Pojok #UNYu

Mengenal Program Magang dan Studi Independen Kampus Merdeka Batch 2

Hai sobat mahasiswa! Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau dikenal sebagai MSIB telah dibuka untuk batch 2. MSIB sendiri merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka yang juga mewadahi 6 program lainnya yakni Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, Penelitian/Riset, Kewirausahaan, KKN/Membangun Desa, dan Proyek Kemanusiaan. Program MSIB batch 2 ini direncanakan akan dilaksanakan untuk semester genap di tahun 2022 nanti. Pendaftarannya juga sudah dibuka lho hingga 31 Desember 2021 dan ada kemungkinan dapat diperpanjang!

Apa itu Program Magang dan Studi Indenpenden Bersertifikat (MSIB)?

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan Program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk menyediakan ruang bagi mahasiswa/i dalam mendapatkan pengalaman langsung di dunia profesi dan industri sekaligus mengembangkan diri melalui pendidikan di luar kampus selama 1-2 semester dan dapat disetarakan dengan 20 SKS.

Selama program, mahasiswa akan mendapatkan hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.). Sementara industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung direkrut, sehingga mengurangi biaya rekrutmen dan training awal/induksi.

Perbedaan Magang dan Studi Indenpenden Kampus Merdeka

Perlu diperhatikan, bahwasanya Magang dan Studi Indenpeden ini adalah dua program yang berbeda.

Magang Bersertifikat Kampus Merdeka adalah sebuah program magang yang dipercepat di akselerasikan dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik. Dalam Program magang dilakukan seperti halnya magang pada umumnya guna mendapatkan pengalaman dalam konsep “praktik kerja” yang sebenarnya. Magang dalam kampus merdeka ini dilakukan di perusahaan, organisasi nirlaba, lembaga pemerintahan, atau perusahaan start-up.

Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka ini berbeda dengan Magang. Program ini merupakan kegiatan yang berkonsep “pembelajaran” di kelas yang dirancang dan dibuat khusus oleh perusahaan/industri (atau dapat disamakan seperti training/diklat di sebuah perusahaan). Program ini bisa berupa kursus singkat, bootcamp, kursus daring terbuka secara besar-besaran (MOOC) dan lain-lain.

Apa yang Mahasiswa dapatkan dalam Magang Bersertifikat Kampus Merdeka?

Dalam program magang bersertifikat, mahasiswa bakal melakukan kegiatan dan mendapatkan benefit yakni

  1. Mahasiswa Magang di perusahaan yang diakui dan terdaftar di kemendikbudruistek selama 1-2 semester penuh.
  2. Uang saku dan biaya hidup selama magang disubsidi oleh kemendikbudristek
  3. Mahasiswa yang ikut secara penuh akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari perusahaan setelah selesai magang
  4. Dan tentunya pengalaman dan relasi yang sangat berharga.
Baca Juga  SM Prestasi Unggul, SM Prestasi Akademik, SM Talent Scouting Apa Bedanya? Berikut Penjelasannya

Dalam proses magang, mahasiswa juga akan mendapatkan :

  1. Diberikan masalah nyata yang berdampak pada kinerja perusahaan dan bekerja dalam kelompok;
  2. Dibimbing oleh mentor staf professional secara full-time dalam program magang yang terstruktur;
  3. Periode magang minimal 18 minggu; dan
  4. Mahasiswa diberikan sertifikasi sesuai kinerja saat magang.

Berikut rincian paket insentif yang akan diterima oleh mahasiswa, mentor, dan mitra perusahaan dalam magang kampus merdeka batch 2 ini :

Paket Insentif bagi Peserta Magang Bersertifikat Batch 2 | Sumber : Sosialisasi MSIB Batch 2 oleh Kemendikbudristek

Apa yang Mahasiswa dapatkan dalam Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka?

