode akses orang tua juga menyatu dengan akun SIAKAD mu.

3. SIAKAD akan susah diakses saat musim KRS-an

Di musim-musim pancaroba alias peralihan menuju semester baru ,mahasiswa wajib melakukan entry KRS (Kartu Rencana Studi) atau singkatnya memilih mata kuliah untuk semester selanjutnya.

Biasanya, dimusim-musim seperti itu KRS mendadak menjadi trending topic  karena d susah dibuka.

Hal ini bisa menjadi maklum, karena diibaratkan SIAKAD akan menerima beribu-ribu ‘pemasukan’ secara bersamaan. Server tentu tidak selamanya bisa menerima data atau server down.

Baca Juga  Kamu Mahasiswa Semester Lima ? Ini Dia Kiat Sukses Menghadapi Microteaching

4. SIAKAD menjadi “ Number One” Saat Pendaftaran PKL /KKN

Bagi mahasiswa yang mulai memasuki masa-masa praktek lapangan, SIAKAD menjadi buruan utama demi mendapatkan lokasi PKL/KKN yang ideal dan terjangkau baik dari segi jarak dan juga  masalah kantong. Meski sepintas terasa praktis ,mendaftar melalui cara online  seperti ini juga berhubungan dengan masalah koneksi sewaktu pendaftaran. Bayangkan, demi masuk situs tersebut kamu harus bersaing dengan ribuan pengakses yang ingin berebut masuk ke dalam laman tersebut .

 5. SIAKAD adalah Salah satu Pamungkas Perjalanan Kuliahmu

Bagimu yang sudah melewati tahapan-tahapan perjalanan perkuliahan ,mendaftar acara ceremonial kelulusan berupa wisuda dan yudisium adalah hal yang sangat dinantikan.

Ibaratnya SIAKAD adalah pembuka sekaligus penutup perjalanan dan perjuanganmu.

Nah demikian ulasan singkat mengenai SIAKAD

Meski terkadang bisa membuat kita gemas karena ‘trouble’ atau Nilai yang tertera kurang memuaskan, setidaknya SIAKAD 2013 telah membantu kita khususnya mengenai masalah akademik dan administrasi.

Hal ini tentunya perlu diapresiasi sebagai salah satu wujud nyata Kampus UNY untuk mensejahterakan mahasiswa dan mahasiswinya.

Salam  Kampus Pendidikan!

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X