Dalam program studi independen bersertifikat, mahasiswa bakal melakukan kegiatan dan mendapatkan benefit yakni:

  1. Mahasiswa studi independen mengikuti program sertifikasi atau short course diselenggarakan oleh perusahaan dan diakui Kemendikbudristek selama 1 sampai 2 semester penuh
  2. Biaya partisipasi dan biaya hidup selama studi independen disubsidi oleh Kemendikbudristek
  3. Mahasiswa menerima sertifikat jika lulus program sertifikasi atau short course
  4. Dan tentunya pengalaman dan relasi yang sangat berharga.

Hampir sama halnya dengan magang bersertifikat, dalam program studi independen ini juga akan dibimbing oleh mentor yang profesional di bidangnya masing-masing.

Berikut rincian paket insentif yang akan diterima oleh mahasiswa, mentor, dan mitra perusahaan dalam studi independen kampus merdeka batch 2 ini :

Beberapa contoh mitra studi independen beserta kegiatan yang dijalankan :

  1. Microsoft : Perusahaan ini dikenal expert di bidang pengembangan perangkat lunak. Dalam program studi independen sebelumnya membuka course cloud computing AI, dan aplikasi produktivitas terbuka untuk 1.000+ mahasiswa.
  2. Dicoding : Perusahaan yang dikenal expert dalam pelatihan di bidang IT. Dalam program studi independen kali ini terdapat 2 paket belajar yang dapat dipilih yakni Pengembangan Front-End dan Back-End dan Pengembang Multi-platfom dan Back-End.
  3. CIAS : Perusahaan ini dikenal dalam expertisenya sebagai konsultan proyek-proyek inovasi perusahaan kelas dunia. Di batch sebelumnya CIAS menyelenggarakan program bagi mahasiswa peserta studi independen berbasis pada pelatihan dan inkubator start-up dengan metode Design Thinking, Agile Development, dan Business Model terbuka untuk 250 peserta terpilih dengan seleksi yang ketat. Di batch kedua ini terdapat pembaruan program bernama Digital Startup Incubation yang fokus pada area digital.
Baca Juga  Tipe-tipe Mahasiswa yang Ingin Segera Skripsi

Timeline Kegiatan Magang dan Studi Independen Kampus Merdeka Batch 2 (Desember 2021 – Juni 2022)

  1. Pendaftaran bagi Mahasiswa (29 November 2021 – 31 Desember 2021)

Pada tahap ini mahasiswa melakukan pendaftaran akun kampus merdeka bagi yang baru pertama kali dan memilih program yang telah tersedia di platform kampus merdeka dengan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. Perlu diperhatikan ada kemungkinan waktu pendaftaran dapat diperpanjang.

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program

  1. Proses Seleksi & Pengumuman Hasil Seleksi bagi Mahasiswa (6 Desember 2021 – 14 Januari 2022)

Setelah melakukan pendaftaran, mahasiswa akan dihubungi oleh mitra untuk melakukan seleksi bertahap tergantung program yang dipilih dan mitra mengumumkan hasil seleksi bagi mahasiswa yang lolos untuk mengikuti program MSIB Batch 2.

  1. Program MSIB Batch 2 dimulai (Februari 2022)

Setelah dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa/peserta MSIB batch akan dihubungi oleh mitra/perusahaan untuk melakukan on-boarding dan selanjutnya melaksanakan program Magang dan Studi Independen dalam 6 bulan kedepan.

Demikian perkenalan kita dengan program magang dan studi independen bersertifikat batch kedua ini. Ada banyak benefit yang akan didapatkan oleh mahasiswa dalam mengikuti program ini. Terutama experience langka dapat bekerja atau belajar di perusahaan ternama apalagi dibiayai oleh pemerintah dalam membiayai program-program pelatihan di perusahaan serta diberikan uang saku, Selain itu kegiatan ini juga dapat dikonversikan ke dalam 20 SKS.

Tertarik mengikuti Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 2 ini?

Bagi kamu, mahasiswa yang sedang berada di semester 5 ke atas yuk segera daftarkan dirimu!

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
X